Connect with us

Penyakit Umum

Botak

Botak

Penyakit.co.id – Botak merupakan kerontokan rambut yang pada umumnya bersifat permanen. Kondisi ini disebabkan karena sistem imun yang ada dalam tubuh menyerang tubuhnya sendiri. Kebotakan bukan merupakan penyakit yang menular, namun dapat bersifat permanen.

Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kebotakan. Pengaruh terbesar yaitu dari faktor keturunan. Jika anggota keluarga anda ada yang mengalami kebotakan, resiko anda terkena kebotakan juga semakin besar. Faktor lain yang dapat memicu terjadinya kebotakan antara lain adanya kondisi autoimun lain seperti misalnya diabetes tipe satu atau lupus.

Botak yang dialami seseorang dapat terjadi pada bagian rambut di kepala atau bagian lainnya. Keparahan yang terjadi juga bervariasi, seseorang bisa mengalami pitak di satu bagian atau ada pula yang mengalami pitak di beberapa bagian.

Gejala botak

Gejala penyakit umum ini pada seseorang biasanya diawali dengan munculnya pitak pada bagian rambut di kepala atau bagian tubuh lain seperti alis, jenggot, atau lainnya. Ukurannya pun bermacam-macam. Biasanya kondisi ini diikuti dengan kerontokan rambut yang meningkat.

Selain berpengaruh pada rambut, kondisi botak pada seseorang kadang juga dapat berpengaruh pada kukujari kaki atau tangan. Seperti misalnya kuku berubah menjadi kasar dan kusam, muncul garis atau bintik putih, dan ujung kuku menjadi bergelombang.

Baca juga: Bulimia

Penyebab Botak

Beberapa faktor penyebab terjadinya masalah ini pada seseorang antara lain:

1.Adanya penyakit kanker darah

Perlu anda ketahui bahwa penyakit kanker darah dapat menyebabkan terjadinya kebotakan pada seseorang. Kanker darah atau yang biasa disebut dengan leukimia merupakan kondisi dimana terjadi kelainan pada sel darah.

2.Adanya penyakit tifus

Terjadinya botak di kepala juga bisa disebabkan karena penyakit tifus yang dialami seseorang. Penyakit ini menyebabkan tubuh seseorang terasa sakit dan pusing yang luar biasa sehingga menyebabkan rambut rontok sehingga terjadi kebotakan.

3.Penggunaan shampo tertentu

Botak pada rambut bisa disebabkan karena anda sering menggonta-ganti shampo, sehingga menyebabkan rambut anda rontoh dan berakibat pada kebotakan. Pakailah shampo sesuai kebutuhan rambut anda.

4.Faktor makanan

Faktor makanan juga dapat menyebabkan ambut rontok yang berujung pada kebotakan. Biasanya makanan pedas yang dapat memicu terjadinya rambut botak.

5.Disebabkan karena kurangnya nutrisi

Makanan yang bernutrisi juga dapat bepengaruh terhadap pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, jika anda kekurangan nutrisi makanan dapat menyebabkan rambut botak.

6.Stress

Rambut yang botak juga dapat terjadi apabila anda terlalu banyak pikiran atau depresi. Stress merupakan kondisi yang mengganggu pikiran anda yang menyebabkan pertumbuhan rambut terganggu.

Cara Mengobati Botak

Dari masalah-masalah diatas, terdapat solusi atau cara untuk mengobati botak pada rambut. Botak pada rambut dapat diatasi dengan penanganan medis. Obat-obatan seperti minoxidil, Kortikosteroid, dan anthralin dapat digunakan sebagai pengobatan terhadapt botak. Obat-obat tersebut dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia, dapat digunakan dalam bentuk suntik, minum, maupun oles.

Selain menggunakan cara medis, terdapat pula cara mengobati botak dengan bahan-bahan alami, cara-cara tersebut diantaranya adalah:

1. Makan makanan yang banyak mengandung zink, seperti coklat, bayam, kepiing, bawang putih, tiram, biji-bijian, kuning telur, dan jamur. Dengan mengomsumsi makanan tersebut, dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat.

2.Air kelapa hijau

Gunakan air kelapa untuk keramas selama dua minggu berturut-turut. Khasiat dari kelapa hijau ternyata juga dapat mengatasi rontok dan menumbuhkan rambut yang lebat.

3.Teh

Seduh teh dengan menggunakan air panas tanpa menambahkan gula, diamkan hingga dingin lalu oleskan pada rambut secara rutin. Khasiat dalam teh juga dapat menumbuhkan rambut dengan cepat

4.Urang-aring

Tanaman ni memang susah ditemukan. Namun tanaman ini mengandung khasiat yang dapat menumbuhkan rambut dengan subur hingga terlihat lebat

5.Lidah buaya

Khasiat lidah buaya sudah dikenal dapat menumbuhkan rambut agar lebih lebat. Dengan menggunakan gel lidah buaya yang dioleskan ke rambut secara rutin dapat digunakan untuk mengobati botak.

Untuk anda yang belum mengalami botak pada rambut, terdapat cara untuk mencegah rontok pada rambut yang dapat menimbulkan kebotakan. Langkah-langkah pencegahan tersebut diantaranya adalah:

  1. Hindari berada di bawah paparan matahari terlalu lama, karena hal ini dapat memicu kebotakan pada rambut
  2. Gunakan shampu ataupun kondisioner yang cocok untuk rambut anda. Jangan berpatokan pada harga mahal tetapi pada kecocokan shampo terhadap rambut anda. Karena bergonta-ganti shampo juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut
  3. Hindari penggunaan bahan kimia pada rambut yang terlalu sering, seperti misalnya rebonding atau smoothing yang menggunakan banyak bahan kimia. Hal ini dapat menyebabkan rambut rapuh dan mudah rontok
  4. Hindari menyisir rambut pada saat basah, karena hal ni juga dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh
  5. Hindari kebiaasaan mengikat rambut terlalu kuat bahkan pada saat tidur. Hal ini juga dapat menjadi pemicu rambut stres dan rapuh yang kemudian menjadi mudah rontok lalu menyebabkan kepala anda botak.
Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top