Connect with us
Hemofilia

Penyakit Umum

Hemofilia

Hemofilia

Penyakit.co.id – Hemofilia merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan protein yang dibutuhkan dalam proses pembekuan darah dalam tubuh. Penyakit ini sendiri adalah penyakit yang diturunkan dari ibu ke anaknya. Darah pada seorang penderita penyakit ini tidak dapat membeku dengan sendirinya secara normal. Proses pembekuan darah pada penderita penyakit ini tidak secepat orang normal pada biasanya.

Penyakit ini sebetulnya merupakan penyakit keturunan yang pada beberapa kasus jarang sekali terjadi. Penderita penyakit ini akan lebih lama mengalami perdarahan daripada orang-orang normal. Penderita penyakit ini kebanyakan mengalami gangguan pendarahan pada bagian di bawah kulit. seperti luka memar yang timbul dengan sendirinya saat pengidap melakukan aktivitas yang berat. Contohnya adalah pembengkakan di persendian seperti pada lutut, siku tangan.

Penyakit hemofilia A juga hemofilia B merupakan 2 jenis dari penyakit ini. Hemofilia A dikenal juga dengan nama hemofilia klasik. Jenis inilah yang paling banyak kekurangan faktor pembekuan darahnya. Faktor pembeku darah yang dimaksud adalah faktor VII.

Hemofilia A terjadi pada sekitar 1 dari setiap 5000 kelahiran laki-laki hidup. Sedangkan hemofilia A dan B terjadi pada semua kelompok ras. Umumnya hemofilia bisa membahayakan jiwa para penderitanya, terlebih jika terjadi pendarahan di bagian organ tubuh yang vital seperti pendarahan di bagian otak.

Hemofilia

Gejala Hemofilia

Untuk gejala utama dari penyakit ini sendiri adalah pendarahan yang sulit berhenti atau berlangsung lebih lama. Para penderita dengan tingkat keparahan yang tinggi dapat terjadi pembekuan di dalam darah penderita.

Penderita penyakit ini ringan biasanya sama sekali tidak merasakan gejala, terkecuali dirinya pernah mengalami kecelakaan yang efeknya menyebabkan luka yang cukup parah sehingga ditangani dengan melakukan prosedur cabut gigi maupun operasi lainnya. Jika Anda merupakan seorang dengan penderita penyakit ini, khususnya hemofilia sedang dan berat, waspadai akan terjadinya perdarahan intrakranial atau dalam medis disebut pendarahan di dalam tengkorak kepala. Umumnya hal ini dapat terjadi apabila penderita mengalami cedera pada bagian kepala dan jarang terjadi secara langsung.

Pada hemofilia jenis A dan B dapat digolongkan lagi kedalam 3 tingkatan yaitu ringan, sedang, dan juga berat. Pengidap penyakit ini ringan lebih jarang mengalami pendarahan.

Penderita penyakit ini mudah memar dan rentan mengalami pendarahan sendi, terutama bila si pengidap penyakit ini jatuh. Sendi yang paling umum terserang dampak dari penyakit ini adalah bagian lutut, siku, dan pergelangan kaki. Gejala awalnya berupa kesemutan dan nyeri ringan yang selanjutnya bisa bertambah sakit, bengkak, kaku, dan juga panas sehingga perlu ditangani dengan cepat.

Untuk penderita penyakit ini pada tingkatan berat penderita biasanya akan sering mengalami pendarahan pada bagian gusi, mimisan, dan perdarahan sendi serta otot tanpa sebab yang jelas. Hemofilia berat, perdarahan dapat dimulai ketika 2 tahun ketika lahir. Pendarahan penyakit ini dapat terjadi di mana saja di tubuh. Area umum terjadinya perdarahan adalah sendi, otot, dan saluran pencernaan.

