Connect with us

Penyakit Umum

Asma

Asma

Penyakit.co.id – Asma merupakan penyakit yang sering kita jumpai pada orang-orang disekitar kita baik anak-anak, yang masih muda maupun orang tua. Penyakit tersebut terjadi pada saluran pernapasan, saluran pernapasan sendiri adalah saluran masuknya oksigen dan keluarnya karbondioksida. Selain  sebagai saluran masuknya oksigen dan keluarnya karbondioksida, udara lain yang mengandung partikel-partikel berbahaya juga tanpa disengaja dapat terhirup masuk tubuh kita seperti debu dan polusi asap kendaraan. Setelah udara kotor terhirup masuk tubuh melalui saluran pernapasan, hal tersebut dapat berpeluang mengakibatkan peradangan pada saluran pernapasan tersebut.

Penyakit ini sendiri berupa terjadinya peradangan dan penyempitan pada saluran pernapasan sehingga hal tersebut mengakibatkan sesak pada dada dan kesulitan untuk bernapas. Penyakit ini termasuk jenis penyakit jangka panjang dan sering mengalami kambuh karena berbagai macam hal yang bisa memicu munculnya penyakit ini.

Gejala Asma

Gejala yang terlihat pada penderita penyakit asma diantaranya seperti batuk-batuk, mengi atau mengeluarkan bunyi “ngik” ketika bernapas, sulit bernapas dan dada terasa sakit. Selain gejala yang timbul seperti itu, penyakit ini juga memiliki dampak atau komplikasi yang memiliki peluang terjadi diantaranya terhadap psikologis seperti cemas, dan stres atau depresi. Kondisi fisik dapat menurun terhadap aktivitas sekolah atau dalam pekerjaan.

Pada saat melakukan aktifitas, tubuh akan mudah lelah. Pada anak-anak mengalami gangguan terhadap pertumbuhannya dan juga pada masa pubertasnya. Dapat terjadi kondisi dimana penyakit ini parah sehingga terhadap terapi tidak dapat merespon atau disebut status asmatikus. Hal ini dapat menyebabkan pneumonia atau perdangan pada paru-paru yang disebabkan terinfeksi oleh bakteri, virus dan jamur. Ketika kambuh, penderita penyakit ini dapat saja mengalami sulit bernapas hingga tidak mampu untuk bernapas karena rasa sakit.

Penyakit umum ini Selain merusak saluran pernapasan karena meradang, penyakit ini juga dapat merusak sebagian organ paru-paru bahkan berdampak dapat merusak seluruh organ paru-paru. Komplikasi-komplikasi di atas akan berujung pada kematian.

Baca Juga : Akalasia : Pengertian, Gejala, Penyebab Dan Cara Pengobatan

Penyebab Asma

Banyak hal yang menyebabkan seseorang menderita asma sehingga anda harus lebih waspada terutama bagi anak-anak yang masih rentan terhadap penyakit. Penyebab penyakit ini diantaranya faktor genetik atau keturunan dari keluarga, apabila anda penderita asma sebaiknya anda segera memeriksakan anak anda karena banyak hal yang memicu penyakit ini terjadi secara tiba-tiba dan mengakibatkan sesak napas.

Bukan hanya itu saja, lingkungan tempat tinggal juga dapat mempengaruhi penyebab seseorang menderita asma terutama kebersihan lingkungan, hal ini biasanya disebabkan oleh debu atau bulu binatang seperti kucing. Penyakit ini juga dapat terjadi karena infeksi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri.

Seperti yang diketahui bahwa penyakit tersebut adalah penyakit yang mudah sekali kambuh, hal ini karena saluran pernapasannya menjadi lebih sensitif. Selain sensitif, terdapat berbagai hal yang dapat memicu kambuhnya seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus atau terhirup zat kimia. Jika penderita penyakit ini terkena pemicu tersebut maka yang terjadi paru-paru akan teriritasi kemudian mengakibatkan otot-otot saluran pernapasan kaku dan menyempit. Ketika saluran pernapasan kaku dan menyempit menimbulkan dahak yang berlebih sehingga penderita makin sulit bernapas.

Cara mengobati Asma

Hal terbaik yang dapat dilakukan oleh penderita asma adalah mengetahui dan menghindari pemicu dari penyakit ini. Tetapi apabila pemicu tidak dapat dihindari, pengobatan untuk penderita penyakit ini diantaranya obat inhaler, nebulizer dan obat-obatan yang diresepkan dokter. Meskipun banyak cara untuk mengobatinya, perlu diperhatikan pula untuk segera melakukan penanganan ketika penyakit kambuh atau dibawa ke rumah sakit apabila gejala mulai memburuk karena jika hal tersebut terlalu lama dibiarkan dapat menyebabkan kematian karena kurangnya oksigen yang masuk.

Untuk menghindari suatu hal buruk yang akan terjadi terutama karena penyakit ini adalah jenis penyakit jangka panjang, anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini dapat dikenadalikan dengan beberapa syarat yaitu yang pertama anda harus mencegah terjadinya penyakit ini dengan cara mengetahui dan dapat menghindari berbagai macam hal atau kegiatan yang memicu terjadinya penyakit ini. Kedua, jika anda melakukan rencana bersama dokter terhadap penanganannya maka anda harus mengikuti aturan rencana yang telah dibuat tersebut.

Ketiga, jika tiba-tiba penyakit tersebut kambuh maka anda harus sudah memiliki obat yang tepat bagi masing-masing gejala yang akan terjadi. Keempat, jika anda telah mendapatkan resep obat dari dokter maka minumlah obat secara teratur sesuai anjuran dokter. Kelima, mengetahui atau menjaga kondisi dari saluran pernapasan anda. Keenam, apabila terjadi perubahan kondisi penanganan gejala yang timbul maka segera konsultasikan kembali pada dokter agar diberi resep baru. Agar mencegah penyakit tersebut memburuk, sebaiknya dilakukan vaksinasi influenza dan pneumonia.

Oleh karena itu, penting bagi anda menghindari udara kotor yang masuk ke saluran pernapasan anda. Bagi anda yang memiliki penyakit asma, sebaiknya hindarilah hal-hal yang dapat memicu kambuhnya penyakit tersebut dan mengikuti resep dari dokter agar daqpat mencegah terjadinya komplikasi.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top