Connect with us

Penyakit Umum

Hipotensi

Hipotensi

Penyakit.co.id – Apa sih hipotensi itu? Masyarakat umum lebih mengenal penyakit hipotensi dengan sebutan penyakit darah rendah. Hipotensi itu sendiri adalah suatu keadaan pada saat tekanan darah yang ada didalam arteri lebih rendah jika dibandingkan dengan keadaan normal.

Pada saat terjadi tekanan darah rendah pada diri anda, biasanya akan menyebabkan pusing, tubuh anda juga akan terasa tidak stabil bahkan akan bisa terjadi hilangnya kesadaran. Hal tersebut karena terbatasnya jumlah darah yang mengalir ke otak serta organ vital lainya seperti contoh pada ginjal juga bisa terjadi jika tekanan darah terlalu rendah.

Dalam ilmu medis, ada dua ukuran yang digunakan dalam tekanan darah. Adapun ukuran tersebut adalah tekanan sistolik dan tekanan diastolik. Tekanan sistolik sering disebut dengan bilangan atas, sedangkan tekanan diastolik sering disebut bilangan bawah. Perlu anda ketahui bahwa tekanan darah pada keadaan normal  antara 90/60 dan 140/90. Nah, pada penderita penyakit ini akan memiliki tekanan darah dibawah 90/60.

Gejala Hipotensi

Banyak orang yang mengalami penyakit hipotensi ini akan mengalami gejalanya. Namum tidak semua penderita penyakit umum ini merasakan gejala tersebut. Pada dasarnya kondisi penyakit darah rendah tidak selalu membutuhkan perawatan khusus. Namun perlu diwaspadai karena jika tekanan darah terlalu rendah biasanya akan mengalami beberapa gejala sebagai berikut:

  1. Kepala akan terasa pusing
  2. Jantung berdebar kencang tidak seperti biasanya
  3. Badan akan terasa lemas
  4. Mual-mual
  5. Pandangan mata akan buram
  6. Gangguan pada keseimbangan atau merasa goyah
  7. Kehilangan kesadaran atau pingsan.

Jika anda mengalami gejala seperti yang tertera di atas, sebaiknya segeralah duduk dan mengkonsumsi air putih serta untuk sementara hentikan segala aktifitas yang anda lakukan pada saat itu. Jika hal tersebut anda lakukan, secara otomatis gejala yang anda alami akan berangsur hilang dengan sendirinya. Jikalau anda sering merasakan gejala tersebut dan terjadi secara berulang-ulang, sebaiknya segeralah pergi ke dokter untuk berobat dan mengukur tekanan darah yang anda alami.

Baca juga: Hipotensi Ortostatik

Penyebab Hipotensi

Pada dasaranya tekanan darah setiap orang dapat berubah sepanjang hari, hal ini akan tergantung pada kegiatan yang dilakukan dan akan di anggap normal. Perlu anda tahu bahwa ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit hipotensi ini. Adapun faktor tersebut yaitu faktor usia, pengobatan dan kondisi cuaca.

Seperti contoh jika terjadi cuaca yang lebih panas biasanya juga dapat membuat takanan darah anda menurun. Tekanan darah pada siang dan malam hari juga berbeda. Pada siang hari, tekanan darah akan meningkat jika dibandingkan pada malam hari yang lebih rendah.

Cara Mengobati Hipotensi

Cara mengobati hipotensi atau penyakit darah rendah, sebaiknya dilakukan berdasarkan beberapa penyebab dasar yang menyebabkan penyakit tersebut timbul. Jika tekanan darah rendah yang anda alami disebabkan oleh banyak darah yang terkumpul pada area tungkai, maka sangat dianjurkan bagi penderita untuk memakai stoking elastik. Sedangkan penyebab yang terjadi karena pasca posisi berbaring yang terlalu lama, sebaiknya penderita penyakit tersebut untuk duduk tegak secraa perlahan dan bertahap.

Ada beberapa obat yang dapat dikonsumsi seperti Efedrin atau fenilefrin akan diberikan untuk mempersempit pembuluh arteri. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek peningkatan tekanan darah. Anda juga bisa melakukan pengobatan dengan cara menambah asupan garam dalam konsumsi sehari-hari agar volume darah dalam tubuh anda meningkat. Sangat dianjurkan bagi penderita hipotensi agar menambah asupan garam pada makanan yang dikonsumsi atau bisa juga dnegan mengkonsumsi tablet garam.

Selain menggunakan obat-obatan, anda juga bisa melakukan perawatan bagi penderita penyakit tersebut. Perawatan ini bertujuan agar mengurangi resiko hipotensi yang diderita. Adapun perawatan tersebut seperti sebaiknya batasi atau hindarilah untuk mengkonsumsi minuman beralkohol dan konsumsilah air putih sebanyak-banyaknya. Hindari juga untuk mengkonsumsi minuman yang berkafein khususnya pada malam hari.

Untuk orang yang menderita penyakit tekanan darah rendah, sebaiknya membiasakan untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih kecil tapi sering daripada mengkonsumsi dengan porsi banyak tapi jarang. Selain itu juga sangat dianjurkan bagi penderita penyakit ini untuk meningkatkan asupan garam dalam kebutuhan makanan setiap harinya. Selain itu sangat dianjurkan bagi penderita hipotensi agar tidak berdiri dengan jangka waktu yang lama dan pada saat duduk ke posisi berbaring sebaiknya lakukanlah dengan perlahan-lahan.

Namun jika anda sedang mengonsumsi obat  dan menyebabkan efek samping hipotensi, dokter dapat mengubah dosis obat tersebut atau dengan memberi pengobatan dengan alternatif lainya. Seperti yang diketahui bahwa pengobatan penyakit ini harus dilakukan berdasarkan penyebab dasarnya. Nah obat yang digunakan untuk mengatasi masalah ini diberikan untuk menambah jumlah darah serta mempersempit arteri supaya tekanan darah tersebut dapat meningkat. Sebaiknya periksalah tekanan darah anda secara rutin agar mengetahui anda terjangkit penyakit tersebut apa tidak.

 

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top