Terlebih penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi seperti perdarahan internal. Tingkat keparahan atau timbulnya tanda dan gejala penyakit ini sangat bergantung pada seberapa berat kekurangan faktor pada pembekuan dalam aliran darah, misal kurangnya hanya sedikit pada aliran darah maka pendarahan hanya dapat terjadi ketika ada luka, namun bila kadar faktor pembekuan rendah bisa terjadi pendarahan tanpa sebab.

Berikut Tanda dan gejala pendarahan yang dapat terjadi pada penyakit ini umumnya adalah:

  • Memar
  • Sendi bengkak dan nyeri
  • Memar berlebihan setelah terbentur
  • Pendarahan yang tidak biasa
  • Darah dalam urin
  • Mimisan tanpa diketahui penyebabnya

Untuk para pria yang mengalami penyakit ini, untuk mengenali tandanya adlaah dengan melihat ketika pria tersebut disunat, apakah akan terjadi pendarahan terus menerus atau dapat berhenti. Jika pendarahan terus terjadi, kemungkinan pria tersebut terkena penyakit ini.

Kebanyakan Wanita yang memiliki gen penyakit ini berperan sebagai pembawa dan tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala hemofilia. Selain faktor keturunan, ada juga kemungkinan bagi seseorang mengalami hemofilia A atau B melalui mutasi gen spontan.

Penyebab Hemofilia

Hemofilia adalah penyakit yang diwariskan melalui mutasi pada kromosom X. Oleh sebab itu pria cenderung mudah terserang penyakit ini, dilain gender wanita cenderung menjadi pewaris atau pembawa mutasi gen dari penyakit ini. Karena pada umumnya tubuh manusia mengalami pembekuan darah yang membutuhkan unsur-unsur seperti trombosit, faktor-faktor pembekuan, dan sebagainya.

Pada penderita penyakit ini, mengalami gangguan di sistem pembekuan darahnya. Mereka kekurangan faktor-faktor pembeku darah. efeknya, dan luka memang seharusnya dapat mengering akan terus mengeluarkan darah. Pada kasus luka ringan tetap bisa mengering namun membutuhkan banyak waktu yang cukup lama. Pada kekurangan faktor pembekuan darah ini lah yang menjadi penyebab penyakit ini.

Cara Mengobati Hemofilia

Penyakit ini sendiri tidak bisa disembuhkan secara sempurna, namun para pengidap penyakit ini dapat menjalani aktifitas seperti biasa. Pengobatan hemofilia bervariasi tergantung pada jenis hemofilianya dan seberapa berat penyakitnya.

Penanganan penyakit ini dikelompokan menjadi dua, yaitu untuk mencegah timbulnya pendarahan (profilaksis) terjadi dan pengobatan pada ketika terjadi perdarahan (on-demand).

Dalam mencegah terjadinya perdarahan berkelanjutan, pengidap biasanya diberikan suntikan faktor pembekuan pada darah. pengidap hemophilia A diberikan faktor 8 sedangkan penderita hemophilia B diberikan faktor 9.

Obat yang bernama desmopressin umumnya merupakan obat yang diberikan untuk para pengidap penyakit ini berjenis A. Desmopressin mampu merangsang produksi faktor pembekuan darah 8 di dalam aliran darah. Namun efek samping pemberian desmopressin di antaranya adalah mual, sakit perut dan sakit kepala.

Tidak terlepas dari itu ada beberapa metode dan cara pengobatan yang bisa ditempuh para pengidap penyakit ini :

  • Pengobatan untuk Hemofilia A ringan. Pengobatan yang biasa dilakukan yaitu menggunakan suntikan lambat hormon desmopressin (DDAVP) ke pembuluh darah untuk merangsang pelepasan faktor pembekuan darah.
  • Untuk hemofilia A berat atau hemofilia B. Pendarahan dapat berhenti hanya setelah infus faktor pembekuan yang asalnya dari darah manusia yang disumbangkan para disebut faktor pembekuan rekombinan.

Oleh sebab itu penting untuk Anda terutama orang tua agar melakukan tes laboratorium, yang tujuanya untuk memastikan apakah Anda terkena hemofilia atau tidak.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top