Connect with us

Penyakit Umum

Bintitan

Bintitan

Penyakit.co.id – Bintitan merupakan suatu kondisi dimana bintil tumbuh pada area sekitar kelopak mata, besarnya seperti jerawat atau bisul. Kemunculannya hanya pada salah satu mata. Bintil yang biasa terjadi akan tumbuh di luar kelopak mata dan jarang terjadi pada area dalam kelopak mata yang tentu lebih menyakitkan.

kondisi yang biasa terjadi khususnya pada anak-anak atau remaja. Mitos yang berkembang bahwa seseorang yang mengalami kondisi ini adalah mereka yang tidak menepati janjinya seperti menjanjikan suatu hal pada seseorang namun ia lupa. Kondisi ini akan sering muncul bila tidak ditangani dengan benar. Mungkin terasa sangat mengganjal pada area mata penderitanya. Kondisi ini biasanya berlangsung berhari-hari bahkan beberapa minggu. Mungkin membuat tak nyaman akibat tumbuhnya bintil di mata. Namun seringnya yang terjadi, kondisi ini tumbuh secara tiba-tiba.

Gejala Bintitan

Gejala yang muncul dapat cepat diketahui. Akan ada tumbuhnya bintil merah sebesar jerawat ataupun bisul. Bintil ini awal kemunculannya mungkin kecil namun bisa berkembang lebih besar. Ada gejala-gejala lainnya yang juga menyertai, yaitu:

  1. Kelopak mata terasa nyeri karena membengkak
  2. Mata merah dan kemudian berair
  3. Akan muncul kotoran pada mata
  4. Kesulitan dalam mengedipkan mata

Bintitan ini dapat sembuh dengan sendirinya namun tetap harus dilakukan pemeriksaan bila gejala tak kunjung membaik. Tak ada pengobatan khusus untuk menangani kondisi ini.

Baca juga : Biduran : Pengertian, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati

Penyebab Bintitan

Yang menjadi penyebab utama tumbuh bintil karena bakteri staphylococcus aureus. Bakteri ini biasa hidup pada kulit manusia namun tidak menyebabkan penyakit. Namun ada saat dimana bakteri ini menginfeksi, seperti halnya apabila tangan yang kotor bersentuhan langsung dengan mata. Maka akan terjadi bintitan pada sekitar kelopak mata. Bakteri ini menginfeksi pada area akar bulu mata, kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Selain bakteri, peradangan pada kelopak mata juga dapat memicu timbulnya penyakit umum ini.

Cara mengobati Bintitan

Bintitan biasa berlangsung selama 7 hingga 20 hari sampai kondisi benar-benar sembuh. Kondisi ini sembuh saat mengeluarkan nanah karena pecah. Usahakan untuk tidak memencet agar bintil pecah, karena berisiko memperparah kondisi dan justru akan semakin membuat mata iritasi. Biarkan bintil pecah dengan sendiri secara alami. Yang bisa anda lakukan untuk mengurangi gangguan bintil tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Hindari penggunaan kosmetik guna menjaga kebersihan mata. Usahakan gunakan pelindung mata (kaca mata) kemanapun anda pergi karena kondisi yang kotor dapat memperlambat proses penyembuhan.
  2. Kompreslah air hangat dengan handuk atau kain yang lembut. Melakukan hal ini sebanyak 3-5 kali dapat mempercepat penyembuhan bintil.
  3. Hindari lensa kontak sampai bintil benar-benar sembuh.
  4. Anda dapat mengonsumsi analgesik atau obat pereda rasa sakit jika bintil pada keompak mata anda begitu terasa nyeri.

Lakukan pemeriksaan pada dokter bila nyeri pada kelopak mata semakin parah dan tak kunjung sembuh juga. Penanganan yang benar akan mengatasi bintil mereda. Penanganan yang biasa dilakukan dokter dengan mengeluarkan nanah pada bintil sehingga mengurangi tekanan pada mata. Bila perlu akan dianjurkan mengonsumsi antibiotik agar tidak bertambah parah.

Untuk anda yang belum pernah merasakan bintitan atau bisa jadi malah terjadi pada saudara anda. Maka anda perlu waspada dan perlu tindakan pencegahan agar mata anda tidak terinfeksi bakteri staphylococcus aureus ini.

Lakukan-langkah berikut ini guna menghindari tumbuhnya bintil:

  1. Jangan menggosok mata dalam keadaan tangan kotor. Hal ini dapat mempermudah bakteri staphylococcus aureus untuk menginfeksi kelopak mata anda.
  2. Pakailah pelindung mata guna menghindari mata terkena debu dan kotoran lain.
  3. Istirahatkan mata anda saat mata mulai lelah.
  4. Cucilah dengan steril lensa kontak yang akan anda gunakan. Sebelum memasangnya, pastikan tangan sudah terbebas dari kotoran yang menempel.
  5. Cek tanggal expired pada kosmetik anda. Jangan sampai kosmetik yang anda gunakan melampaui batas tanggal kadaluarsanya.
  6. Bersihkan make up apalagi area mata saat anda akan tidur.
  7. Segera lakukan penanganan pribadi misalnya mata anda terkena debu, cepat basuh dan beri obat tetes mata. Namun bila anda merasa ada indikasi dari gejala ini maka segera kompres dengan air hangat sebelum mata anda benar-benar muncul bintil.

Anda juga dapat melakukan pengobatan lain yang mungkin dapat diterapkan, berikut disebutkan:

  1. Pengobatan secara alami

Anda bisa menggunakan daun sirih, yang dapat anda lakukan adalah membasuh mata anda dengan air rebusan daun sirih, karena daun sirih memiliki sifat antiseptik atau anti bakteri.

Selain daun sirih, anda juga bisa menggunakan bawang putih untuk mengatasinya. Adapun caranya yaitu oleskan getah bawang putih atau bisa dengan menghaluskan bawang putih tersebut kemudian oleskan pada mata yang terdapat bintil.

  1. Pengobatan dengan salep

Salep yang dipilih seperti Amoxillin dan Ciprofloxacin.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top