Connect with us

Penyakit Kronis

Batu Ginjal

Batu Ginjal

Penyakit.co.id – Batu ginjal merupakan suatu penyakit yang umumnya terjadi pada orang-orang yang telah berusia 30 hingga 60 tahun. Penyakit ini bermula dari sisa-sisa zat pada darah yang mana oleh ginjal akan disaring mengakibatkan terjadinya endapan yang nantinya akan mengeras seperti batu. Terdapat empat jenis pada penyakit ini, diantaranya batu kalsium, batu struvit, batu asam urat, serta batu sistin.

Gejala Batu Ginjal

Tidak merasakan gejala pada penderita batu ginjal yang ukurannya sangat kecil maka memungkinkan dapat keluar begitu saja melalui saluran yang menghubungkan ginjal menuju kandung kemih atau ureter.

Tetapi untuk penderita yang memiliki ukuran batu lebih besar dari pada diameter ureter, penderita akan mengalami gejala keluarnya darah bersamaan dengan urine ketika buang air kecil. Hal ini dikarenakan batu tersebut mengalami gesekan dengan dinding saluran ureter yang mana terjadi luka serta iritasi. Dapat pula terjadi kemungkinan batu tersebut akan menyangkut di saluran ureter atau juga saluran terakhir urine yang dibuang (uretra) yang mengakibatkan infeksi dan membengkak. Gejala lain yang terjadi adalah sakit pada area pinggang, sakit juga terjadi pada perut bagian bawah atau bagian samping serta pada selangkangan. Gejala-gejala tersebut dapat pula dibarengi dengan mual-mual.

Untuk penderita yang mengalami infeksi ginjal akan merasakan gejala air kencing terlihat lebih keruh serta memiliki bau yang tidak enak, badan penderita menjadi lebih lemas, menggigil, bahkan mengalami demam yang tinggi.

Baca Juga : Batu Empedu : Pengertian, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati

Penyebab Batu Ginjal

Batu ginjal dapat terjadi akibat dari makanan yang dikonsumsi atau kesehatan lain yang dimiliki. Masalah seperti ini bermula dari kelebihan protein dan garam mineral makanan yang tersaring dan mengendap di dalam ginjal. Endapan tersebut dapat menjadi kristal halus yang nantinya akan keluar bersama urine tetapi ada pula yang tertinggal di dalam ginjal. Kristal halus tersebut dapat membesar seiring waktu apabila tidak cukup mengkonsumsi air mineral. Selain membesar, kristal halus tersebut menjadi keras seperti batu.

Penyebab lain yang beresiko lebih yang terjadi pada orang-orang tertentu seperti:

  1. Pada orang-orang yang ginjalnya hanya memiliki satu
  2. Pada orang-orang yang memiliki masalah pada sistem kekebalan tubuhnya
  3. Pada orang-orang yang telah melakukan operasi transplatasi ginjal

Penyebab lain melihat dari faktor-faktor yang berpeluang meningkatkan resiko munculnya batu diantaranya:

  1. Faktor keturunan mempengaruhi kemungkinan besar menimbulkan penyakit tersebut.
  2. Dehidrasi atau kurang minum air juga memiliki resiko mengalami penyakit tersebut terutama yang bertempat tinggal di iklim tropis.
  3. Banyak mengkonsumsi makanan dengan protein, natrium, serta gula juga salah satu faktor menderita penyakit tersebut.
  4. Kegemukan atau biasa disebut obesitas menjadi salah satu faktor penyebab karena ukuran dari pinggang yang sangat besar serta berat badan yang tidak sesuai atau melebihi indeks massa tubuh atau juga BMI.
  5. Pencernaan yang tidak lancar, hal ini dapat diakibatkan dari operasi yang telah dilakukan, seperti operasi bypass sehingga proses pencernaan berubah. Proses pencernaan yang berubah berpengaruh pada kalsium dan air yang diserap oleh ginjal. Hal ini dapat membentuk batu di dalam urine karena kadar zat yang dimiliki.
  6. Keadaan medis tertentu memiliki resiko tersendiri terhadap terbentuknya batu pada ginjal. Keadaan medis tersebut misalnya mengkonsumsi obat-obatan tertentu, mengalami cystinuria, hiperparatiroidisme, juga mengalami asidosis tubulus ginjal, serta infeksi pada saluran kemih.

