Connect with us
Hematuria

Penyakit Umum

Hematuria

Hematuria

Penyakit.co.id – Hematuria adalah penyakit yang dikenali dari adanya darah di dalam urin. Pada kasus ini urin akan berubah warna menjadi kemerahan serta sedikit berwarna kecokelatan. Penyakit ini dibedakan menjadi gross hematuria yang hanya dapat dideteksi melalui mikroskop atau dengan melakukan uji urin. Meskipun gross hematuria dapat dideteksi dengan mudah dengan melakukan uji urin, namun penderita penyakit ini jenis mikroskopis umumnya tidak dapat menyadari adanya hematuria tersebut sampai pada penyakit ini dideteksi pada pemeriksaan kesehatan secara rutin atau melakukan pemeriksaan untuk keluhan kesehatan lainnya.

Penyakit ini umumnya terjadi sebagai gejala dari penyakit lainnya atau komplikasi. Jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan warna urin Anda, segera periksa di laboratorium. Untuk memeriksa penyebab dari penyakit ini, maka saluran kemih penderita akan diperiksa secara menyeluruh untuk memastikan dalam mengeliminasi kemungkinan penyebab satu persatu, sehingga penyebab penyakit ini dapat ditemukan.

Umumnya kasus penyebab penyakit ini adalah karena penyakit yang tidak membahayakan dibiarkan dalam hidup pengidap. Oleh karena itu, penyakit ini juga dapat disebabkan oleh penyakit lainnya.

Penyakit hematuria merupakan kondisi adanya darah di dalam urine.. Urine yang normal tidak mengandung darah sedikitpun kecuali pada wanita yang sedang menstruasi. Mungkin kondisi ini bisa terlihat sangat menakutkan. Terkadang, terdapat juga darah yang muncul di dalam urine penderita meski tidak terlihat oleh mata. Kondisi seperti ini sering disebut sebagai hematuria mikroskopik.

Darah yang terdapat pada urine umumnya berasal dari sistem saluran kemih pengidap, seperti:

  • Kandung kemih.
  • Hematuria
  • Hematuria

Gejala Hematuria

Hematuria timbul akibat penyakit lain, namun penyakit lain ini sering dibarengi dengan gejala lain. Penyakit ini dapat disertai oleh gejala yang ringan, sedang dan parah, tergantung pada penyebab utama penyakit. Bahaynya pada beberapa kasus,  hematuria tidak disertai dari gejala lain. Oleh sebab itu, untuk hematuria mikroskopis hanya dapat teridentifikasi setelah pengidap menjalani beberapa pemeriksaan rutin atau menjalaninya dengan pengobatan untuk penyakit lain yang juga berkaitan dengan penyakit ini.

Penyakit ini sendiri juga disebabkan oleh penyakit batu ginjal, pengidap biasanya akan mengalami gejala seperti nyeri yang parah pada perut atau panggul. Namun jika penyakit ini disebabkan oleh infeksi ginjal, maka akan ada gejala lain seperti demam, nyeri pinggang, atau nyeri pada bagian bawah punggung. Apabila pasien memiliki infeksi saluran kemih, gejala yang umum terjadi adalah rasa perih saat buang air kecil, demam, nyeri pada bagian bawah perut, dan iritasi.

Berubahnya warna urine menjadi merah muda, kemerahan, atau kecokelatan adalah tanda yang jelas dari penyakit ini, karena mengandung sel darah merah. Pada banyak kasus pengidap penyakit ini tidak merasakan sakit. Namun jika muncul darah yang menggumpal bersamaan dengan urine, tentu kondisi tersebut menjadi menyakitkan.

Dalam kasus penyakit ini memang tidak dibarengi dengan gejala lain. Pada gejala yang dibarengi hematuria akan tergantung pada penyebab dasarnya penyakit ini terjadi. Berikut merupakan beberapa gejala lain yang mungkin terjadi :

  • Kesulitan buang air kecil
  • Perih ketika buang air kecil
  • Frekuensi buang air kecil meningkat
  • Sakit pada perut bagian bawah
  • Rasa sakit di punggung bagian bawah

Penyebab Hematuria

Hematuria dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan juga waktu, namun penyakit ini lebih umum mengenai orang yang berusia 50 tahun ke atas, serta memiliki penyakit batu ginjal, lalu belum lama terkena infeksi virus atau bakteri, mengalami pembesaran prostat, juga memiliki riwayat keluarga penderita penyakit ginjal, atau pasien yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu sehingga adanya komplikasi.

Hematuria dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor penyebab penyakit ini yang paling umum adalah:

  • Infeksi saluran kemih.
  • Penyakit karena virus.
  • Kanker ginjal atau kandung kemih.
  • Penyumbatan darah di saluran kemih.

Selain penyakit ini, ada hal lain yang bisa menyebabkan urine pada tubuh pengidap menjadi berubah warna merah muda dan kecokelatan. Makanan tidak sehat dan beberapa jenis obat-obatan bisa menjadi salah satu dari penyebab terjadinya perubahan warna urine. Untuk buah bit dan beri dapat mengubah warna urine menjadi berwarna merah. Selanjutnya obat-obatan seperti antibiotik nitrofurantoin bisa membuat warna urine berubah menjadi warna kemerahan.

Perubahan warna yang disebabkan oleh makanan tidak sehat dan beberapa jensi obat obat seperti di atas akan menghilang dalam kurun beberapa hari. Untuk seorang wanita, pastikan darah yang keluar bukan akibat daripada menstruasi.

Untuk Anda yang ingin mengetahui dengan pasti apakah terdapat darah pada urine Anda atau tidak dan untuk memastikan penyebabnya, disarankan untuk memeriksakan diri ke tim medis dalam artian seorang dokter.

Cara Mengobati Hematuria

Pengidap hematuria alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter, mengenai bagaimana cara terbaik untuk mencegah penyakit ini. Salah satu tindakan pencegahan yang paling umum adalah perubahan gaya hidup yang sehat. Pola makan yang lebih bergizi dan sehat, lalu sebisa mungkin untuk menghindari olahraga secara berlebihan, dan ikut menjalani pemeriksaan rutin dapat mengurangi risiko terkena penyakit ini.

Para dokter ketika sudah menemukan penyebab penyakit ini akan memberitahu pilihan pengobatan pada pengidap. Karena ada banyak hal yang menyebabkan penyakit hematuria, pengobatan yang tersedia juga sangat beragam. Pada beberapa kasus, pengobatan hematuria dilakukan dengan hanya menggunakan obat-obatan. Namun, jika penyakit hematuria sudah pada tingkatan lebih serius seperti kanker ginjal dan batu ginjal harus menjalani operasi.

Apabila pengidap tidak melakukan tindakan cepat dalam upaya pencegahan, kemungkinan besar Anda akan kembali mengalami hematuria yang disebabkan oleh penyakit lain atau penyakit yang memang sama.

Pengobatan sendiri dapat pengidap mulai dengan mengonsumsi obat pereda sakit, tamsulosin untuk memperlancar keluarnya batu. Periksakan diri ke dokter jika Anda merasa warna urine tidak seperti biasanya.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top