Connect with us
Ginekomastia

Penyakit Umum

Ginekomastia

Ginekomastia

Penyakit.co.id – Ginekomastia adalah peningkatan ukuran payudara yang dimiliki oleh pria. Peningkatan payudara yang terjadi tidak bersifat kanker dan sebagian besar merupakan kondisi yang dapat membaik dengan sendirinya, sehingga tidak perlu dilakukanya operasi. Ginekomastia sendiri dapat terjadi ketia bayi pria baru lahir, saat masa pubertas, dan lansia, serta dapat terjadi pada satu maupun kedua payudara.

Pertumbuhan payudara yang abnormal ini adalah akibat kelainan hormon estrogen dan testosteron yang menyebabkan pertumbuhan jaringan payudara secara berlebihan. Dalam dunia medis ginekomastia bukan sebuah penyakit melainkan masalah estetika.

Gejala Ginekomastia

Gejala ginekomastia yaitu terjadinya pembesaran payudara dan payudara terasa terlalu lebih lunak dari biasanya. Untuk rasa sakit bisa terjadi pada satu atau kedua payudara dan keluarnya cairan dari satu atau kedua puting. Pembesaran mungkin seragam tetapi lebih sering daripada tidak merata dan tidak proporsional.

Beirkut beberapa gejala ginekomastia, yaitu :

  • Payudara menjadi lebih besar tidak seperti biasanya.
  • Rasa sakit pada payudara
  • Jaringan yang mengeras dan meradang di sekitar puting.
  • Pembesaran mungkin seragam tetapi lebih sering daripada tidak merata dan tidak proporsional.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang gejala diatas, maupun gejala lainnya sekitar daerah payudara Anda, ada baiknya untuk langsung konsultasikan pada dokter.

Penyebab Ginekomastia

Ginekomastia pada umumnya disebabkan karena ketidakseimbangan antara jumlah hormon estrogen dan testosteron yang diproduksi oleh tubuh. Sehingga ketidakseimbangan tersebut diakibatkan oleh beberapa kondisi yang berisiko menghalangi produksi hormon testosteron atau justru memicu produksi hormon estrogen secara berlebih. Kondisi ini dapat muncul baik di bayi laki-laki yang baru lahir maupun pada lelaki lanjut usia. Beberapa kondisi yang menjadi pemicu terjadinya ginekomastia adalah karena perubahan hormon alami dan juga perubahan hormon yang diakibatkan karena obat-obatan dan akibat pengobatan pada suatu penyakit.

Selain itu kondisi kesehatan lain dari si pengidap juga dapat mengganggu kadar hormon normal sehingga dapat menyebabkan ginekomastia, gangguan organ hati : gagal ginjal, serta berbagai tumor, Penyakit hipogonadisme, penyakit hipertiroidisme, penuaan, malanutrisi, dan kelaparan juga bisa menjadi penyebab ginekomastia.

Tidak terlepas dari hal tersebut beberapa obat ini dapat memicum terjadinya ginekomastia , yaitu : Obat anticemas, antidepresan, steroid, pengobatan penyakit jantung, pengobatan HIV, kemoterapi dan konsumsi minuman beralkohol.

Beberapa kondisi genetika yang mengakibatkan dalam pengembangan testis pada anak laki-laki seperti sindrom Klinefelter’s yang juga menyebabkan kurangnya testosteron menuju dari pada penyakit ini.

Saat pubertas pada anak laki-laki mereka mempunyai presentase terkena penyakit ini sebesar 60%, Sedangkan untuk anak-anak presentasinya yaitu sebesar 70%.

Bayi yang baru lahir anak laki-laki juga dapat mengembangkan payudara engorgement atau pembesaran, Ini disebut dengan galactorrhea. Hal ini terjadi saat seminggu atau dua minggu setelah kelahira. Hal tersebut terjadi karena pengaruh hormon-hormon ibu pada bayi laki-laki ketika dia masih dalam rahim.

Dalam beberapa kasus tidak semua pembengkakan pada payudara pria dikatikan dengan penyakit ini, hal itu mungkin saja terjadi namun bukan dampak dari penyakit ini.

Cara Mengobati Ginekomastia

Pengobatan penyakit ini sebetulnya memerlukan penanganan khusus dari para ahli medis, karena beberapa penyebab terjadinya penyakit ini tentu harus dipastikan terlebih dahulu. Seperti pada kasus ginekomastia yang muncul akibat penyakit sirosis, malanutrisi, dan hipogonadisme. Pengobatan hampir serupa dengan pengobatan pada penyakit lain, seperti pengidap kanker.

Kadang-kadang beberapa individu dapat memilih terapi untuk mengurangi atau mengobati penyakit ini. Ini termasuk terapi hormon yang memblokir hormon wanita atau operasi pengurangan payudara kosmetik.

Pengobatan yang umum diambil para penderita penyakit ini untuk menghilangkan pembesaran payudara tersebut adalah dengan mengikuti prosedur liposuction dan mastektomi. Liposuction sendiri berfungsi mengangkat lemak yang terdapat pada jaringan payudara pria, lalu mastektomi adalah prosedur yang dapat dilakukan untuk mengangkat kelenjar pada jaringan payudara yang terjangkit melalui beberapa prosedur endoskopi. Dokter Anda akan merekomendasikan perawatan yang dianggap sesuai dan nyaman dengan kondisi pasien sebelum memulai langkah pengobatan atau kelompok konseling.

Kondisi penyakit ini umumnya disebabkan oleh perubahan pada hormon alami yang biasanya dapat membaik dan berfungsi normal seiring berjalannya waktu. Dokter kemudian akan merekomendasikan perawatan yang sesuai bagi kondisi yang ternyata tidak membaik atau untuk menghindari trauma pada psikologis pengidap, karena akibatanya dapat pengaruh pada penampilan fisik pasien.

Dibawah ini beberapa langkah perawatan yang dapat pengidap lakukan, untuk menangani penyakit ini, yaitu :

  • Dingkan dengan es.
  • Stop konsumsi pil tambahan untuk olahraga.
  • Jangan mengonsumsi stimulan.

Untuk masalah kelainan pada hormon, beberapa obat tertentu dapat membantu menyeimbangkan dan menormalkan jaringan payudara si pengidap. Namun, jika masalah masih tetap melekat, ahlmi medis atau dokter akan menyarankan untuk memotong jarangan berlebih tersebut.

Ginekomastia sendiri dapat dicegah dengan memulai dan menjalani pola hidup sehat yang akan berpengaruh kepada keseimbangan hormon pengidap. Oleh karena itu penting untuk menghindari beberapa faktor risiko, seperti tidak menggunakan zat atau obat terlarang, konsumsi minuman beralkohol berlebih dapat membantu mengurangi risiko ginekomastia. Oleh karena itu sebisa mungkin pengidap menjaga pola hidup agar kesehatan tetap terjaga.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top