Connect with us

Penyakit Kronis

Herpes Genital

Herpes Genital

Penyakit.co.id – Herpes genital atau herpes simplex merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). Penyakit ini biasanya menyerang bagian kelamin dan juga membran mukosa, seperti area sekitar mulut, kelopak mata bagian dalam dan sekitar alat kelamin. Penyakit ini merupakan penyakit yang menular. Penularan dari penyakit ini dikarenakan adanya hubungan atau kontak langsung dengan penderita yang terinfeksi virus tersebut. Penyakit ini dapat derita oleh siapa saja tanpa melihat usia dan jenis kelamin, namun penyakit ini lebih sering diderita oleh orang dewasa.

Penyakit herpes ini ada dua tipe, Tipe 1 (HVS-I) dan Tipe 2 (HVS-II). Pada Tipe 1 (HSV-I) biasanya dialami oleh anak-anak. Penyakit ini umumnya akan menginfeksi area sekitar wajah, mulut, bibir, dan juga mata. Infeksi ini sering menyebabkan lesi (luka) didalam mulut ataupun mata. Pada kondisi yang cukup parah infeksi ini dapat masuk ke dalam selaput otak (meningoencephalitis). Pada anak-anak, infeksi ini bisanya terjadi karena adanya kontak air liur dari orang yang telah terinfeksi virus herpes simplex.

Tipe 2 (HSV-II), pada tipe 2 ini biasanya akan menginfeksi bagian kelamin dan diderita oleh orang dewasa. Penularan infeksi pada tipe ini biasanya melalui hubungan seksual yang tidak sehat. Infeksi ini akan menyerang daerah disekitar kelamin dengan munculnya luka-luka kecil yang sangat perih.

Penderita penyakit ini akan sulit sembuh oleh obat-obatan apabila infeksi yang terjadi sudah cukup parah. Virus ini dapat bertahan cukup lama di dalam tubuh, bahkan pada kondisi tertentu dapat menyebabkan komplikasi pada penderitanya.

Gejala Herpes Genital

Pada saat awal terjadinya infeksi mungkin tidak akan merasakan gejala atau tanda-tanda. Akan tetapi pada kondisi tertentu akan muncul gejala atau tanda-tanda sebagai berikut :

  • Munculnya rasa gatal dan rasa tidak nyaman di area sekitar mulut ataupun kemaluan
  • Adanya lepuhan atau kulit yang menggembung dan berisi air serta terasa sakit
  • Sensasi terbakar pada luka atau lesi yang biasanya akan timbul di area sekitar kemaluan ataupun mulut
  •  Pada saat buang air kecil akan terasa sakit
  • Demam dan nyeri sendi
  • Sakit pada punggung bagian bawah
  • Keluarnya cairan dari vagina atau keputihan yang abnormal

Penderita penyakit ini umumnya tidak bisa sembuh total. Maksudnya virus dalam tubuh tidak akan hilang. Dalam tubuh penderita, virus ini akan bersembunyi dengan keadaan tidak aktif (laten) . Gejala yang muncul bisa saja hilang namun hal ini dapat kambuh atau virus dapat kembali aktif apabila kondisi kesehatan penderita menurun.

Baca Juga : BPH (Benign Prostatic Hyperplasia)

Penyebab Herpes Genital

Penyebab dari penyakit kronis ini adalah virus herpes simplex (HSV). Pada umumnya virus ini bisa disebarkan melalui hubungan seksual yang tidak sehat, baik itu vagina, anal, maupun oral.

Penyebaran virus ini terjadi melalui kontak langsung dengan penderita herpes genital. Kondisi ini akan tetap terjadi walaupun penderita herpes genital tidak mengalami gejala apapun. Infeksi atau penularan virus ini juga bisa menyebar melalui cairan yang keluar dari luka atau lesi yang muncul di area mulut, bibir, mata, atau tempat lain.

Perlu diingat bahwa penyakit ini sangat mudah menular. Virus ini akan menetap pada tubuh penderita dan sewaktu-waktu dapat menimbulkan gejala atau dapat kambuh lagi apabila kondisi kesehatan penderita menurun.

Penyakit ini tidak menyebar melalui benda perantara seperti handuk, sikat gigi, alat makan dan sebagainya. Karena virus ini tidak dapat bertahan lama setelah terlepas dari kulit.

