Connect with us
gangguan tidur

Penyakit Umum

Gangguan Tidur

Gangguan Tidur

Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal itu terjadi karena ketidakmampuan untuk tidak bisa tertidur, juga sering terbangun ketika malam hari, atau sulit untuk kembali tidur setelah terbangun dari tidur. penyakit ini sendiri merupakan berbagai penyakit yang dapat mengganggu pola tidur seseorang, atau juga dikenal dengan nama somnipathy. Gangguan tidur sendiri memiliki berbagai jenis aspek, penyakit ini berjenis ringan sampai gangguan tidur yang parah. Gangguan tidur yang parah tentu dapat menganggu aspek jiwa, emosional, fisik, dan juga sosial daripada kehidupan seseorang tersebut.

Beberapa dampak yang diakibatkan oleh penyakit iniadalah:

  • Kelelahan.
  • Mudah marah.
  • Merasa lemas.
  • Sulit konsentrasi.

Penyakit iniumumnya adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk dapat tidur, atau tidak ada kemampuan tidur cukup lama sesuai dengan batas waktu wajar tidur yang dibutuhkan oleh tubuh, meski si penderita gangguan tidur memiliki kesempatan untuk melakukannya..

Untuk memastikan adanya tingkat keparahan pada gangguan tidur seseorang, biasanya ahli medis atau dokter dapat meminta si pasien untuk melakukan polysomnography. Polysomnography (PSG) sendiri merupakan sebuah tes standar medis untuk mencatat berbagai perubahan pada biofisiologi serta tubuh seseorang ketika pengidap sedang tertidur. Tes umumnya dilakukan ketika malam hari saat pengidap sedang tertidur. Di tes PSG tujuanya dapat mengawasi mata, otak, detak jantung, aktivitas otot, saat pengidap sedang tidur.

Ada dua kategori utama pada penyakit ini, yaitu :

  1. Pertama, Disomnia. Seseorang yang menderita penyakit ini biasanya akan mengalami kesulitan saat tidur atau tetap terjaga saat tertidur. Penyakit penyakit ini dalam kategori ini akan ditandai pada kesulitan memulai tidur, juga beberapa gangguan yang dapat mempengaruh, kualitas tidur serta jumlah waktu istirahat pengidap gangguan tidur. Insomnia juga narkolepsi adalah termasuk jenis disomnia yang paling umum dirasakan.
  2. Kedua, parasomnia. Penyakit ini meliputi mimpi, emosi, perilaku, juga pergerakan, yang diidentifikasi tidak normal ketika pengidap sedang tertidur. Kebanyakan penyakit gangguan tidur pada jenis parasomnia ini adalah gangguan seperti “rangsangan” yang terjadi di antara saat tidur. Berikut beberapa contoh jenis parasomnia yang paling umum, yaitu : berjalan saat tidur, bruxism dan sindrom kaki gelisah.

Gejala Gangguan Tidur

Pada umumnya dalam dunia medis penyakit ini dapat mengakibatkan berbagai gejala, bahkan termasuk gejala yang tidak terlalu terlihat. Berikut ini merupakan beberapa gejala dari pada gangguan tidur :

  • Sulit tidur.
  • Mengantuk saat siang hari.
  • Sering marah
  • Emosi yang tidak stabil
  • Mendengkur
  • Sulit berkonsentrasi
  • Sering terlihat mengantuk
  • Mimpi buruk

Jika Anda sering sekali mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya Anda segera berkonsultasikan ke ahli medis atau dokter.

Penyebab Gangguan Tidur

Penyebabnya ganguaan tidur sendiri tergantung bagaimana si pengidap mengatur gaya hidupnya, seperti tidak kenyamanan di tempat tidur, gangguan kesehatan fisik, gangguan psikologi.

Penyebab dari penyakit ini memiliki beberapa faktor yang nyatanya mempengaruhi pola tidur, yaitu sebagai berikut :

  • Rasa sakit serta gangguan pada bagian tubuh.
  • Depresi dan kegelisahan
  • Konsumsi obat terlarang juga alkohol
  • Gangguan kesehatan.

Selain hal diatas gangguan juga bisa disebabkan karena emosi si penderita penyakit ini, seperti kecemasan seseorang akan kehidupan sosialnya. Lalu beberapa Kepekaan terhadap cahaya, perubahan suhu, dan bunyi yang menyebabkan pada gangguan tidur si penderita.

Tidak terlepas dari hal itu orang yang bekerja pada saat malam hari lebih berisiko mengalami gangguan tidur karena perubahan pola jam tidur, yang disebabkan oleh pekerjaan mereka yang memaksa untuk tetap terjaga pada malam hari. Seseorang yang sudah berumur lanjut juga mempunyai potensi akan mengalami gangguan tidur.

Cara Mengobati Gangguan Tidur

Dalam kasus mengobati para penderita penyakit ini, para ahli medis atau dokter ahli di bidang gangguan pada tidur biasanya menyarankan beberapa jenis pengobatan serta penanganan pada penyakit ini, seperti obat-obatan, terapi dan operasi. Selain itu si ahli medis dapat menyarankan si penderita untuk berkomunikasi dengan psikiater. Pengubahan gaya hidup si penderita dapat dipakai sebagai sarana pengobatan juga penanganan penyakit ini si penderita.

Dalam mengobati penyakit ini, jika gangguan tidur didasari oleh kebiasaan atau perilaku pola hidup yang tidak sehat, maka para ahli medis atau dokter akan menyarankan penderita untuk dapat memperbaik dan menghilangkan kebiasaan buruk yang mengakibatkan gangguan pada tidur. Namun jika penyakit ini disebabkan oleh gangguan kesehatan lain seperti kecemasan, maka ahli medis atau dokter akan terlebih dahulu mencoba untuk mengatasi kondisi yang menyebabkan rasa cemas tersebut supaya tidak terulang kembali.

Langkah terakhir untuk mengobati penyakit ini adalah dengan mengonsumi obat tidur untuk jangka waktu yang sudah disesuaikan dengan kondisi si penderita. Karena bbat tidur adalah merupakan solusi yang bersifat hanya sementara saja.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

  • Ginekomastia Ginekomastia

    Penyakit Umum

    Ginekomastia

    By

    Penyakit.co.id – Ginekomastia adalah peningkatan ukuran payudara yang dimiliki oleh pria. Peningkatan payudara yang terjadi tidak...

To Top