Connect with us
Gonore

Penyakit Kronis

Gonore

Gonore

Penyakit.co.id – Gonore adalah salah satu penyakit menular akibat berhubungan badan yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. masalah ini biasa dikenal umum dengan nama kencing nanah. Semua genre dapat terjangkit masalah ini. Bakteri gonococcus biasanya ditemukan di cairan penis dan vagina dari orang yang terinfeksi.

Ciri dari penyakit gonore umumnya yaitu mengeluarkan cairan nanah dari pada saluran urin. khusus wanita umumnya akan menyebabkan rasa nyeri pada bagian panggul dan gangguan pada reproduksi. Untuk bakteri penyakit yang berasal dari gonore bisa menyerang bagian dubur, uretra, serviks, , mata, dan tenggorokan.

Penyebaran penyakit gonore adalah melalui hubungan badan, seperti tidak adanya penggunaan kondom saaat berhubungan badan. Namun bayi yang baru lahir juga bisa terinfeksi jika ibunya mengidap penyakit gonore dan umumnya menjangkiti mata si bayi.

Penyebab dan Gejala Umum Gonore atau Kencing Nanah

Bakteri gonore sendiri tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk jangka waktu yang lama. Bakteri terus bernama Neisseria gonorhoeae. bakteri ini menyerang lapisan dalam saluran kandung kemih, uretra, rectum, bagian Serviks atau leher rahim, tenggorokan, dan bagian mata. Gonorse dapat juga menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran pada darah seperti menyebar di bagian dari pada kulit luar dan beberapa persendian.

Gonore sering muncul di perkotaan ataupun di daerah yang tingkat pendidikan serta status ekonominya rendah. Penjelasan lebih lanjut mengenai penyakit ini akan kita bahas setelah ini. Adapun infeksi ini banyak sekali menyerang pada orang yang berusia muda, belum menikah. Umumnya menyerang pria maupun wanita.

Jika bayi yang terkena gonore ditandai dengan adanya pembengkakan pada bagian kelopak mataa bayi serta mengeluarkan nanah. Kondisi dapat diperparah jika tidak segera di tangani dan diobati oleh tim  medis karena bisa menyebabkan gangguan penglihatan pada mata si bayi.

Gejala Gonore

Untuk para pria gejala penyakit kronis ini lebih mudah dikenali dibandingkan pada wanita karena gejala awal pada wanita tidak begitu jelas. wanita yang terinfeksi tidak mengalami gejala sehingga banyak penderita penyakit ini menularkannya kepada pasangan mereka tanpa disadari. Infeksi akan menjalar ke organ panggul wanita jika tidak segera diobati dan bisa menyebabkan pendarahan pada vagina, sakit pada perut bagian bawah, demam, dan sakit saat melakukan hubungan seksual. Tanda dan gejala gonore pada pria sangat mudah di ketahui yaitu terasa nyeri pada saat berkemih, selain itu  akan keluar cairan putih dari bagian saluran kencing seperti keluarnya nanah. Jika ada tanda-tanda yang disebutkan diatas memungkinkan bahwa Anda sudah terinfeksi penyakit ini.

Baik pada pria maupun pada wanita Gejala gonore dapat sering muncul, di yaitu ketika buang air kecil akan mengalami sakit atau dibarengi dengan rasa perih serta keluarnya cairan kental berwarna kuning dari bagian dalam vagina wanita atau penis pria. Oleh sebab itu, penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan kencing nanah.

Infeksi dari penyakit gonore dalam beberapa kasus tidak menimbulkan gejala apapun, namun apabila gejalanya sudah muncul, infeksi penyakit ini dapat berdampak pada berbagai organ tubuh selain sistem daripada reproduksi itu sendiri. Periode inkubasi hingga pada saat muncul gejalanya sekitar seminggu, namun akan tetapi hal ini tidak lagi sama untuk tiap pengidap, dan beberapa waktu tidak muncul hingga 1 bulan.

Selain itu ada juga gejala pada pria yang jarang terjadi, seperti rasa sakit pada testis, serta radang atau pembengkakan pada kulup.

