Connect with us

Crohn’s Disease

Penyakit Kronis

Crohn’s Disease

Crohn’s Disease

Penyakit.co.id – Crohn’s Disease atau penyakit Crohn merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan yang diakibatkan peradang pada usus yang terjadi dalam jangka panjang. Peradangan ini menyerang hampir semua lapisan pada dinding organ-organ pencernaan mulai dari mulut sampai rektum atau anus. Namun yang paling sering terdapat pada usus besar atau penghujung usus kecil atau ileum.

Para penderita penyakit yang satu ini umumnya merasakan sakit yang berat. Selain itu, tubuh penderita akan terasa lemas dan bahkan banyak komplikasi yang menyertai penyakit ini. Penyakit Crohn biasanya dialami oleh penderita segala usia. Meskipun demikian,  sejumlah sumber mengatakan jika ada beberapa metode menangani Crohn’s Disease sehingga gejala-gejalanya bisa dikurangi.

Penderita penyakit ini mengalami masa remisi dimana tidak timbul gejala apapun atau gejala yang dirasakan hanya gejala ringan saja. Masa-masa tidak ada gejala tersebut biasanya hanya sementara. Setelah itu, akan datang masa kambuhan. Masa ini membuat penderitanya semakin sulit.

Gejala Crohn’s Disease

Sama seperti penyakit-penyakit yang lain, tanda-tanda atau gejala Crohn’s Disease beragam pada setiap penderita mulai ringan sampai dengan berat. Biasanya menyerang sistem pencernaan pada  bagian mana saja.

Gejala-gejala umum dari timbulnya penyakit Crohn’s Disease antara lain:

  1. Kelelahan yang terasa sangat berat
  2. Perut terasa sakit dan kram
  3. Diare
  4. Feses atau tinja berdarah dan berlendir
  5. Selera makan menurun
  6. Berat badan menurun drastis
  7. Demam parah
  8. Gejala yang kadang-kadang dialami oleh penderita antara lain:
  9. Usus tersumbat
  10. Fissura anal
  11. Fistula yang ada pada antar organ

Penyakit ini jika menyerang sistem pencernaan pada anak bisa menghambat penyerapan pada nutrisi yang mereka konsumsi. Akibatnya, pertumbuhan anak-anak pun terhambat dan menjadi lebih lambat dibandingkan dengan anak-anak yang tidak menderita Crohn’s Disease.

Baca Juga : Atresia Ani : Pengertian, Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Gejala-gejala utama yang perlu penanganan dokter dengan segera yaitu:

  1. Jika muncul darah ketika BAB
  2. Muntah beberapa kali
  3. Demam hebat atau menggigil
  4. Terasa lemas dan denyut nadi lemah dan cepat
  5. Diare berkepanjangan yang tidak sembuh-sembuh
  6. Berat badan menurun drastis tanpa sebab pasti
  7. Diare yang tidak sembuh-sembuh
  8. Sakit perut dan kram berkepanjangan
  9. Jangan menunda untuk menemui dokter jika gejala-gejala di atas telah dirasakan.

Penyebab Crohn’s Disease

Penyebab yang biasa muncul dari Crohn’s Disease sampai saat ini belum diketahui. Namun beberapa kondisi ditengarai menjadi faktor resiko terjadinya penyakit Crohn. Fator-faktor resiko tersebut antara lain:

  1. Faktor genetik atau keturunan. Banyak penelitian yang membuktikan jika penyakit Crohn merupakan penyakit genetik atau yang diturunkan oleh orang tua atau keluarga. Apalagi penyakit ini hanya menyerang orang-orang dengan etnis tertentu sehingga ini merupakan kondisi yang turun temurun.
  2. Sistem imun atau kekebalan tubuh. Dari beberapa penderita yang menderita Crohn’s Disease, kekebalan tubuh penderita mengalami gangguan. Padahal sistem imun berguna melindungi usus dari gangguan bakteri berbahaya yang masuk ke tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh lemah maka bakteri bisa menyerang usus sehingga menimbulkan penyakit Crohn’s.
  3. Umur. Selama ini, penyakit Crohn memang bisa muncul kapan saja dan dialami siapa saja. Tetapi penyakit Crohn lebih sering dialami pada usia muda. Mayoritas penderita Crohn’s Disease usianya diketahui di bawah 30 tahun.
  4. Rokok. Memang benar jika rokok mengganggu kesehatan. Merokok juga meningkatkan resiko penyakit Crohn. Orang yang merokok resikonya dua kali lipat daripada orang yang tidak merokok dalam terserang Penyakit Crohn. Gejala yang menyerang perokok umunya lebih parah. Untuk menanganinya, dibutuhkan operasi.

