Connect with us

Frozen Shoulder

Penyakit Umum

Frozen Shoulder

Frozen Shoulder

Penyakit.co.id – Frozen Shoulder (adhesive capsulitis) atau sakit bahu adalah suatu kelainan dimana terjadi inflamasi pada kapsul sendi bahu, sehingga sendi tersebut menjadi kaku dan nyeri. Kondisi ini menyebabkan terbatasnya pergerakan bahu hingga terkadang tidak dapat digerakkan sama sekali.

Frozen shoulder dapat terjadi setelah immobilisasi yang lama akibat trauma atau operasi pada sendi tersebut. Biasanya hanya satu bahu yang terkena, akan tetapi pada sepertiga kasus pergerakan yang terbatas dapat terjadi pada kedua bahu.

Gejala Frozen Shoulder

Gejala klinis dari frozen shoulder memiliki ciri khas yang terbagi dalam tiga fase yaitu, fase nyeri, kaku, dan perbaikan. Proses alamiah dari fase-fase ini biasanya berjalan selama 1 sampai 3 tahun. Kondisi ini biasanya  terjadi pada bahu  yang jarang digunakan atau tidak terlalu aktif dan rasa nyeri yang muncul cenderung memburuk terutama di malam hari.

  1. Fase pertama sering disebut juga dengan painful atau freezing stage, fase ini diawali dengan rasa nyeri pada bahu. Pasien akan mengeluhkan nyeri saat tidur dengan posisi miring. Sering kali pasien tidak meminta bantuan medis pada fase ini karena dianggap nyeri akan hilang dengan sendirinya. Fase ini dapat berlangsung selama 2 sampai 9 bulan.
  2. Fase kedua disebut dengan stiff atau frozen fase. Pada fase ini pergerakan bahu menjadi sangat terbatas dan pasien akan merasa sulit melakukan kegiatan sehari-hari seperti mengangkat lengan untuk mengambil sesuatu yang tinggi. Fase ini berlangsung selama 3 bulan sampai 1 tahun.
  3. Fase terakhir yaitu fase resolusi atau thawing fase. Fase ini, pasien mulai bisa menggerakkan kembali sendi bahu. Setelah 1 sampai 3 tahun kemampuan untuk melakukan aktivitas mulai membaik, namun pemulihan sempurna jarang terjadi.

Baca Juga : Demam Chikungunya : Pengertian, Gejala, Penyebab Dan Cara Pengobatan

Penyebab Frozen Shoulder

Frozen Shoulder secara pasti belum diketahui penyebabnya, namun merupakan respon autoimun terhadap rusaknya jaringan sel di sekitar bahu. Frozen shoulder bisa timbul secara perlahan-lahan tanpa adanya tanda atau riwayat trauma. Frozen shoulder juga dapat disebabkan oleh trauma langsung pada bahu. Dalam jangka waktu yang lama misalnya terjadi fraktur disekitar bahu yang pada fase penyembuhannya tidak diikuti dengan gerak aktif yang dilakukan secara teratur.

Proses inflamasi yang terjadi pada bahu juga menjadi penyebab frozen shoulder. Inflamasi yang terjadi pada sendi menyebabkan thrombin dan fibrinogen membentuk protein yang disebut fibrin. Protein tersebut menyebabkan penjendalan dalam darah dan membentuk suatu substansi yang melekat pada sendi. Perlekatan pada sekitar sendi inilah yang menyebabkan perlekatan satu sama lain. Kondisi ini kemudian menyebabkan terganggunya pergerakan bahu.

Frozen shoulder sering terjadi pada wanita dan pada orang yang pernah mengalami trauma atau operasi pada sendi bahu. Orang dengan diabetes, penyakit jantung, penyakit paru, hipertiroid, dan hipertriglisemi cenderung beresiko untuk mengalami penyakit ini.

Cara Mengobati Frozen Shoulder

Pengobatan frozen shoulder berfokus pada mengembalikan pergerakan sendi dan mengurangi rasa nyeri pada bahu. Biasanya diawali dengan pemberian obat-obatan yang bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri pada bahu. Selain itu, terapi atau latihan fisik juga dapat dilakukan untuk membantu proses pemulihan bahu serta menambah jangkauan gerakan. Pengobatan dengan cara menempelkan kain hangat atau dingin pada area bahu juga dapat dilakukan jika dirasa nyeri yang timbul tidak terlalu parah.

Pada beberapa kasus akan dilakukan TENS (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation) untuk mengurangi nyeri. TENS merupakan suatu cara penggunaan energi listrik guna merangsang sistem syaraf melalui permukaan kulit dan terbukti efektif untuk merangsang berbagai tipe nyeri. Pengurangan nyeri yang ditimbulkan oleh TENS dapat juga meningkatkan kekuatan otot karena menormalkan aktivitas motor neuron sehingga otot dapat berkontraksi secara maksimal.

Langkah selanjutnya bisa melibatkan satu atau serangkaian suntikan steroid (sampai enam) seperti Methylprednisolone. Pengobatan ini perlu dilakukan dalam beberapa bulan. Injeksi biasanya diberikan dengan bantuan radiologis, bisa dengan fluoroskopis, USG atau CT. Bantuan radiologis tersebut untuk memastikan jarum masuk dengan tepat pada sendi bahu. Kortison di injeksikan pada sendi untuk menekan inflamasi yang terjadi.

Kapsul bahu juga dapat diregangkan dengan saline normal, kadang hingga terjadi rupture pada kapsul untuk mengurangi nyeri dan hilangnya gerak karena kontraksi. Tindakan ini disebut hidrodilatasi.

Apabila terapi-terapi ini tidak berhasil seorang dokter dapat merekomendasikan manipulasi dari bahu di bawah anestesi umum untuk melepaskan perlengketan. Operasi dilakukan pada kasus yang cukup parah dan sudah lama terjadi. Biasanya operasi yang dilakukan berupa arthoskopi.

Pasien dengan frozen shoulder bisa sembuh, tetapi sebagian besar dari penderita frozen shoulder  kehilangan sebagian fungsi gerak sendi bahu. Namun alangkah baiknya untuk mencegah terjadinya nyeri bahu tersebut dengan mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan magnesium juga vitamin D.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top