Connect with us

Penyakit Umum

Angin duduk

Angin duduk

Penyakit.co.id – Angin pectoris atau yang lazim di masyarakat dengan sebutan angin duduk adalah rasa nyeri pada bagian dada karena otot-otot pada jantung yang mengalami kekurangan pasokan oksigen dan darah. Normalnya, pasokan darah dan oksigen pada jantung haruslah stabil dan tercukupi, darah inilah yang nantinya dialirkan melewati pembuluh besar atau pembuluh koroner.

Jika pasokan darah kurang dan pembuluh koroner mengalami penyempitan, maka dada akan terasa nyeri. Inilah yang dinamakan angin duduk. Seringkali serangan penyakit ini pada umumnya terjadi secara tiba-tiba.

Gejala Angin Duduk

Kasus serangan angin duduk biasanya terjadi pada orang dewasa, ditambah jika tidak menjalani pola hidup yang sehat. Gejala umum serangan penyakit ini biasanya diawali dengan muncul rasa nyeri pada dada dan terasa seperti mendapat tekanan, perut kembung dan terasa mual-mual pada ulu hati. Hampir sama dengan gejala masuk angin pada umumnya. Akan tetapi, jika berlangsung lama, masalah ini akan mengalami peningkatan dan kadang rasa berat pada dada bisa merambah ke leher, bahu, punggung dan lengan.

Kejadian ini bisa diibaratkan seperti orang yang sedang dibekap dan akhirnya seringkali tubuh terasa lelah, mual, pusing dan mengeluarkan keringat secara berlebihan. Jika anda pernah mengalami hal seperti ini, meskipun anda tidak mempunyai riwayat masalah pada jantung, alangkah baiknya jika segera dikonsultasikan pada dokter untuk memperoleh informasi diagnosa yang lebih jelas.

Baca Juga : Alergi Dingin : Pengertian, gejala, penyebab dan cara mengobati

Penyebab Angin Duduk

Pada dasarnya sebab utama dari serangan angin duduk adalah seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu penyempitan pembuluh darah pada jantung. Proses ini mengakibatkan jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup dan mengalami ketidakseimbangan. Keadaan seperti ini akan sangat berbahaya karena menyebabkan otot jantung menjadi rusak dan tidak jarang berujung pada kematian.

Kalau dilihat dari penyebabnya, pemicu terjadinya angin duduk adalah penyempitan pembuluh darah pada jantung, ada dua jenis penyakit ini, yaitu:

Angin duduk stabil

Faktor penyebabnya salah satunya adalah aktifitas fisik, misalnya olahraga. Saat anda melakukan aktifitas olahraga, secara otomatis jantung membutuhkan pasokan darah yang lebih banyak. Hal ini akan terganggu jika saluran pembuluh jantung mengalami penyempitan. Faktor lain angin duduk stabil bisa juga disebabkan beberapa hal, seperti stress, suhu dingin, makan yang berlebihan dan lain-lain.

Angin duduk tidak stabil

Keaadan ini bisa disebabkan oleh terhambatnya aliran darah menuju jantung yang disebabkan tumpukan lemak dan darah yang membeku. Berbeda dengan masalah sebelumnya, dalam jenis penyakit ini akan tetap menimbulkan rasa nyeri meskipun sudah mengkonsumsi obat dan melakukan istirahat yang cukup. Tak jarang angin duduk tidak stabil bisa merambah ke masalah serangan jantung.

Faktor lainnya adalah jika seseorang sudah memiliki masalah pada kesehatan dan kondisi tubuhnya, misalnya seperti:

  1. Obesitas, Penderita obesitas jika mendapat serangan angin duduk, kemungkinan besar akan rentan mendapat resiko yang lebih besar.
  2. Kolesterol tinggi, Penyumbatan pembuluh darah adakalanya akibat dari penumpukan kadar kolesterol yang terlalu tinggi.
  3. Memiliki riwayat terkena penyakit jantung, Jika memiliki riwayat terkena penyakit jantung yaitu karena faktor keturunan juga beresiko terkena serangan angin duduk.
  4. Faktor usia, Bagi pria, usia-usia 45 tahun keatas lebih banyak resiko terkena serangan angin duduk. Sedangkan bagi wanita sekitar pada usia 55 tahun keatas.

Pengobatan Angin Duduk

Pengobatan angin duduk pada prinsipnya adalah bertujuan untuk menekan keparahan dan menghindarkan dari resiko terkena serangan jantung. Dengan diagnosa stadium ringan sebenarnya masih bisa ditangani tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan.

Salah satu caranya yaitu dengan cara menjaga kesehatan, pola makan yang sehat terutama untuk menjaga kesehatan jantung, misalnya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang berserat atau juga dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tidak jenuh seperti tahu, ikan tuna, buah alpukat. Hal lainnya adalah dengan olahraga yang cukup dapat menurunkan resiko terkena serangan penyakit ini.

Akan tetapi, apabila dengan pencegahan tadi serangan penyakit ini belum dapat diredakan, biasanya dapat diatasi dengan obat-obatan, seperti:

  1. Aspirin, Obat aspirin ini mempunyai fungsi pencegahan terhadap darah agar tidak cepat menggumpal, sehingga darah akan mengalir normal. Akan tetapi dosisnya juga harus diperhatikan. Karena obat ini menimbulkan efek samping seperti gangguan pencernaan, mual dan lain-lain.
  2. Statin, Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat diturunkan dengan obat ini sehingga bisa mencegah kerusakan pada pembuluh darah dan obat ini memiliki efek samping yaitu akan terasa nyeri pada perut dan diare.
  3. Obat nitrat, Yang sering digunakan adalah glyceryl trinitate. Obat ini sangat bagus untuk mengatasi serangan angin duduk. Selain itu juga bisa difungsikan untuk pencegahan awal sebelum beraktifitas yang beresiko pada serangan penyakit ini. Seperti melemaskan pembuluh darah yang kaku saat berolahraga.
Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top