Connect with us
Gondongan

Penyakit Umum

Gondongan

Gondongan

Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh karena infeksi dari virus. Letak kelenjar ini di bawah telinga, samping wajah. Oleh sebab itu orang yang menderita gondongan, bagian sisi wajahnya akan terlihat lebih membesar.

Penyakit Gondong atau dalam dunia medis kedokteran dikenal dengan nama parotitis atau Mumps merupakan suatu penyakit yang menular seperti dijelaskan diatas, dimana jika seseorang terinfeksi oleh virus Paramyxovirus menyerang kelenjar ludah dapat mengakibatkan pembengkakan pada bagian leher atau juga pipi bagian bawah.

Penyakit ini sendiri merupakan penyakit yang dapat menular dan pada umumnya diderita oleh anak-anak kecil. Penyakit ini diakibatkan oleh salah satu virus dari kelompok paramyxovirus yang menyebar serupa dengan virus flu, contohnya apabila Anda menghirup udara yang terkontaminasi virus gondongan di suatu tempat, yang disitu terdapat penderita penyakit gondongan yang sedang bersin.

Penyebaran pada virus gondongan juga terjadi secara tidak langsung atau melalui media perantara lainnya, contoh ketika Anda menggunakan gelas atau juga handuk yang ternyata dipakai juga oleh penderita penyakit gondongan. Contoh pada lainnya adalah ketika penderita gondongan saat menyentuh mulut atau hidung, lalu setelah itu tangan penderita yang sudah terkontaminasi virus memegang gagang pada pintu.

Orang yang beresiko besar untuk menderita penyakit ini adalah seseorang yang sering menggunakan ataupun mengonsumsi obat-obatan jenis. Kasus kematian karena penyakit gondong memang jarang dilaporkan. Namun sebagian besar kasus yang berakibat fatal justru terjadi pada umur di atas 19 tahun.

Gondongan

Gejala Gondongan

Setelah virus gondongan mengakami masa inkubasi, maka gejala dapat terlihat. Selain daripada pembengkakan kelenjar parotid yang dapat menyebabkan sisi wajah si penderita tampak membesar, penyakit ini juga bisa mengakibatkan gejala-gejala lainnya, yaitu :

  • Sakit pada kepala.
  • Nyeri sendi.
  • Mulut kering.
  • Demam yang tinggi.
  • Hilangnya nafsu makan.
  • Nyeri pada perut.
  • Lelah.

Gejala-gejala diatas sering kali terasa sebelum terjadi pembengkakan pada kelenjar parotid terjadi dan saat ketika sudah terjadi pembengkakan itu sendiri, biasanya si penderita akan kesulitan menelan dan merasakan nyeri pada sisi bagian wajah.

Penyebab Gondongan

Penyakit ini memiliki penyebaran virus yang dapat ditularkan melalui kontak secara langsung seperti percikan ludah dan juga muntah. Virus ini dapat ditemukan dalam urin seseorang dari hari pertama sampai dengan hari keempat belas setelah terjadi pembesaran kelenjar di wajah.

Penyakit gondongan umumnya sangat jarang ditemukan pada seorang anak yang berumur kurang dari 2 tahun, hal tersebut terjadi karena umumnya mereka masih mempunyai atau dilindungi oleh anti bodi yang bekerja baik. Seseorang yang pernah menderita daripada penyakit gondongan, maka ia akan mempunyai kekebalan seumur hidup.

Sebaiknya untuk para Anda penderita baiknya untuk tidak melakukan aktifitas apapun selama 9 hari terkena penyakit gondongan, karena ditakutkan akan menjadi sumber penularan ke orang lain dan penyebaran penyakit kepada anak-anak.

Cara Mengobati Gondongan

Untuk mengobati penyakit ini, sampai sekarang belum ada obat yang dapat mengatasi penyakit gondongan. Kesembuhan didapat sendiri setelah sistem kekebalan tubuh Anda berhasil melawan infeksi virus tersebut. Sementara daripada sistem kekebalan tubuh akan melakukan pemulihan, Anda juga harus melakukan langkah-langkah perawatan untuk meringankan gejala daripada penyakit gondongan.

Lakukan pengompresan pada bagian yang mengalami bengkak dan terasa sakit dengan air yang hangat. Lalu untuk para penderita sangat dianjurkan untuk istirahat dan banyak minum air putih setiap harinya. Jangan sering mengonsumsi minuman yang dapat mengiritasi kelenjar parotid itu sendiri, seperti jus, dan juga konsumsi makanan yang lunak agar terhindar dari rasa sakit akibat daripada mengunyah.

Selain itu minumlah obat pereda rasa sakit, yang sudah diresepkan oleh ahli medis atau dokter sesuai dengan dosis yang sudah dianjurkan. Penyakit ini sendiri umumnya dapat sembuh dalam kurun waktu 1-2 minggu. Namun apabila setelah jangka waktu tersebut gejala penyakit ini tidak memperlihatkan daripada anda-tanda akan membaik atau bahkan tiba-tiba ternyata menjadi buruk, segera temui ahli medis atau dokter.

Penyakit ini sendiri dapat dicegah dengan memberikan imunisasi jenis MMR pada anak. Pemberian vaksin ini dilakukan ketika anak sudah berusia 12-18 bulan dan terus diulang sekali lagi saat anak tersebut berusia 6 tahun.

Namun jika Anda atau mungkin anak Anda sudah terlanjur terdiagnosis penyakit gondongan, maka jangan dahulu untuk beraktifitas dulu di luar rumah untuk beberapa waktu sampai sembuh. Karena penyakit ini mudah sekali menular ke pada orang lain disekitar Anda, terutama beberapa hari sebelum kelenjar parotid menjadi bengkak hingga saat beberapa hari setelahnya.

Jika si penderita hendak bersin maupun batuk, hendaknya menggunakan tisu untuk menutup mulut dan juga hidung, lalu buang tisu tersebut ke tempat sampah, setelah itu lakukan cuci tangan sampai dengan bersih. Dengan Anda mencuci tangan, maka virus tersebut tidak akan menempel pada benda yang berpotensi tersentuh oleh orang lain yang kondisinya masih sehat.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

  • Ginekomastia Ginekomastia

    Penyakit Umum

    Ginekomastia

    By

    Penyakit.co.id – Ginekomastia adalah peningkatan ukuran payudara yang dimiliki oleh pria. Peningkatan payudara yang terjadi tidak...

To Top