Connect with us
Hepatitis A

Penyakit Umum

Hepatitis A

Hepatitis A

Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti Anda ketahui bahwa hati atau liver adalah organ penting dalam tubuh manusia yang mempunyai fungsi penting. Fungsi hati diantaranya mengatur metabolisme, membuat protein, menyimpan vitamin dan zat besi, mengeluarkan racun dan memproduksi empedu. Jika hati tidak berfungsi secara normal dan membaik, maka hal itu dapat menyebabkan penyakit yang serius atau bahkan berujung pada kematian. Hepatitis dapat disebabkan oleh beberapa infeksi seperti, alkohol, bahan kimia, virus, dan penggunaan obat-obatan dan faktor lain juga sebagainya.

Penyakit hepatitis terdiri dari berbagai macam jenis. Masing-masing jenis penyakit hepatitis tersebut memiliki ciri dan karakteristiknya yang sangat unik. Untuk penyebab dan gejala penyakit ini juga berbeda satu dengan yang lainnya.

Tidak seperti jenis penyakit hepatitis B juga C yang disebarkan melalui aliran darah dan aktifitas seksual seseorang, pada hepatitis A disebabkan oleh virus yang tersebar melalui kotoran penderitanya. Namun, jika dibandingkan dengan hepatitis B dan C, penyakit hepatitis A tergolong sebagai penyakit jauh lebih ringan.

Penyakit ini merupakan salah satu dari tipe hepatitis yang ada selain dari pada hepatitis B dan hepatitis C.  Penyakit ini di sebabkan oleh hepatitis A virus atau (HAV).  HAV dapat ditularkan melalui makanan juga minuman yang sudah terkontaminasi oleh kotoran pada seseorang yang terinfeksi.

Virus HAV mempunyai masa inkubasi sampai 40 hari kedepan. Selama itulah waktu dari paparan virus sampai timbulnya penyakit hepatitis   A ini. Untuk gejala pertama termasuk hilangnya hasrat pada nafsu makan, mual, sakit otot serta sendi dan demam yang ringan. Dilanjutkan dengan gejala menguningnya bagian kulit, serta selaput lendir, dan urin menjadi gelap. Untuk lamanya penyakit ini biasanya dua sampai tiga minggu.

Namun pada beberapa kasus tidak semua pengidap penyakit ini mengalami gejala pada umumnya yang terjadi pada penyakit ini. Oleh karena itu, penyakit ini terkadang sulit untuk disadari oleh seseorang. Penyakit ini terkadang menyebabkan gejala yang cukup parah dan sekitar tujuh dari 10 akan mengalami penyakit sakit kuning.

Penyakit ini sendiri merupakan penyakit yang mampu menyerang organ hati dan disebabkan oleh infeksi virus.

Gejala Hepatitis A

Penyakit ini tidak menyerang semua orang dengan mengalami gejala yang sama. Secara keseluruhan gejala dapat timbul ketika : Demam, muntah, mual, sampai Ketidaknyamanan erwarna gelap atau kuning kecoklatan, kelelahan dan juga pembengkakan.

Saat  organ hati sudah mulai terserang penyakit ini, tentu akan ada beberapa gejala lain yang ikut muncul, yaitu urine berwarna gelap, sakit kuning, dan gatal-gatal. Selain itu, daerah perut bagian kanan atas juga akan merasakan sakit terutama bila ditekan.

Penyebab Hepatitis A

Umumnya penyebab penyakit ini adalah virus hepatitis A yang sanggup menyebar dengan begitu mudah. Pada penyebaranya sendiri adalah melalui bidang makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh tinja para penderita atau pengidap penyakit ini. Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan penyebaran virus hepatitis A, yaitu :

  • Sistem sanitasi buruk.
  • Berhubungan seks dengan penderita atau pengidap.
  • Kontak langsung dengan penderita atau pengidap.
  • Berbagi alat jarum suntik.
  • Pria yang berhubungan seks dengan sesama jenis.
  • Bekerja di area yang berhubungan pada kotoran.

Cara Mengobati Hepatitis A

Umumnya untuk mengobati penderita penyakit ini adalah dengan berkonsultasi pada ahli medis atua dokter. Dokter biasanya akan memberikan arahan tentang vaksinasi. Setelah itu langkah diagnosis dibuat berdasarkan tes antibodi pada hasil, yang tujuanya untuk menunjukkan adanya antibodi terhadap virus hepatitis A dalam darah penderita. Antibodi bernama IgM akan menampilkan infeksi baru serta antibodi IgG akan menampilkan infeksi pada sebelumnya atau vaksinasi yang berhasil sukses. Tes darah bertujuan untuk melihat fungsi hati yang menampilkan keparahan kerusakan hati dan dimonitor sampai masa pemulihan. Para pengidap penyakit ini berat mungkin saja membutuhkan pemantauan masuk rumah sakit untuk menjalani rawat inap.

Pengobatan pengidap hepatitis A tergantung pada jenis hepatitis yang di derita. Secara keseluruhan penderita hepatitis harus banyak melakukan istirahat, tidak meminum alkohol, dan wajib minum obat anjuran dokter untuk membantu meringankan gejala hepatitis A. Banyak kasus orang yang menderita hepatitis A dan E dapat sembuh sendiri setelah beberapa minggu setelah pengobatan.

Tentu penyakit hepatitis dapat Anda cegah dengan cara menghindari faktor-faktor resiko juga cara penularan seperti telah disebutkan diatas. Tidak terlepas dar hal tersebut untuk cara mencegah hepatitis yang paling efektif adalah dengan melakukan imunisasi atau vaksinasi terhadap penderita penyakit hepatitis A.

Menurut dunia medis hepatitis A tidak terlalu berbahaya seperti hepatitis B maupun hepatitis C, namun, tetap saja jika Anda terserang penyakit hepatitis A harus segera mengambil tindak untuk diobati supaya tidak menimbulkan efek yang lebih serius di kemudian hari.

Waktu yang dibutuhkan pengidap untuk pulih sepenuhnya dari penyakit ini biasanya butuh beberapa bulan. Pengidap yang sukses atau berhasil sembuh total akan memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit hepatitis A.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Ginekomastia Ginekomastia

    Penyakit Umum

    Ginekomastia

    By

    Penyakit.co.id – Ginekomastia adalah peningkatan ukuran payudara yang dimiliki oleh pria. Peningkatan payudara yang terjadi tidak...

To Top