Connect with us
Penyakit Candidiasis

Penyakit Umum

Candidiasis

Penyakit.co.id – Candidiasis merupakan suatu gejala penyakit yang disebabkan oleh tumbuhnya jaringan jamur berjenis Candida Sp. Jamur jenis Candida ini memiliki  sekitar 20 spesies, dan yang paling umum sebagai penyebab infeksi pada manusia sendiri berjenis Candida albicans.

Penyakit Candidiasis sendiri pada umumnya menyerang beberapa area tubuh yang cenderung lembab seperti sekitar mulut dan area alat vital. Selain 2 tempat tersebut, infeksi dari jamur Candida juga sering ditemui menyerang area saluran pencernaan, kuku dan sekitar esofagus.

Penyakit Candidiasis

Secara umum masalah infeksi Jamur Candida menyerang segala usia dan bahkan dapat ditemui di seluruh dunia. Seperti catatan yang terdapat di beberapa jurnal kedokteran yang mempublikasikan masalah Candidiasis mengungkapkan. Pada hasil penelitian tahun 1990 dengan responden warga New Zealand yang memiliki sistem imun yang kecil, penyakit Candidiasis menyerang tak kurang dari 15% waganya yang kala itu didominasi kalangan wanita.

Bahkan di tahun 2002 jumlah penderita Penyakit Candidiasis mengalami peningkatan signifikan sebesar 33% yang juga didominasi oleh kalangan wanita. Pada umumnya infeksi jamur ini menyerang area vital vaginitis 

Gejala Candidiasis

Gejala umum penderita Candidiasis dapat dideteksi degan beberapa cara seperti pengujian mikroskopis maupun pemeriksaan sederhana dan mencocokkan dengan beberapa gejala seperti berikut.

  1. Area Intim, Muncul sensasi rasa gatal dan terbakar serta terjadi pembengkakan, pada wanita pada umumnya juga mengalami masalah keputihan atau vaginistis.
  2. Area Mulut, Pada area mulut terasa perih dan terbakar serta terbentuk lesi putih di sekitar area yang terkonsentrasi sebagai tempat tumbuhnya Jamur Candidas.
  3. Area Pencernaan, Terjadi mual serta perih yang berkelanjutan yang bahkan menjalar hingga ke kerongkongan.
  4. Area Kulit, Kulit terasa gatal dan terbakar serta muncul lesi putih di pusat gatal tersebut.

Penyebab Candidiasis

Dalam keadaan normal, jamur Candida pada umumnya memang sudah berada pada manusia yang lebih sering ditemui di area permukaan kulit. Namun jika pertumbuhan jamur jenis ini mengalami perkembangan yang sangat pesat tentu dapat menjadi ancaman tersendiri bagi inang (Manusia) tersebut.

Layaknya jenis jamur lainya, Candida juga rentan tumbuh pada area yang lembab. Oleh karena itu jamur ini sering tumbuh pda area tubuh dengan kelembaban yang cukup tinggi. Selain faktor terseburt, proses tumbuh kembang jamur ini juga dipengaruhi oleh :

  1. Komplikasi Penyakit Kronis, Beberapa komplikasi penyakit kronis seperti Diabetes juga menjadi pemicu meledaknya pertumbuhan jamur Candida dalam tubuh manusia.
  2. Sistem Imun Yang Melemah, Sistem imun juga berperan penting dalam menekan pertumbuhan jamur Candida, oleh karena itu orang dengan sistem imun yang rendah lebih rentan terserang infeksi penyakit ini. Hal ini sering dialami oleh penderita virus HIV serta pengguna Steroid
  3. Pengguna Obat-obatan, Disini pengguna obat-obatan juga rentan terinfeksi jamur Candida, terlebih bagi pengguna antibiotik.

Cara Pengobatan Candidiasis

Dalam penanganan masalah Candidiasis memiliki beragam cara yang berbeda-beda. Hal ini juga ditentukan beberapa faktor saat melakukan diagnosa seperti lokasi infeksi, keadaan pasien ataupun tingkat penyebaran infeksi yang dialami pasien tersebut.

Pada umumnya pengobatan infeksi yang diakibatkan jamur Candida terdapat beberapa cara, diantaranya :

  1. Membunuh khamir (inti jamur) hal ini dapat dilakukan dengan cara obat-obatan ataupun salep luar.
  2. Mengurangi konsumsi obat Antibiotik serta imunosupresif
  3. Melakukan Diet sehat guna mengontrol pertumbuhan jamur
  4. Menjaga kebersihan tubuh guna menekan tumbuh kembang jamur Candida yang menginangi tubuh kita.

Di Apotek sendiri obat jamur untuk penanganan masalah ini banyak dijual bebas, namun anda harus jeli dalam pemilihan obat-obatan tersebut. Sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit terdekan sebelum melakukan penanganan masalah infeksi ini.

Dalam mengatasi masalah jamur ini pada umumnya dapat dilakukan sesuai dengan tempat munculnya infeksi seperti berikut :

  1. Infeksi Jamur Candida Pada Mulut, Anda dapat melakukan pengobatan sederhana dengan membeli obat anti jamur dalam bentuk gel maupun obat kumur. Waktu penyembuhan sendiri dapat berlangsung 1 hingga 2 minggu, bergantung dengan tingkat keparahan.
  2. Infeksi Jamur Candida Pada Alat Vital, Di apotek anda dapat memperoleh obat jamur dalam bentuk tablet atau krim yang dapat anda gunakan dalam mengatasi jamur pada area ini.
  3. Infeksi Jamur Candida Pada Area Pencernaan, Lebih disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  4. Infeksi Jamur Candida Pada Kulit, Di Apotek tersedia obat anti jamur berbentuk krim yang dapat dipakai langsung pada kulit yang terpapar infeksi jamur Candida.

Selain pengobatan secara medis, dalam mengatasi masalah jamur Candida dapat dilakukan dengan cara melakukan diet makanan guna mengontrol pertumbuhan jamur. Diantaranya seperti :

  • mengurangi konsumsi gula dan tepung putih berlebih
  • Menghentikan kebiasaan meminum alkohol
  • Mengurangi konsumsi Junkfood seperti burger pizza ataupun makanan cepat saji lainya
  • Menghindari makanan kacang kering dan acar atau makanan fermentasi lainya
  • Menghindari Daging babi, Daging hasil penggaraman maupun keju
Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top