Connect with us
Gastroschisis

Penyakit Anak

Gastroschisis

Gastroschisis

Penyakit.co.id – Gastroschisis merupakan cacat lahir pada bagian dinding perut, Pada kasusnya di mana usus bayi tergantung keluar dari tubuh tanpa lapisan daripada pelindung melalui lubang di dekat bagian pusar. Penyakit ini adalah cacat lahir yang terjadi pada rentang anak saat berada di dalam kandungan si ibu. Bagian perut si anak terbentuk di luar tubuh karena pembentukan dinding perut yang tidak lagi sempurna. Banyak kasus bayi dengan penyakit ini lahir secara prematur.

Selain daripada usus, organ lain seperti hati dan juga lambung juga bisa berada di cakupan luar tubuh. Lubang yang ada pada dinding perut yang menyebabkan bagian usus atau organ lainnya menjadi tergantung di luar tubuh umumnya berada di sebelah kanan bagian pusar. Ukuran lubang tersebut berbeda-beda pada setiap penderita penyakit ini.

Kondisi ini disebabkan karena gastroschisis yang serupa dengan omfalokel, namun, jika di omfalokel organ usus dan organ tubuh lainnya tergantung di bagian luar daripada tubuh terbungkus dengan bagian lain daripada membran yang tipis.

Penyakit ini terjadi saat kondisi bawaan lahir yang cukup langka. Penyakit ini merupakan kelainan langka yang dapat menyerang pria dan wanita dengan jumlah yang perbandingan yang sama. Estimasi perbandingan kelainan ini antara 1 pada 1.500 hingga 1 pada 13.000. Namun, pada kondisi ini menjadi lebih mungkin terjadi ketika wanita hamil di bawah usia 20 tahun. Jika Anda berencana untuk hamil sekarang ini, Anda dapat mempelajari untuk mengatasi kondisi tersebut dengan melakukan pre-test atau mendiskusikan dengan ahli medis atau dokter untuk informasi lebih lanjut sebelum masuk masa kehamilan.

Gejala Gastroschisis

Berikut adalah beberapa gejala dari penyakit ini, yaitu :

  • Usus terlihat melalui dinding perut dekat bagian tali pusar.
  • Munculnya benjolan di bagian perut.

Penyakit ini dapat dikenali dengan mudah dengan terlihat adanya lubang pada perut dan usus si bayi yang terletak di luar tubuh. Namun mungkin ada area usus yang berwarna gelap akibat daripada kontak dengan cairan ketuban yang ada dalam rahim. Namun, apabila usus rusak, anak akan kesulitan mencerna makanan yang masuk ke perut.

Jika anda mengalami kondisi diatas sesegera mungkin untuk mendiskusikanya dengan ahli medis atau dokter.

Penyebab Gastroschisis

Penyebab pasti penyakit ini pada bayi sampai sekarang belum diketahui penyebabny. Beberapa kasus bayi yang mengalami kondisi ini karena perubahan yang dapat terjadi pada gen atau kromosom si bayi.

Beberapa ahli medis menyimpulkan, penyakit ini disebabkan adanya gangguan pada pasokan darah di arteri untuk pembentukan pada dinding perut. Gangguan ini berlangsung ketika usia kehamilan sudah memasuki delapan minggu.

Kondisi ini dapat merupakan akibat dari perubahan hormon atau gen pada (kromosom) si bayi. Penyakit ini juga dapat disebabkan daripada kontak ibu dengan faktor lingkungan di sekitar, makanan atau minuman yang sedang dikonsumsi, serta obat-obatan. Penting untuk si ibu hamil dalam memeriksa kesehatan secara rutin selama masa kehamilan.

Namun, penyakit ini juga bisa terjadi akibat kombinasi beberapa faktor lain seperti dibawah ini, yaitu :

  • Makanan dan minuman yang dikonsumsi si ibu hamil.
  • Usia kehamilan. Janin pada ibu hamil yang masih remaja berisiko lebih besar terkena penyakit ini daripada ibu hamil yang berusia sudah lebih tua.
  • Obat-obatan yang dikonsumsi si ibu hamil.
  • Konsumsi minuman beralkohol dan juga merokok. Wanita yang sering mengonsumsi minuman beralkohol dan orang yang perokok berisiko lebih besar untuk memiliki janin yang terkena penyakit ini.
  • Pengaruh lingkungan di sekitar si ibu hamil.

