Connect with us
flek hitam

Penyakit Umum

Flek Hitam

Flek Hitam

Penyakit.co.id – Flek hitam adalah produksi melanin pada area tertentu pada bagian kulit secara berlebihan. Nama lain dari flek hitam adalah ephelis merupakan istilah untuk kumpulan pigmen alami, atau melanin, yang berisi melanosome. Bintik-bintik merupakan tanda awal flek hitam yang dapat dengan mudah terlihat pada kulit wajah, walau umumnya juga dapat muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan dan bahu. Bintik-bintik tersebut cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada seseorang dengan warna kulit cerah. Flek hitam merupakan kondisi yang umum terjadi dan biasanya tidak membahayakan diri penderitanya.

Melanin sendiri adalah zat protein yang befungsi menentukan warna kulit seseorang. Melanin sendiri diproduksi oleh sel melanosit. yang berfungsi untuk menjaga kulit dari cahaya sinar matahari yang bisa dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan struktur kulit dan pembentukannya dirangsang oleh cahaya sinar ultraviolet.

Berikut beberapa jenis flek hitam dan penyebabnya yang biasa terjadi :

  1. Melasma, Bintik melasma diakibatkan oleh fluktuasi hormonal. Para wanita cenderung akan mengalami melasma ketika mereka mengalami fluktuasi hormonal seperti pada saat kehamilan ataupun pada masa saat menopause, selain itu penggunaan pil KB juga bisa menjadi penyebab bagi terjadinya melasma dan melasma juga bisa diakibatkan oleh disfungsi tiroid.
  2. Lentigo, Bintik ini dikarenakan disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet, 90% seseorang yang berusia di atas 60 tahun mengalami hal ini walau banyak juga ditemui pada usia yang lebih muda. Bintik-bintik yang muncul tidak beraturan dan tidak membentuk pola tertentu.
  3. Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi, Bintik ini muncul pada kulit yang mengalami trauma yang dapat disebabkan oleh luka bakar, psoriasis, dan jerawat

Untuk flek hitam yang biasanya terdapat pada wajah tidak berhubungan dengan kulit tipe kulit kering, berminyak dan. Flek hitam umumnya oleh banyak faktor seperti genetik, sinar uv, hormon dan konsumsi obat-obatan yang memicu terjadinya keadaan pigmentasi kulit.

Untuk penyebab bintik hitam atau flek hitam pada kulit, selain dari paparan sinar ultraviolet dapat juga diperburuk oleh stress, asap rokok, polusi maupun faktor usia. Walaupun bukan masalah medis yang serius namun tentu saja hal ini menjadi hal yang sangat menganggu penampilan anda.

Baca Juga : Folikulitis

Gejala Flek Hitam

Gejala Flek hitam biasanya ditandai kulit yang terlihat bercak-bercak berwarna kecokelatan. Bercak atau titik noda ini biasanya berbentuk lingkaran tidak sempurna namun dengan beragam ukuran dan warna.

Untuk mengurangi penyebaran gangguan ini bisa dengan mengurangi terkena paparan sinar matahari. Namun, jika terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat mengakibatkan inflamasi yang biasa disebut juga sunburn freckles.

Penyebab Flek Hitam

Flek hitam sebetulnya terjadinya karena naiknya produksi melanosome dalam melanin, Apabila jika setelah terpapar oleh sinar matahari. Melanin sendiri adalah sebuah pigmen yang menentukan warna pada kulit, rambut, mata dan beberapa bagian tertentu telinga manusia. Inilah mengapa bagian kulit yang memiliki banyak melanosome akan berwarna lebih coklat atau gelap jika dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga seperti bintik-bintik. Jika gangguan ini bertambah gelap setelah terpapar cahaya sinar matahari, sehingga penggunaan tabir surya sangat direkomendasikan.

masalah ini dapat sering terjadi pada orang-orang dengan kulit cerah dan memiliki rambut pirang. masalah ini juga bisa muncul pada orang-orang tua. Bintik-bintik ini dikenal dengan nama sun spot.

Polusi merupakan salah satu foktornya penyebab penyakit umum ini, terlebih jika Anda sering beraktifitas diluar ruangan yang memiliki tingkat polusi tinggi. gangguan ini terbentuk karena sel kita memproduksi antioksidan dan melepas melanin secara berlebihan untuk melawan kerusakan akibat bahan yang dapat mengiritasi kulit. Dengan maraknya pencemaran akibat polusi udara mengiritasi kulit setiap hari, tentu sel Anda harus mampu memperbaiki kerusakan.

Selain itu obat-obatan dapat memicu timbulnya pigmentasi atau flek di kulit. Usahakan untuk menghindari obat-obatan seperti difenilhidantoin, mesantoin, dan klorpromazine yang dapat memicu flek hitam. Termasuk pil KB yang memiliki efek samping berupa flek hitam pada kulit. Obat-obatan juga pil KB akan berpengaruh terhadap hormon yang bertanggung jawab atas hiperpigmentasi yang terlihat pada kulit.

Cara Mengobati Flek Hitam

Bagi sebagian orang yang khawatir akan masalah ini diwajahnya memiliki pilihan untuk menjalani terapi laser sebagai upaya menghilangkan bintik-bintik tersebut. Bisa juga dengan melakukan terapi laser, selain itu biasanya orang yang mempunyai flek hitam menyamarkan noda tersebut dengan penggunaan kosmetik.

Meskipun flek hitam merupakan bawaan genetik, namun orang yang tidak memiliki gen ini pun dapat memiliki bintik-bintik pada kulitnya, sehingga tidak ada batasan pada sebagian orang saja. Gunakan tabir surya untuk mengantisipasi masalah ini. Pada kulit orang yang berkulit cerah, tentu penggunaan tabir surya menjadi penting untuk menghindari radiasi UV yang berisiko memicu penyakit kanker kulit.

Untuk itu Anda dituntut untuk memperhatikan obat-obatan yang akan dikonsumsi dan usahakan untuk menjauhi kulit, terutama muka dari paparan langsung sinar ultraviolet atau matahari.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top