Infeksi. Infeksi yang terjadi pada anak-anak bisa memunculkan reaksi yang tidak normal dari sistem imun. Kondisi inilah yang menyebabkan munculnya gejala-gejala dari penyakit Crohn’s Disease.

Pengobatan Crohn’s Disease

Pengobatan yang dilakukan pada penyakit yang satu ini biasanya dalam tahap meringankan gejala saja. Sampai sekarang, belum terdapat obat yang bisa menyembuhkan penyakit Crohn sepenuhnya. Penanganan pada anak-anak bisa meningkatkan tumbuh kembang anak. Itu tujuan utamanya.

Pada umumnya obat-obatan yang dipilih untuk menurunkan gejala yaitu:

  1. Kortikosteroid, Pemberian kortikosteroid tidak lain untuk mengatasi inflamasi yang terjadi.  Agar efek samping bisa dihindari,  kurangi dosis pelan-pelan sebelum berhenti sama sekali khususnya ketika gejala yang dirasakan sudah baik.
  2. Imunosupresan, Obat jenis ini juga bisa berguna mengurangi inflamasi. Namun sasaran dari obat yang satu ini adalah menghasilkan zat yang bisa menyebabkan inflamasi. Ini merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Umumnya, imunosupresan disandingkan dengan kortikosteroid sehingga efek jangka panjang lebih bagus. Tdiak semua orang cocok mengkonsumsi obat ini. Selama konsumsi obat, penderita sebaiknya rutin melakukan tes darah. Bicarakan dengan para dokter terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi obat imunosupresan terutama jika anda sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan.
  3. Operasi, Prosedur ini keuntungannya lebih besar daripada resikonya. Operasi dilakukan dengan mengangkat bagian yang terkena  inflamasi lalu menyambungkan bagian yang sehat.

Masa-masa remisi atau tanpa gejala pasein tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi steroid, namun bisa diganti dengan obat-obatan yang lain.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Kronis

  • Penyakit Kronis

    Infeksi Ginjal

    By

    Penyakit.co.id – Infeksi ginjal atau dalam bahasa medis disebut pielonefritis merupakan penyakit yang menyerang salah satu...

  • Penyakit Kronis

    HIV dan AIDS

    By

    Penyakit.co.id – HIV dan AIDS merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. HIV (Human Immunodeficiency...

  • Penanganan Masalah Penyakit gastritis Penanganan Masalah Penyakit gastritis

    Penyakit Kronis

    Gastritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastritis adalah suatu penyakit yang berpusat pada peradangan dinding lambung di dalam tubuh. Ini bukanlah...

  • Gonore Gonore

    Penyakit Kronis

    Gonore

    By

    Penyakit.co.id – Gonore adalah salah satu penyakit menular akibat berhubungan badan yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria...

  • flu singapore flu singapore

    Penyakit Kronis

    Flu Singapura

    By

    Penyakit.co.id – Flu singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyebabkan luka seperti sariawan dan...

  • Cara Pengobatan Gagal Ginjal Akut Cara Pengobatan Gagal Ginjal Akut

    Penyakit Kronis

    Gagal Ginjal Akut

    By

    Penyakit.co.id – Sebelum membahas Gagal ginjal akut (GGA) terlebih dahulu anda harus memahami fungsi ginjal. Ginjal...

  • Penanganan Gagal Ginjal Kronis Penanganan Gagal Ginjal Kronis

    Penyakit Kronis

    Gagal Ginjal Kronis

    By

    Penyakit.co.id – Gagal Ginjal Kronis (GGK) adalah suatu sindrom klinis yang disebabkan oleh menurunnya kemampuan ginjal untuk...

  • Penanganan Dini Serangan Jantung Penanganan Dini Serangan Jantung

    Penyakit Kronis

    Gagal Jantung

    By

    Penyakit.co.id – Gagal jantung adalah suatu kondisi dimana dalam fungsinya jantung tidak dapat memompa darah dengan maksimal....

  • Penyakit Kronis

    Herpes Genital

    By

    Penyakit.co.id – Herpes genital atau herpes simplex merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV)....

  • gangrene gangrene

    Penyakit Kronis

    Gangrene

    By

    Penyakit.co.id –  gangrene adalah kondisi dimana jaringan tubuh mati. Kondisi seperti ini pada umumnya berawal dari...

To Top