Cara Mengobati Gastroschisis

Tindakan yang biasanya digunakan ahli medis atau dokter untuk menangani penyakit ini adalah dengan melakukan pembedahan darurat. Bayi yang tengah mengidap penyakit ini biasanya membutuhkan tindakan langsung yaitu pembedahan lebih dari sekali.

Prosedur umum yang dapat dilakukan saat operasi pembedahan penyakit ini adalah memasukkan kembali organ yang berada di luar bagian perut, kemudian melengkapi atau memasang kain pembalut yang dapat menekan bagian perut dan menahan usus agar tetap di dalam rongga perut, sampai luka dapat sembuh sendiri.

Temperatur tubuh si bayi penderita penyakit ini juga harus dikontrol dengan cara hati-hati, sebab organ tubuh yang berada di luar membuat panas disekujur tubuh keluar. Usai penindakan pembedahan, bayi penderita penyakit ini memerlukan perawatan lain, yaitu :

  • Pemberian obat antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi.
  • Pemberian nutrisi melalui infus.
  • Jika penyakit ini diketahui sebelum lahir, maka si ibu hamil harus dipantau secara terus menerus agar janin yang mengidap penyakit ini dapat lahir dengan sehat. Ahli medis atau dokter akan segera mungkin merencanakan proses persalinan yang aman dan menyiapkan jenis penanganan penyakit ini yang akan dilakukan ketika bayi lahir.

Berikut beberapa komplikasi yang dapat terjadi pada bayi penderita penyakit ini, yaitu :

  • Gangguan pada pernapasan. Pemasukan organ-organ kembali ke dalam bagian rongga perut yang kurang tepat, dapat membuat bayi kesulitan untuk mengembangkan sistem paru-paru, sehingga bayi kesulitan dalam bernapas.
  • Matinya usus, hal ini dapat terjadi ketika jaringan bagian usus kekurangan aliran darah atau sedang mengalami infeksi.
Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Anak

  • Penyakit Anak

    Hipospadia

    By

    Penyakit.co.id – Kenalkan anda dengan istilah medis tentang hipospadia. Ini merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada...

  • Penyakit Anak

    Impetigo

    By

    Penyakit.co.id – Menjaga kebersihan memang sangat perlu demi tetap sehatnya badan kita. Banyak sekali penyakit yang...

  • Penyebab gigantisme Penyebab gigantisme

    Penyakit Anak

    Gigantisme

    By

    Penyakit.co.id – Gigantisme merupakan suatu penyakit karena produksi hormon yang berlebihan, sehingga pertumbuhan pada anak-anak berdampak kepada...

  • Penyakit Anak

    Bronkiolitis

    By

    Penyakit.co.id – Bronkiolitis merupakan penyakit yang terjadi di dalam paru-paru, tepatnya di dalam saluran pernapasan kecil...

  • Penyakit Anak

    Batuk Rejan

    By

    Penyakit.co.id – Berbicara tentang sakit batuk, bisa dibilang sakit batuk merupakan sakit yang sangat umum menyerangi...

  • Penyakit Anak

    Croup

    By

    Penyakit.co.id – Croup merupakan salah satu jenis infeksi  pada saluran pernapasan. Croup umum diderita oleh anak-anak yang...

  • Penyakit Anak

    Alergi Susu

    By

    Penyakit.co.id – Susu merupakan minuman penambah gizi yang banyak dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat...

  • Masalah Gangguan Saraf Atau Autisme Pada Anak Masalah Gangguan Saraf Atau Autisme Pada Anak

    Penyakit Anak

    Autisme

    By

    Penyakit.co.id – Autisme adalah penyakit kelainan yang terjadinya disebabkan adanya gangguan perkembangan saraf pada anak. Pada...

  • Penyakit Anak

    Ascariasis

    By

    Penyakit.co.id – Ascariasis merupakan jenis penyakit yang penularannya dikarenakan cacing yang masuk ke dalam tubuh manusia....

  • Penyakit Anak

    Anemia Defisiensi Besi

    By

    Penyakit.co.id – Anemia defisiensi besi merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan zat besi dan hal inilah...

To Top