Connect with us
Hepatomegali

Penyakit Umum

Hepatomegali

Hepatomegali

Penyakit.co.id – Hepatomegali merupakan penyakit yang terjadinya karena pembesaran ukuran organ hati yang melebihi ukuran pada normalnya. Pembesaran hati yang diidentifikasi tidak normal ini dapat menjadi suatu simbol atau tanda berbagai penyakit yang serius. Kondisi diakibatkan oleh penyakit di dalam hati maupun penyakit yang diakibatkan dari luar hati.

Pengidap hepatomegali mengalami pembesaran ukuran hati (liver). Dari Ukuran hati normal sekitar 7,5 cm pada wanita dan 10,5 cm pada laki-laki. Selain itu, penyakit ini dapat ditemukan pada anak-anak dengan beberapa kecelakaan akibat luka bakar yang cukup parah dan karena terinfeksi parasit. Hepatomegali dapat ditangani dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Hepatomegali harus segera ditangani supaya tidak menimbulkan kerusakan fungsi hati dikemudian hari yang nyatanya dapat berdampak kepada peran organ tubuh lainnya, seperti pada proses pembersihan darah dari zat kimia yang berbahaya.

Gejala Hepatomegali

Gejala hepatomegali bergantung kepada jenis penyakit yang menjadi pemicu kondisi ini sehingga pemeriksaan lebih lanjut oleh tim medis akan diperlukan untuk memastikan diagnosis. Berbagai gejala hepatomegali yang dapat timbul antara lain rasa tidak nyaman di area perut, lalu kerap muncul perasaan mual, nyeri otot dan lelah atau lemah, sering terjadinya penurunan berat badan, dan kulit atau mata yang berwarna kekuningan.

Hepatomegali biasanya tidak memberikan gejala yang serius. Namun jika penyakit dirasa begitu menganggu aktifitas Anda maka gejala terusebut dapat berupa :

  • Mudah lelah.
  • Gatal-gatal seluruh badan.
  • Pembengkakan kaki.
  • Muntah atau buang air besar berdarah;
  • Napas menjadi sesak
  • Sakit Perut.

Jika timbul gejala-gejala di atas, dibutuhkan penanganan dengan cara berkonsultasi kepada ahli medis atau dalam hal ini dokter dan pengobatan ke rumah sakit.

Penyebab Hepatomegali

Ada Beberapa penyebab atau situasi dimana penyakit lain dapat menjadi penyebab hepatomegali, seperti infeksi bakteri dan parasit, kanker, berbagai kelainan pada jantung, dan kelainan genetik.

Pada kasus kelainan genetik umumnya dapat menyebabkan penumpukan lemak, dan zat lain pada organ bagian hati yang dapat berujung kepada terjadinya pembesaran ukuran hati itu sendiri. Kelainan genetik tersebut antara lain adalah penyakit penimbunan glikogen dan penyakit Wilson.

Berbagai kelainan jantung juga termasuk faktor risiko hepatomegali, antara lain gagal jantung kongestif dan stenosis pada katup jantung.

Di antara penyebab-penyebab hepatomegali, yang paling sering menjadi penyebab dari penyakit hepatomegali, sebagai berikut:

  • Kanker.
  • Metastasis.

Penyakit hepatomegali dapat diperparah kondisinya jika :

  • Terkena Hepatitis
  • Alcoholic liver disease
  • Fatty liver disease
  • Kanker hati

Cara Mengobati Hepatomegali

Pengobatan hepatomegali adalah dengan cara melihat kondisi si pengidap dan berbagai pemicu datangnya penyakit ini sendiri. Dengan merawat penyakit yang menjadi pemicu hepatomegali, secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan proses penyembuhan penyakit ini. Usahakan jika Anda mengidap penyakit ini untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol, lakukan olahraga secara rutin, sehingga Anda dapat dengan mudah mengurangi berat badan (obesitas), serta menjalankan program diet, tentu hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penyakit hati berjenis alkoholik dan penyakit perlemakan hati nonalkoholik terjadi.

Selain daripada itu pengobatan penyakit hepatomegali yang terjadi karena gagal jantung, maka dibutuhkan obat-obat untuk mengatasi gagal jantung tersebut.

Umumnya pengidap Kanker hati diobati dengan kemoterapi atau pembedahan (operasi). Namun jika hati sudah rusak parah, dibutuhkan transplantasi hati yang masih sehat. Pada kasus penyakit ini yang terjadi akibat sumbatan saluran empedu, dibutuhkan pembedahan untuk mengatasi sumbatan tersebut dalam tubuh. Sesuatu hal yang paling umum menyebabkan sumbatan pada saluran empedu adalah penyakit batu empedu.

Berikut adalah beberapa gaya hidup dan beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi penyakit ini :

  • Pilih makanan yang sehat
  • Berhenti konsumsi alkohol.
  • Konsumsi obat, vitamin atau suplemen. Konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada hati.
  • Batasi kontak dengan bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan pada hati..

Setiap penyebab penyakit ini mempunyai tingkat kesulitan pengobatan masing-masing. Ada penyebab yang relatif mudah diobati dan tidak akan membahayakan pengidap, contohnya penyakit malaria. Ada yang sulit diobati dan mengancam hidup si pengidap, juga contohnya pada kasus kanker hati atau hepatoma.

Sebagai upaya dari pemeriksaan fisik untuk kemungkinan penyakit hati tersebut, ahli medis atau dokter akan melakukan perabaan dengan ujung-ujung jari untuk merasakan pada bagian bawah dari ujung hati, lalu mencatat ukuran dan tekstur organ hati. Setelah itu dokter akan mengetuk kuadran kanan atas perut pengidap Secara lembut. Tergantung bagaimana penyebabnya, pada pembesaran hati dapat membuat hati terasa nyeri, juga keras. Tes yang umum sering dipakai untuk mengidentifikasi penyakit ini adalah CT scan dan USG.

Oleh sebab itu untuk Anda yang belum terserang penyakit ini ada baiknya dari sekarang mulai ubah pola hidup yang tidak sehat, seperti minum alkohol dan dekat dengan bahan zat kimia yang dapat merusak fungsi hati. Atur juga gaya hidup yang sehat dengan rutin berolahraga setiap hari.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top