Connect with us

Penyakit Umum

Bisul

Bisul

Penyakit.co.id – Bisul merupakan salah satu penyakit kulit yang menimbulkan benjolan atau pembengkakan berwarna merah. Tentu saja benjolan tersebut memiliki rasa sakit, karena benjolan itu berisi nanah di dalamnya. Masing-masing orang beresiko terkena masalah kulit ini, karena selain dapat menyebar juga dapat menulari orang-orang sekitar. Penyakit ini biasa terjadi di bagian wajah, sekitar leher, ketiak, bahu, juga pantat, dan paha sebab bagian-bagian tersebut sering terjadi gesekan dan sering keluar keringat. Penyakit ini juga dapat timbul pada area kelopak mata atau orang-orang biasa menyebutnya bintit. Umumnya masalah penyakit ini dapat memberikan bekas luka.

Gejala Bisul

Selain gejala munculnya benjolan, biasanya bisul dapat dibarengi gejala lain seperti:

  1. Infeksi yang mulai menyebar di sekitar benjolan serta terdapat gejala berwarna merah, kulit menjadi bengkak, serta bila bagian tersebut disentuh terasa hangat.
  2. Benjolan tersebut berisi nanah dan dapat semakin membesar.
  3. Pada puncak benjolan, biasanya berwarna putih.

Gejala di atas merupakan gejala yang masih bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus pemeriksaan dari dokter. Kondisi pada saat anda harus periksa ke dokter apabila dibarengi gejala-gejala sebagai berikut:

  1. Jika anda mengalami demam.
  2. Ukuran bisul tersebut semakin membesar hingga diameternya melebihi 5 cm dan terasa semakin sakit.
  3. Terdapat lebih dari satu benjolan yang muncul pada 1 lokasi. Masalah ini dikenal sebagai bisul sabut atau juga karbunkel dan tergolong penyakit yang serius.
  4. Juga terjadi pada daerah hidung, wajah, maupun di daerah tulang belakang.
  5. Tidak adanya tanda-tanda kesembuhan pada benjolan hingga hari ke 14 atau lebih.
  6. Sering mengalami kambuh.
  7. Juga mempunyai masalah pada sistem imun.

Baca juga : Bintitan : Pengertian, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati 

Penyebab Bisul

Penyebab yang utama hingga munculnya penyakit umum ini disebabkan dari bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini biasanya ditemukan di kulit dan di hidung  dan tidak menimbulkan infeksi sama sekali. Bakteri ini dapat menginfeksi jika terjadi luka gores atau juga dari gigitan serangga hingga masuk ke folikel. Bakteri yang telah terinfeksi tersebut dapat juga menyebar ke area lain. Apabila bakteri tersebut menyebar melalui lapisan kulit, penderita akan dapat mengalami masalah selulitis, tampak seperti luka melepuh (impetigo), dan bakteri ini dapat pula menyebar ke tulang atau osteomielitis. Penyebaran bakteri ini dapat pula menimbulkan masalah yang mengakibatkan infeksi ke organ-organ dalam tubuh (sepsis) seperti jantung.

Selain itu, penyakit bisul ini dapat menular dari penderita ke orang-orang disekitarnya. Penyebab lain dari timbulnya penyakit yang beresiko ini diantaranya:

  1. Faktor usia maupun jenis kelamin. Penyakit ini lebih sering terjadi pada remaja, khususnya yang berjenis kelamin laki-laki.
  2. Kebersihan diri maupun lingkungan yang kurang terjaga.
  3. Lemahnya sistem kekebalan tubuh seseorang, misalnya ketika mengidap HIV, sedang menjalani kemoterapi, maupun memiliki penyakit diabetes mellitus.
  4. Sering mengalami masalah kulit berjerawat.

Cara Mengobati Bisul

Pengobatan dari bisul dapat dilakukan di rumah bagi penderita yang masih pada tingkatan awal. Untuk mempercepat sembuhnya penyakit benjolan ini, dapat dilakukan beberapa cara yaitu:

  1. Mengompres benjolan tersebut dengan air hangat-hangat kuku. Hal ini dilakukan agar rasa sakit yang ditimbulkan berkurang dan dapat membuat nanah yang berada di dalamnya akan berpindah ke puncak benjolan. Tindakan ini dapat dilakukan tiga kali dalam sehari.
  2. Apabila benjolan tersebut pecah, segera beri alkohol serta sabun anti bakteri dengan menggunakan kain kasa. Olesi dengan obat oles yang bisa didapatkan dari apotek dan kemudian menutupnya menggunakan kain kasa steril.
  3. Seringlah mengganti perban tersebut sekitar dua atau tiga kali dalam sehari.
  4. Sebelum mengobati benjolan, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan bilas hingga bersih. Lakukan pula mencuci tangan setelah mengobatinya.

Sebaiknya anda menghindari mencoba untuk memecahkan bisul secara paksa. Apabila dipecah secara paksa, dapat menyebabkan infeksi semakin parah dan bakteri akan menyebar ke area tubuh lain. Masalah ini akan menimbulkan terjadinya komplikasi. Benjolan ini sebaiknya ditunggu hingga pecah dengan sendirinya. Untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan benjolan ini, anda dapat mengkonsumsi obat pereda rasa sakit seperti paracetamol atau juga ibuprofen.

Apabila benjolan tersebut memiliki ukuran yang sangat besar, saran dari dokter biasanya akan dilakukan pembedahan untuk mengeluarkan nanah yang ada di dalamnya. Selain pembedahan, kemungkinan dokter juga akan meresepkan antibiotik guna berjaga-jaga apabila:

  1. Jika terjadi infeksi yang sangat parah.
  2. Kambuhnya benjolan yang menimbulkan rasa sakit.
  3. Menimbulkan demam pada penderita.
  4. Terjadinya komplikasi secara tiba-tiba.

Antibiotik yang diresepkan dokter tersebut haruslah digunakan secara tepat sesuai catatan resep walaupun benjolan telah sembuh. Keadaan tersebut dilakukan untuk memusnahkan munculnya infeksi dari bakteri terjadi kembali.

Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati pada bisul yang mudah terjadi pada siapapun ini. Waspadai pula ketika anda mengalami luka gores pada kulit dan bagian tubuh yang sering berkeringat.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top