Connect with us
Hematoma

Penyakit Umum

Hematoma

Hematoma

Penyakit.co.id – Hematoma adalah sebuah kumpulan darah yang di identifikasi tidak normal di luar pembuluh darah. Kumpulan darah yang tidak normal ini bisa berukuran setitik kecil, namun bisa juga berukuran besar dan menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh. Hematoma sendiri merupakan penyakit yang dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja. Darah yang keluar dari pembuluh darah bisa menyebabkan rasa nyeri pada jaringan sekitarnya dan muncul gejala peradangan atau inflamasi.

Gumpalan darah yang tidak normal tersebut sebagai akibat cidera atau robeknya pembuluh darah ketika wanita sedang hamil tanpa cidera mutlak pada lapisan jaringan luar. Penyebab terutama karena gerakan kepala janin selama persalinan, hal tersebut akibat dari pertolongan persalinan.

Dalam sistem jaringan pada tubuh manusia, dinding pembuluh darah memiliki kemampuan untuk terus memperbaiki diri bila ada suatu bagian yang rusak. Namun jika pembuluh darah terkena tekanan hebat, serta terjadinya kerusakan pada bagian dinding pembuluh darah, oleh karena itu darah akan terus selalu mengalami kebocoran saat melalui dinding pembuluh yang terkena hematoma yang rusak. Selain itu darah keluar terus menerus akan mengakibatkan hematoma semakin membesar.

Hematoma bisa juga terjadi karena trauma tekanan atau berhubungan dengan perbaikan robekan perineum atau episiotomi. Contoh pada ibu yang baru saja melahirkan mengeluh rasa sakit dan hal ini sangat memungkinkan mengalami syok derajat tertentu yang tidak berhubungan dengan besarnya hematoma. Di perlukan transfusi darah untuk mengatasi syok dan perdarahan yang lebih hebat. Hematoma tersebut akan memerlukan drainase dan penjahitan kembali yang biasanya di lakukan dengan anestesi umum. Kecuali bila hematoma tersebut kecil dan hany menunjukkan gejala-gejala yang ringan.

Hemangioma

Gejala Hematoma

Gejala yang ditimbulkan penyakit ini tergantung dari lokasi munculnya dan ukurannya. Penyakit ini juga menyebabkan iritasi dan peradangan. Akibat hematomas adalah menyebabkan timbulnya iritasi dan peradangan, peradangan yang berhubungan menyebabkan struktur-struktur yang berdekatannya terpengaruh.

Beberapa gejala umum peradangan atau inflamasi akibat penyakit ini adalah:

  • Bagian munculnya hematoma akan sakit saat disentuh
  • Warna kemerahan pada bagian tubuh yang muncul hematoma.

Umumnya penyakit ini timbul dari kulit, jaringan lembut, dan otot cenderung hilang dengan seiringnya waktu. Tekstur awal yang keras dari gumpalan darah berangsur-angsur menjadi lebih lembut karena gumpalan yang terurai oleh tubuh bentuknya berubah ketika cairan mengalir hilang dan hematoma merata.

Penyebab Hematoma

Penyebab umum dari penyakit hematoma adalah trauma atau cedera. Trauma atau cedera yang terjadi bisa disebabkan karena kecelakaan, cedera kepala, terjatuh dan patah tulang. Ketika pembuluh darah rusak darah rusak dan bocor kedalam jaringan yang mengelilinginya, darah ini cenderung menggumpal. Lebih besar jumlah pendarahan yang terjadi, lebih besar jumlah pembentukan gumpalan.

Beberapa hal yang meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini adalah:

  • Cedera karena keretakan tulang.
  • Benjolan atau pelebaran tidak normal pada pembuluh darah.
  • Keretakan tulang panggul.
  • Darah menstruasi bisa berkumpul di vagina dan bisa membentuk gumpalan darah bukannya mengalir keluar.
  • Obat antikoagulan atau pengencer darah bisa meningkatkan potensi perdarahan mendadak atau memperparah hematoma.
  • Penyakit tertentu yang menyebabkan turunnya jumlah trombosit atau menghilangkan fungsi trombosit.
  • Kehamilan dan melahirkan. Gumpalan darah atau perdarahan dari vagina tidak normal saat kehamilan, sehingga penderita harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Tidak lepas dari penyebab diatas pembuluh-pembuluh darah yang mudah pecah (rentan) mungkin berkontribusi pada pembentukan hematoma. Contohnya, aneurysm atau kelemahan pada dinding pembuluh darah mungkin bocor secara spontan.

Orang yang mengonsumsi obat semacam warfarin (Coumadin), aspirin, clopidogrel (Plavix) dan prasugrel (Effient). Obat ini berfungsi dalam meningkatkan potensi pendarahan dengan langsung dan tujuanya adalah agar penyakit ini dapat meluas karena tubuh manusia tidak dapat secara langsung memperbaiki pembuluh darah juga darah terus menerus bocor melalui area-area yang sudah rusak.

Cara Mengobati Hematoma

Pengobatan penderita penyakit ini yang muncul pada kulit dan jaringan lunak seringkali dengan mengompres menggunakan es batu, pembalutan atau penekanan untuk menghentikan perdarahan, dan elevasi.

Para ahli medis seperti dokter menyarankan untuk mengikuti terapi panas sebagai penanganan penyakit ini selama tiga hari setelah pendarahan dapat diatasi. Selain itu untuk penderita yang merasakan sakit yang luar biasa pada bagian tubuh yang terkena penyakit ini dapat mengonsumi obat pereda sakit.

Jenis penanganan penyakit ini dipilih berdasarkan pada situasi si pengidap. Lalu untuk perawatan penyakit ini pada bagian organ lain dalam tubuh pengidap adalah tergantung pada jenis organ dan kondisi pengidap.

Penyakit ini kebanyakan dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan. Dua penyebab tersebut dapat menyebabkan beberapa gejala komplikasi yaitu:

Untuk menangani hematoa, penderita juga disarankan untuk meminum obat-obat anti-coagulation, Untuk pasien-pasien yang meminum warfarinpenting untuk memastikan bahwa dosisnya tepat dan darahnya tidak diencerkan secara berlebihan.

Oleh karena itu para penderita diusahakn untuk terus menjaga kondisi tubuh agar tidak terlalu sering melakukan aktifitas berat, karena ditakutkan akan kembali memunculkan hematoma yang berkelanjutan.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top