Connect with us
Fibroadenoma

Penyakit Umum

Fibroadenoma

Fibroadenoma

Penyakit.co.id – Fibroadenoma merupakan salah satu jenis tumor jinak yang biasanya ditemukan pada bagian payudara. Tidak semua benjolan yang muncul pada payudara merupakan fibroadenoma. Biasanya benjolan pada payudara disebabkan oleh tumor jinak. Bentuk fibroadenoma itu sendiri adalah benjolan namun sifatnya bukan kanker, Benjolan pada payudara tersebut biasanya dapat mudah digeser ketika disentuh atau diraba. jenis tumor ini terkadang dapat membesar maupun mengecil dengan sendirinya. Penyakit ini memiliki bentuk yang teratur serta padat ketika disentuh kenyal ataupun dapat keras. wanita yang berusia 20 sampai dengan 30 tahun merupakan usia wanita yang paling rentan untuk terkena penyakit ini.

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa penyakit ini tampak kecil sehingga terkadang sulit untuk dirasakan. Namun jika sudah bisa dirasakan ataupun diraba, penyakit ini akan terasa sangat berbeda dengan jaringan lain di sekitar payudara. Selain itu penyakit ini sanggup untuk bergerak pada bawah jaringan kulit manusia, yang pada umumnya penyakit ini tidak memiliki struktur yang begitu lembut. Untuk tumor jenis ini sering terasa seperti bola kelereng.

Jika Anda terkena penyakit ini ada dua pilihan yang dapat diputuskan. Yaitu pilihan pertama adalah diambil dan yang kedua tidak diambil. Pada umumnya penyakit ini akan diambil jika penyakit ini memiliki dampak pada perubahan bentuk alami payudara, atau menyebabkan rasa nyeri, Tentu ini dapat membuat penderita penyakit ini merasa khawatir akan terjadinya resiko kanker atau memiliki riwayat kesehatan keluarga yang terkena kanker payudara. Namun jika Anda memutuskan untuk tidak diambil, lakukan pengecekan kesehatan payudara secara rutin, USG ataupun konsultasi ke dokter.

Jika Anda merasa ada suatu benjolan tumor ketika Anda melakukan pemeriksaan payudara, segera tanyakan langsung ke dokter supaya dokter langsung dapat mendiagnosa apakah anda terkena penyakit ini atau tumor lain.

Fibroadenoma

Gejala Fibroadenoma

Gejala penyakit ini pada umumnya adanya benjolan payudara yang terasa padat dengan bentuk yang bulat saat diraba. Gejala penyakit ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit seperti tumor ganas. Untuk ukuran penyakit ini berbeda-beda dan dapat berubah lebih besar atau bahkan menjadi kecil. Pada umumnya penyakit ini pada payudara berukuran 1 atau 2 cm.

Ciri-ciri gejala fibroadenoma :

  • Mudah digerakkan ketika disentuh.
  • Tidak terasa sakit.
  • Benjolan bisa terasa kenyal atau agak keras.
  • Berbentuk bulat.

Fibroadenoma memungkinkan untuk tumbuh memiliki lebih dari satu fibroadenoma di payudara Anda dengan ukuran yang berbeda. Jika anda khawatir akan dan ingin memastikan apakah benjolan yang ada di payudara tersebut adalah fibroadenoma atau bukan biasanya, segera lakukan pemeriksaan medis yang ditangani langsung oleh dokter spesialis supaya Anda dapat melakukan beberapa tes untuk mengetahui hasilnya.

Penyebab Fibroadenoma

Meskipun penyebab pasti dari fibroadenoma belum ditemukan, para ahli menyatakan bahwa fibroadenoma merupakan respon tubuh yang tidak normal terhadap pengaruh hormon estrogen. Khususnya ketika wanita berada dalam masa reproduksi, tentu ini membuat fibroadenoma akan lebih sering muncul. Umumnya kasus penyakit ini menunjukkan bahwa penyakit ini lebih sering menyerang wanita yang berusia 20 hingga 30 tahun, karena pada usia tersebut wanita berada pada masa reproduksi.

Pada masa kehamilan ukuran fibroanodema juga akan membesar setelah itu akan mengecil kembali ketika tingkat hormon reproduksi menurun. Biasanya wanita yang sudah memasuki masa menopause fibroadonema akan menyusut. Penyebab lainnya dari penyakit ini adalah karena penggunaan kontrasepsi dibawah usia 20 tahun, yang dapat menyebabkan perkembangan dan pertumbuhan penyakit ini.

Cara Mengobati Fibroadenoma

Tumor jinak fibroadenoma sebetulnya tidak memerlukan pengobatan khusus. Namun, jika Anda merasa bahwa fibroadenoma Anda tidak dapat mengecil atau menghilang dengan sendirinya, atau mungkin adanya perubahan pada bentuk payudara Anda karena tumor lain, satu-satunya cara adalah dengan melakukan operasi.

Perlu Anda ketahui bahwa benjolan fibroadenoma bisa mengecil atau menghilang dengan sendirinya. Memang dengan melakukan operasi bisa mengubah bentuk dan tekstur payudara. Namun, sebelum itu baiknya Anda melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah terdapat perubahan ukuran payudara.

Ketika Anda memilih operasi sebagai jalan keluar dari masalah penyakit ini, Dokter akan mengangkat jaringan payudara memeriksanya di laboratorium untuk diperiksa apakah berpotensi kanker atau tidak. Jika sel payudara anda non-kanker, dokter akan mengangkat tumor. Metode yang digunakan menghilangkan tumor penyakit ini adalah dengan cryoablation.

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi penyakit ini :

  • Memeriksa payudara Anda secara teratur untuk memeriksa tanda-tanda pertumbuhan benjolan yang tidak biasa.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan olahraga teratur dan diet yang tepat.
  • Jalani pemeriksaan rutin dengan dokter Anda dan menjadwalkan mammogram secara teratur jika Anda memang teridentifikasi memiliki fibroadenoma.
  • Konsultasi dengan dokter untuk solusi benjolan pada payudara Anda.

Meskipun benjolan penyakit ini sudah diangkat, penyakit ini masih bisa dapat muncul kembali dikemudian hari. Oleh karena itu diperlukan pemeriksaan fisik dan tes biopsi untuk memastikan benjolan tersebut adalah fibroadenoma atau kanker.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top