Connect with us

Penyakit Kronis

Batuk Darah

Batuk Darah

Penyakit.co.idHemoptisis atau yang lazim dikenal dengan batuk darah adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami batuk yang disertai dengan keluarnya darah. Seseorang yang mengalami batuk, sebenarnya disebabkan dari berbagai kemungkinan kondisi. Akan tetapi jika sampai mengeluarkan darah ketika batuh, sebaiknya harus segera mendapat penanganan secara medis.

Terjadinya penyakit ini dapat ditimbulkan dari sebab serius atau sebab yang tidak serius. Jika masalah seperti ini terjadi pada seseorang yang usianya masih tergolong muda dan tidak memiliki riwayat penyakit yang buruk, mungkin itu hanya batuk biasa. Akan tetapi jika penyakit ini dialami oleh seseorang yang memiliki riwayat penyakit atau misalnya terjadi pada seorang perokok, hal seperti ini tidak dapat diremehkan. Karena kemungkinan batuk darah ini merupakan indikasi dari kondisi yang jika tidak segera ditangani akan berbahaya.

Darah yang keluar bersamaan dengan batuk ini berbeda dengan darah akibat luka pada mulut. Pada masalah ini, darah yang keluar biasanya berwarna merah cerah dan disertai lendir.

Gejala Batuk Darah

Untuk mengetahui apakah darah yang keluar saat batuk itu termasuk batuk darah atau tidak, dapat anda amati dari gejala-gejala yang muncul. Pada awalnya, pada bagian tenggorokan muncul rasa gatal, bersamaan dengan batuk itulah keluar darah berwana merah cerah dan disertai dahak. Selanjutnya jika tidak segera ditangani, gejala lain yang terjadi seperti:

  1. Jumlah darah semakin banyak yang keluar ketika batuk.
  2. Berat badan mulai menurun disebabkan nafsu makan yang berkurang.
  3. Batuk darah yang disertai sesak nafas, pusing dan nyeri pada dada.
  4. Batuk disertai darah yang berlangsung pada jangka waktu yang lama.
  5. Ketika malam hari sering mengalami keringat dingin.

Jika seseorang telah mengalami gejala-gejala seperti yang tertera di atas, sebaiknya segeralah ditangani atau dikonsultasikan kepada dokter, karena kemungkinan sudah masuk pada kondisi yang serius. Selain itu, juga untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi pada penderita penyakit kronis ini.

Baca juga: Batuk : Pengertian Gejala Penyebab dan Cara Mengobati

Penyebab Batuk Darah

Tidak ada penyakit yang terjadi pada seseorang yang muncul tanpa sebab, meskipun juga belum dapat dipastikan bahwa suatu hal merupakan penyebab pasti dari munculnya suatu penyakit. Beberapa hal dibawah ini adalah kondisi yang perlu anda waspadai yang bisa jadi penyebab dari munculnya penyakit tersebut yaitu:

1.Infeksi

Terjadinya infeksi pada saluran pernafasan merupakan penyebab awal dari munculnya batuk darah. Dari infeksi pernafasan ini seringkali menyebabkan bermacam-macam penyakit, misalnya bronchitis, TBC, penyakit paru-paru dan lain-lain. Jika penyakit ini terjadi akibat infeksi pada saluran pernafasan ini ada kemungkinan masih bisa segera disembuhkan.

2.Tumor

Tumor karsinoma paru juga merupakan salah satu dari penyebab munculnya penyakit ini, yang disebabkan oleh adanya tumor yang melekat pada paru-paru.

3.Pembuluh darah

Pembuluh darah yang ada pada paru-paru, jika mengalami kelainan dapat juga menyebabkan seseorang terkena masalah ini.

4.Endema paru-paru

Endema paru-paru adalah penyakit yang timbul disebabkan oleh cairan yang menumpuk pada bagian paru-paru. Jika seseorang menderita endema ini, ada kemungkinan mengalami batuk darah. Dan darah yang dikeluarkan biasanya berwarna merah cerah dan berbusa.

5.Penyakit TBC

Penyakit TBC ini merupakan penyakit parah pada paru-paru. Jika seseorang terkena TBC, biasanya akan mengalami penyakit ini dan sering demam dan mengeluarkan keringat yang berlebihan.

