Connect with us
flu

Penyakit Umum

Flu

Flu

Penyakit.co.id – Flu atau yang lebih dikenal sebagai influenza, adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza selain itu penyakit ini dapat dengan mudah menular ke orang disekitarnya. Penyakit umum ini berhubungan dengan saluran pernapasan, dimana gejalanya dengan tingkatan ringan hingga berat. Penyakit flu sendiri merupakan penyakit menular umum yang disebabkan oleh virus. Anggapan orang tentang hal ini sering salah dianggap seperti pilek biasa, karena mempunyai gejala – gejala yang sama. Namun, virus yang menyebabkan terjadinya gangguan ini berbeda dari pilek, karena virus ini cenderung lebih serius. Bahkan jika masalah ini sudah pada tingkatan parah dapat membahayakan nyawa si penderita.

Flu sendiri cenderung memiliki masa inkubasi yang singkat dengan gejala yang lebih parah sehingga dapat menghambat aktifitas si penderita. Sedangkan untuk pilek biasanya muncul secara bertahap dengan gejala yang lebih ringan sehingga tidak terlalu berdampak kepada rutinitas penderita.

Penderita flu merasakan beberapa gejala di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, kehilangan nafsu makan, serta sakit tenggorokan. Jika tidak segera diobatin gejala penyakit ini akan bertambah parah selama 2-4 hari sebelum akhirnya dapat membaik dan sembuh

Pengobatan Flu akibat virus influenza

Sakit flu biasanya masuk ke dalam tubuh melalui membran di mulut, hidung atau mata. Ketika seorang penderita influenza, penyakit ini biasanya akan terbawa melalui jalur udara dan tentu saja sebagian orang dapat dengan mudah menghirup, terlebih untuk mereka yang berada di sekitar si pengidap. Penluaran virus begitu tinggi, terlebih jika berada di tempat yang sesak dan banyak orang.

Gejala Flu

Virus dari flu kebanyakan mempengaruhi tenggorokan, hidung serta paru-paru. Gejala flu akan mulai berkembang mulai dari satu hingga empat hari setelah  seseorang terinfeksi virus. Gejala terjadi dengan cepat, dan biasanya diawali dengan demam yang terus meningkat dengan rentang waktu yang begitu dekat.

Beberapa gejala penyakit influenza yang umum dialami penderita adalah:

  • Demam.
  • Menggigil.
  • Sakit kepala.
  • Pegal-pegal.
  • Batuk kering.
  • Kelelahan.
  • Sakit tenggorokan.
  • Bersin-bersin.
  • Hidung tersumbat.
  • Kehilangan nafsu makan.

Gejala flu sendiri dapat bertambah parah selama sekitar 2-4 hari tergantung tingkatan flu sebelum akhirnya si penderita dapat mulai membaik. Namun batuk kering yang disertai rasa lelah biasanya masih tersisa sehingga si penderita membutuhkan waktu sekitar 14-20 hari untuk dapat pulih sepenuhnya.

Biasanya diperlukan waktu sekitar 7 hari setelahnya sampai gejala hilang total. Untuk sebagian orang, batuk dan rasa bauk kering bisa bertahan sampai berminggu-minggu tergantung sistem kekebalan tubuh orang tersebut. Namun jika sesorang mempunyai masalah pada pernapasan seperti asma dan penyakit jangka panjang lainnya tentu terkena flu dapat memperburuk kondisi penderita.

Oleh karena itu penting untuk anda selalu waspada dan langsung memeriksakan diri ke dokter jika Gejala penyakit yang Anda alami sama sekali tidak kunjung berkurang, makin parah, atau justru tidak kunjung sembuh setelah tujuh hari.

Baca Juga : Cacar Air

Penyebab Flu

Penyebab utama dari masalah ini adalah virus influenza. Penyebaran virus sangat mudah yaitu melalui udara saat si penderita mengalami bersin, batuk, dengan begitu virus menempel melalui benda-benda yang terkena percikan bersin dan batuk dari si penderita, juga dapat melalui kontak langsung seperti saat bersalaman.

Virus influenza biasanya bisa tertular melalui beberapa cara sebagai berikut:

  • Melalui pernapasan, biasanya ditularkan melalui bersin atau batuk dari orang si penderita flu, sehingga seseorang lain tersebut terkena aerosol atau partikel halus yang bertebaran di udara.
  • Menyentuh bagian permukaan benda yang tercemar virus. Virus ini dapat berpindah atau diserap saat kita menyentuh mata, hidung, atau mulut.
  • Berhubungan langsung dengan cairan yang sudah tercemar oleh orang yang terinfeksi, seperti melalui sentuhan, penciuman, atau berbagi peralatan kantor.

Bagi sebagian orang penyakit ini lebih sering muncul dibandingkan penyakit yang lainnya. Ketika cuaca sedang dingin virus ini lebih mudah menular, karena suhunya merupakan kondisi ideal bagi virus influenza untuk dapat bertahan hidup. Flu juga lebih mudah menyebar ketika orang-orang sebagian besar berada di dalam ruangan yang dingin dan tertutup.

Cara Mengobati Flu

Karena flu disebabkan oleh virus influenza, maka Anda dapat mencegahnya dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, dan gaya hidup yang seimbang. Biasakan untuk sesering mungkin mencuci tangan secara teratur agar membantu mencegah penularan virus influenza. Hal ini juga membantu dengan menghindari hubungan yang tidak perlu dengan penderita masalah ini.

Untuk mengobati penyakit ini pada umumnya dokter memberikan dua jenis antivirus yang umumnya diberikan, yaitu

  1. oseltamivir
  2. zanamivir

Tujuan pemberian obat ini adalah untuk mengurangi gejala dari efek terkena flu, dan menurunkan risiko komplikasi serius, serta mengurangi durasi penyakit yang diderita pasien.

Penyakit flu juga dapat dicegah melalui vaksinasi, namun cara ini hanya dianjurkan bagi orang-orang yang sangat rentan terkena gangguan ini, seperti anak-anak, ibu hamil, penderita kanker, penderita penyakit kronis, dan penderita HIV.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top