Baca Juga : Chlamydia

Penyebab Gonore

Penyebab dari penyakit Gonore adalah Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus, dan merupakan diplococcus gram yang negatif. Adapun kuman ini terutama sekali menginfeksi selaput lendir pada manusia. kencing nanah bisa menular jika seseorang melakukan suatu hubungan badan dengan orang yang telah mengalami infeksi tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Bagi laki-laki yang menderitai infeksi pada saluran kencing, maka gejala-gejalanya umumnya muncul dalam waktu sekitar seminggu sesudah terinfeksi, dan gejala tersebut dapat muncul sesudah beberapa bulan kemudian.

Cara Mengobati Gonore

Dalam mengobati penyakit ini para tim medis terutama dokter umunya memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik untuk mengobati penyakit kencing nanah, setelah itu Anda dianjurkan untuk pemeriksaan ulang dan memastikan bakteri penyakit ini telah hilang sepenuhnya atau belum. Penyakit ini bisa disembuhkan dan termasuk mudah dalam penanganan nya asalkan mendapat perawatan yang cepat, tepat dan tidak terlambat. Gejala akibat bakteri gonore akan membaik setelah beberapa hari jika dilakukan pengobatan yang efektif dan sesegera mungkin. Tapi jika dibiarkan, bisa menjadi masalah yang serius.

Langkah terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan, tidak melakukan hubungan seksual di luar nikah, dan gunakan kondom jika melakukan hubungan badan.

Biasanya gejala gonore akan mereda beberapa hari setelah pengobatan, tapi untuk rasa sakit di testis atau tulang panggul bisa memerlukan waktu dua pekan untuk hilang sepenuhnya, sama halnya dengan pendarahan secara berlebihan saat terjadi menstruasi akan membaik secara sendirinya pada siklus menstruasi selanjutnya.

Dalam mencegah penularan penyakit ini pada orang banyak atau terkena infeksi kembali, Anda dan pasangan tidak boleh melakukan berhubungan badan untuk sementara waktu hingga sampai perawatan benar-benar tuntas terselesaikan.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Kronis

  • Penyakit Kronis

    Infeksi Ginjal

    By

    Penyakit.co.id – Infeksi ginjal atau dalam bahasa medis disebut pielonefritis merupakan penyakit yang menyerang salah satu...

  • Penyakit Kronis

    HIV dan AIDS

    By

    Penyakit.co.id – HIV dan AIDS merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. HIV (Human Immunodeficiency...

  • Penanganan Masalah Penyakit gastritis Penanganan Masalah Penyakit gastritis

    Penyakit Kronis

    Gastritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastritis adalah suatu penyakit yang berpusat pada peradangan dinding lambung di dalam tubuh. Ini bukanlah...

  • flu singapore flu singapore

    Penyakit Kronis

    Flu Singapura

    By

    Penyakit.co.id – Flu singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyebabkan luka seperti sariawan dan...

  • Cara Pengobatan Gagal Ginjal Akut Cara Pengobatan Gagal Ginjal Akut

    Penyakit Kronis

    Gagal Ginjal Akut

    By

    Penyakit.co.id – Sebelum membahas Gagal ginjal akut (GGA) terlebih dahulu anda harus memahami fungsi ginjal. Ginjal...

  • Penanganan Gagal Ginjal Kronis Penanganan Gagal Ginjal Kronis

    Penyakit Kronis

    Gagal Ginjal Kronis

    By

    Penyakit.co.id – Gagal Ginjal Kronis (GGK) adalah suatu sindrom klinis yang disebabkan oleh menurunnya kemampuan ginjal untuk...

  • Penanganan Dini Serangan Jantung Penanganan Dini Serangan Jantung

    Penyakit Kronis

    Gagal Jantung

    By

    Penyakit.co.id – Gagal jantung adalah suatu kondisi dimana dalam fungsinya jantung tidak dapat memompa darah dengan maksimal....

  • Penyakit Kronis

    Herpes Genital

    By

    Penyakit.co.id – Herpes genital atau herpes simplex merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV)....

  • gangrene gangrene

    Penyakit Kronis

    Gangrene

    By

    Penyakit.co.id –  gangrene adalah kondisi dimana jaringan tubuh mati. Kondisi seperti ini pada umumnya berawal dari...

  • Gejala Penderita Hernia Inguinalis Gejala Penderita Hernia Inguinalis

    Penyakit Kronis

    Hernia Inguinalis

    By

    Penyakit.co.id – Hernia inguinalis merupakan penyakit yang paling umum terjadi dimana keluarnya sebagian usus melaui celah lubang...

To Top