Cara Mengobati Batuk Darah

Sebelum sampai terkena penyakit ini, alangkah baiknya anda melakukan pencegahan lebih awal, misalnya dengan melakukan pola dan lingkungan hidup yang sehat, tidak merokok, menjaga jarak dengan seseorang yang mengalami masalah ini dan lain-lain.

Pengobatan pada jenis penyakit ini tidak bisa dilakukan dengan asal mengobati begitu saja. Melainkan harus didasarkan pada penyebab dari timbulnya penyakit tersebut. Karena seperti yang diketahui bahwa penyebab dari batuk darah sangat beragam. Jadi pemberian obat juga harus sesuai dengan kondisi yang dialami penderita. Berikut adalah beberapa cara untuk mengobati penyakit ini, mulai dari pemberian obat dan terapi pada penderita :

  1. Antibiotik, Jika masalah yang terjadi akibat dari infeksi pada paru-paru, maka pemberian antibiotik sangat diperlukan.
  2. Obat steroid, Obat steroid ini berfungsi jika penyakit tersebut terjadi akibat dari adanya peradangan.
  3. Terapi, Jika seseorang mengalami batuk darah sebagai akibat dari kanker paru-paru, perlu juga dilakukan terapi radiasi atau kemoterapi.
  4. Embolisasi, Proses embolisasi ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh dokter atau ahli. Pengobatan embolisasi ini diperlukan jika penyakit tersebut terjadi akibat pendarahan pada arteri. Cara pengobatannya yaitu dengan menutup arteri yang bermasalah dengan zat dan memindahkan saluran darah lewat arteri lain yang lebih sehat.
  5. Operasi, Ketika penyakit ini sudah pada kondisi yang parah, misalnya akibat dari penyakit paru-paru yang parah, ada kemungkinan diperlukan melakukan operasi. Untuk yang seperti ini, lebih baik jika berkonsultasi dulu dengan dokter.
Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Kronis

  • Penyakit Kronis

    Infeksi Ginjal

    By

    Penyakit.co.id – Infeksi ginjal atau dalam bahasa medis disebut pielonefritis merupakan penyakit yang menyerang salah satu...

  • Penyakit Kronis

    HIV dan AIDS

    By

    Penyakit.co.id – HIV dan AIDS merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. HIV (Human Immunodeficiency...

  • Penanganan Masalah Penyakit gastritis Penanganan Masalah Penyakit gastritis

    Penyakit Kronis

    Gastritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastritis adalah suatu penyakit yang berpusat pada peradangan dinding lambung di dalam tubuh. Ini bukanlah...

  • Gonore Gonore

    Penyakit Kronis

    Gonore

    By

    Penyakit.co.id – Gonore adalah salah satu penyakit menular akibat berhubungan badan yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria...

  • flu singapore flu singapore

    Penyakit Kronis

    Flu Singapura

    By

    Penyakit.co.id – Flu singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyebabkan luka seperti sariawan dan...

  • Cara Pengobatan Gagal Ginjal Akut Cara Pengobatan Gagal Ginjal Akut

    Penyakit Kronis

    Gagal Ginjal Akut

    By

    Penyakit.co.id – Sebelum membahas Gagal ginjal akut (GGA) terlebih dahulu anda harus memahami fungsi ginjal. Ginjal...

  • Penanganan Gagal Ginjal Kronis Penanganan Gagal Ginjal Kronis

    Penyakit Kronis

    Gagal Ginjal Kronis

    By

    Penyakit.co.id – Gagal Ginjal Kronis (GGK) adalah suatu sindrom klinis yang disebabkan oleh menurunnya kemampuan ginjal untuk...

  • Penanganan Dini Serangan Jantung Penanganan Dini Serangan Jantung

    Penyakit Kronis

    Gagal Jantung

    By

    Penyakit.co.id – Gagal jantung adalah suatu kondisi dimana dalam fungsinya jantung tidak dapat memompa darah dengan maksimal....

  • Penyakit Kronis

    Herpes Genital

    By

    Penyakit.co.id – Herpes genital atau herpes simplex merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV)....

  • gangrene gangrene

    Penyakit Kronis

    Gangrene

    By

    Penyakit.co.id –  gangrene adalah kondisi dimana jaringan tubuh mati. Kondisi seperti ini pada umumnya berawal dari...

To Top