Cara Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal diobati berdasarkan ukuran batu penderita. Berikut penanganannya:

  1. Untuk batu yang berukuran kecil atau sedang yang tentunya masih dapat melalui kandung kemih, maka dokter menyarankan tidak perlu dilakukan operasi cukup dengan meminum air mineral sesuai yang dianjurkan dokter.
  2. Untuk batu yang terasa berukuran cukup besar serta mengganggu penderita, maka dokter akan memberikan resep obat untuk rasa sakit seperti obat acetaminophen, ibuprofen, atau dapat juga obat anti radang non steroid.

Ada beberapa penderita batu ginjal yang harus melalui penanganan khusus dari dokter akibat dari batu telah menyumbat kandung kemih karena ukurannya yang lebih besar dari saluran. Penanganan khusus tersebut seperti menggunakan bantuan energi laser, atau dengan ultrasound, atau dengan cara operasi.

Cara lain mengobati penyakit tersebut dapat dengan mengkonsumsi dari tanaman tradisional. Beberapa tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah dari daun seledri, daun alpukat, tanaman kumis kucing, minyak zaitun, dan daun tempuyang.

Setelah pengobatan yang anda lakukan telah berjalan lancar, sebaiknya perlu adanya antisipasi untuk mencegah terjadinya batu ginjal kembali. Pencegahan tersebut diantaranya mengkonsumsi air putih sesuai takaran dari dokter rutin setiap hari. Kemudian juga memilah-milah kandungan zat-zat di dalam makanan, minuman, maupun suplemen yang akan dikonsumsi. Sebaiknya menghindari yang mengandung zat oksalat, suplemen kalsium, juga protein hewani. Selain itu juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Kronis

  • Penyakit Kronis

    Infeksi Ginjal

    By

    Penyakit.co.id – Infeksi ginjal atau dalam bahasa medis disebut pielonefritis merupakan penyakit yang menyerang salah satu...

  • Penyakit Kronis

    HIV dan AIDS

    By

    Penyakit.co.id – HIV dan AIDS merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. HIV (Human Immunodeficiency...

  • Penanganan Masalah Penyakit gastritis Penanganan Masalah Penyakit gastritis

    Penyakit Kronis

    Gastritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastritis adalah suatu penyakit yang berpusat pada peradangan dinding lambung di dalam tubuh. Ini bukanlah...

  • Gonore Gonore

    Penyakit Kronis

    Gonore

    By

    Penyakit.co.id – Gonore adalah salah satu penyakit menular akibat berhubungan badan yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria...

  • flu singapore flu singapore

    Penyakit Kronis

    Flu Singapura

    By

    Penyakit.co.id – Flu singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyebabkan luka seperti sariawan dan...

  • Cara Pengobatan Gagal Ginjal Akut Cara Pengobatan Gagal Ginjal Akut

    Penyakit Kronis

    Gagal Ginjal Akut

    By

    Penyakit.co.id – Sebelum membahas Gagal ginjal akut (GGA) terlebih dahulu anda harus memahami fungsi ginjal. Ginjal...

  • Penanganan Gagal Ginjal Kronis Penanganan Gagal Ginjal Kronis

    Penyakit Kronis

    Gagal Ginjal Kronis

    By

    Penyakit.co.id – Gagal Ginjal Kronis (GGK) adalah suatu sindrom klinis yang disebabkan oleh menurunnya kemampuan ginjal untuk...

  • Penanganan Dini Serangan Jantung Penanganan Dini Serangan Jantung

    Penyakit Kronis

    Gagal Jantung

    By

    Penyakit.co.id – Gagal jantung adalah suatu kondisi dimana dalam fungsinya jantung tidak dapat memompa darah dengan maksimal....

  • Penyakit Kronis

    Herpes Genital

    By

    Penyakit.co.id – Herpes genital atau herpes simplex merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV)....

  • gangrene gangrene

    Penyakit Kronis

    Gangrene

    By

    Penyakit.co.id –  gangrene adalah kondisi dimana jaringan tubuh mati. Kondisi seperti ini pada umumnya berawal dari...

To Top