Connect with us

Bidai Tulang Kering

Penyakit Umum

Bidai Tulang Kering

Bidai Tulang Kering

Penyakit.co.id – Bidai tulang kering merupakan suatu penyakit yang berasal dari aktivitas olahraga. Sebuah penyakit yang memiliki peluang untuk terjadi cedera karena tidak melakukakn aktivitas olahraga sesuai prosedur. Penyakit tersebut berupa rasa sakit pada seluruh area tulang kering. Tulang kering yang berada pada area bagian bawah kaki akan terjadi cedera apabila melakukan aktivitas olahraga yang melibatkan kaki. Oleh karena itu, perlu berhati-hati ketika melakukan olahraga atau aktivitas lain yang menggunakan kaki sebagai tumpuan.

penyebab bidai tulang kering

Gejala Bidai tulang kering

Gejala pada bidai tulang kering yang terjadi biasanya mengalami rasa nyeri pada bagian dalam tulang kering bahkan dapat menimbulkan pembengkakan. Menurut waktu timbulnya rasa nyeri, penderita akan merasakannya ketika:

  1. Sedang beraktivitas olahraga seperti lari, akan mulai terasa nyeri pada tulang kering tersebut.
  2. Ada rasa nyeri sebelum beraktivitas yang kemudian ketika beraktivitas, nyeri yang tadinya terasa akan menghilang dan kembali nyeri ketika selesai melakukan aktivitas fisik tersebut.
  3. Sebelum melakukan aktivitas olahraga sudah merasakan nyeri, bahakan ketika sedang melakukan aktivitas juga terasa nyeri, dan setelah beraktivitas pun akan masih merasakan nyeri. Hal ini sangat mengganggu aktivitas olahraga, tetapi kemungkinan dari timbulnya rasa nyeri tersebut dapat diketahui bahwa cedera atau penyakit bidai tulang kering semakin parah.

Penyakit ini mungkin saja akan menjadi lebih parah, tingkat terakhir rasa nyeri dari penyakit tersebut akan bisa terjadi jika si penderita tidak mampu beraktivitas lagi.

Baca Juga : Cedera Saraf Tulang Belakang : Pengertian, Gejala, Penyebab dan Cara Pengobatan

Penyebab Bidai tulang kering

Hampir semua orang melakukan aktivitas olahraga terutama anak-anak muda. Aktivitas olahraga yang dapat menimbulkan penyakit atau cedera pada kaki ini biasanya melakukan olahraga seperti lari. Olahraga lari membutuhkan tenaga dan tekanan lebih pada kaki. Sehingga sebelum melakukan olahraga lari, haruslah melakukan pemanasan terlebih dahulu. Bukan hanya olahraga lari saja yang dapat menimbulkan penyakit seperti ini, seperti contoh dengan melakukan olahraga yang sering berhenti dengan tiba-tiba yaitu olahraga bola basket dan badminton atau olahraga yang lainya juga, beberapa penyebab lain juga memungkinkan rasa nyeri pada kaki tersebut antara lain:

  1. Kemungkinan penderita adalah orang yang mempunyai telapak kaki datar atau juga pada orang yang memiliki telapak kaki terlalu cekung ke dalam.
  2. Orang yang mempunyai otot betis yang terlalu kencang atau kaku.
  3. Orang yang memiliki organ jaringan cukup kencang terutama jaringan yang menghubungkan otot betis dengan tulang tumit.
  4. Pergelangan kaki penderita terlalu lemah sehingga tidak cukup mampu untuk menyokong.
  5. Memiliki berat badan yang terlalu berlebihan dan mengakibatkan tumpuan pada kaki lebih berat.
  6. Sepatu olahraga yang tidak sesuai dengan kaki dipaksakan untuk dipakai.
  7. Sedang melakukan latihan militer.

Cara Mengobati Bidai tulang kering

Pengobatan untuk penyakit umum ini cukup mudah. Pengobatan tersebut biasanya dokter akan menyarankan tidak melakukan aktivitas berat terlebih dahulu ataupun olahraga yang melibatkan kaki hingga sembuh. Waktu yang diperlukan untuk mengistirahatkan kaki biasanya minimal 2 minggu. Ketika anda sedang mengistirahatkan kaki anda yang cedera, tetapi ingin sekali berolahraga seperti lari tersebut dapat diganti dengan yoga atau berenang. Olahraga tersebut juga tidak boleh terlalu dipaksa, cukup dilakukan dengan santai.

Selain beristirahat, anda juga harus melakukan perawatan terhadap penyakit tersebut agar rasa nyeri cepat mereda. Lakukan dengan mengkompres tulang kering yang terasa nyeri dengan es batu yang dimasukkan ke dalam kantong kain. Biasanya dilakukan 10 hingga 15 menit yang akan dilanjutkan lagi setelah 2 atau 3 jam kemudian. Apabila anda ingin sedikit menghilangkan rasa nyeri, anda dapat minum obat-obatan yang dijual di apotek.

Setelah anda melakukan perawatan minimal 2 minggu dan menghasilkan rasa nyeri yang tidak terlalu parah dan merasa sudah pulih, maka anda dapat melakukan aktivitas olahraga seperti lari tersebut. Hal ini haruslah dilakukan sedikit demi sedikit sehingga tidak akan menimbulkan cedera kembali. Olahraga sedikit demi sedikit ini dilakukan rutin sekitar satu setengah bulan hingga kaki benar-benar sembuh.

Ketika anda telah mengalami kesembuhan dari penyakit bidai tulang kering ini, sebaiknya anda memperhatikan hal-hal yang perlu dihindari agar tidak terjadi cedera kembali, seperti:

  1. Sebelum berolahraga, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dengan cara yang benar.
  2. Memperhatikan sepatu olahraga yang akan anda kenakan, perhatikan pula sol sepatu anda untuk kenyamanan kaki ketika berolahraga lari atau olahraga yang membutuhkan tekanan lebih pada kaki.
  3. Melatih kekuatan kaki anda dan kelenturannya secara bertahap.
  4. Menghindari berolahraga di atas bidang yang sangat keras.

Demikian penyakit bidai tulang kering tersebut dapat terjadi. Penting sekali untuk menjaga kaki yang merupakan bagian tubuh yang memiliki peran penting tersebut terutama ketika melakukan aktivitas. Istirahat yang cukup juga dapat berpengaruh pada orang yang memiliki kaki lebih lemah dari pada orang lain dan telah menjadi tumpuan selama bekerja atau aktivitas yang lain.

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top