Seperti halnya penyakit-penyakit lain. Penyakit ini juga dapat menimbulkan komplikasi pada penderitanya. Komplikasi biasanya terjadi yaitu adanya peradangan pada saluran kemih.

Perlu diperhatikan pula pada wanita hamil. Apabila seorang wanita hamil terinfeksi penyakit ini kemungkinan besar bayi dalam kandungan akan ikut tertular. Apabila infeksi terjadi pada 3-6 awal masa kehamilan, maka infeksi tertularnya sang bayi atau bahkan terjadinya keguguran akan meningkat.

Selain itu pada proses persalinan pun memiliki resiko tinggi bagi bayi. Infeksi yang terjadi bisa sangat berbahaya bahkan cenderung mematikan. Kondisi ini biasa dikenal sebagai neonatal herpes. Dampak buruk yang terjadi yaitu terinfeksinya bagian mata, mulut, kulit, bahkan otak dan sistem syaraf bisa terkena dampaknya. Pada beberapa kasus yang parah dapat menginfeksi organ paru dan hati yang kebanyakan menyebabkan kematian.

Cara Mengobati Herpes Genital

Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk membunuh atau menghilangkan virus ini dari tubuh penderita. Beberapa obat berguna untuk mengurangi gejala atau tanda yang muncul. Periksalah ke dokter apabila gejala yang muncul cukup mengganggu. Dokter mungkin akan memberikan beberapa obat seperti anti virus, baik dalam bentuk pil ataupun saleb.

Pencegahan dapat dilakukan untuk menghindari terjangkitnya penyakit ini salah satunya yaitu, menghindari untuk melakukan hubungan seks bebas. Menggunakan kondom saat sedang melakukan hubungan seksual. Bagi penderita yang sudah terinfeksi bisa mulai melakukan pola hidup yang sehat agar resiko terinfeksi atau timbulnya gejala tidak kambuh lagi.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Kronis

  • Penyakit Kronis

    Infeksi Ginjal

    By

    Penyakit.co.id – Infeksi ginjal atau dalam bahasa medis disebut pielonefritis merupakan penyakit yang menyerang salah satu...

  • Penyakit Kronis

    HIV dan AIDS

    By

    Penyakit.co.id – HIV dan AIDS merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. HIV (Human Immunodeficiency...

  • Penanganan Masalah Penyakit gastritis Penanganan Masalah Penyakit gastritis

    Penyakit Kronis

    Gastritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastritis adalah suatu penyakit yang berpusat pada peradangan dinding lambung di dalam tubuh. Ini bukanlah...

  • Gonore Gonore

    Penyakit Kronis

    Gonore

    By

    Penyakit.co.id – Gonore adalah salah satu penyakit menular akibat berhubungan badan yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria...

  • flu singapore flu singapore

    Penyakit Kronis

    Flu Singapura

    By

    Penyakit.co.id – Flu singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyebabkan luka seperti sariawan dan...

  • Cara Pengobatan Gagal Ginjal Akut Cara Pengobatan Gagal Ginjal Akut

    Penyakit Kronis

    Gagal Ginjal Akut

    By

    Penyakit.co.id – Sebelum membahas Gagal ginjal akut (GGA) terlebih dahulu anda harus memahami fungsi ginjal. Ginjal...

  • Penanganan Gagal Ginjal Kronis Penanganan Gagal Ginjal Kronis

    Penyakit Kronis

    Gagal Ginjal Kronis

    By

    Penyakit.co.id – Gagal Ginjal Kronis (GGK) adalah suatu sindrom klinis yang disebabkan oleh menurunnya kemampuan ginjal untuk...

  • Penanganan Dini Serangan Jantung Penanganan Dini Serangan Jantung

    Penyakit Kronis

    Gagal Jantung

    By

    Penyakit.co.id – Gagal jantung adalah suatu kondisi dimana dalam fungsinya jantung tidak dapat memompa darah dengan maksimal....

  • gangrene gangrene

    Penyakit Kronis

    Gangrene

    By

    Penyakit.co.id –  gangrene adalah kondisi dimana jaringan tubuh mati. Kondisi seperti ini pada umumnya berawal dari...

  • Gejala Penderita Hernia Inguinalis Gejala Penderita Hernia Inguinalis

    Penyakit Kronis

    Hernia Inguinalis

    By

    Penyakit.co.id – Hernia inguinalis merupakan penyakit yang paling umum terjadi dimana keluarnya sebagian usus melaui celah lubang...

To Top