Connect with us

Penyakit Umum

HPV

HPV

Penyakit.co.id – Sudahkah anda mengenal istilah HPV? Jika dipahami sejenak, merupakan istilah yang digunakan dalam dunia medis untuk penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini biasa menyerang pada usia dewasa baik pria maupun wanita, seperti pada orang yang sudah pernah melakukan hubungan intim.

Mendengar dari istilahnya, hampir mirip dengan istilah pada penyakit HIV. Kedua istilah tersebut terlihat serupa namun kenyataannya berbeda. Ada kesamaan diantara keduanya dilihat dari bagaimana penyebaran virus yang akhirnya bisa bersarang di tubuh. Salah satu penyebabnya ialah seringnya seseorang gonta ganti pasangan. Cara terbaik untuk mencegah munculnya penyakit ini adalah hindari hubungan layaknya suami dan istri sebelum menikah dan sebaiknya anda monogami bila sudah menikah.

Namun jangan salah dengan hanya melihat pada point diatas, sebaiknya anda lebih memahami lagi agar tidak salah kaprah mengenai penyakit ini. Berikut akan diulas satu per satu secara lebih lengkapnya mengenai penyakit ini, dari pengertiannya, gejala yang terjadi pada penderita, penyebab timbulnya serta solusi atau cara penanganan dan pengobatan yang harus dilakukan oleh pasien. Simak ulasan di bawah ini:

Apa sebenarnya HPV itu? HPV Adalah Human Papilloma Virus, virus yang mengakibatkan penyakit pada kulit bagian-bagian tubuh tertentu ditumbuhi oleh kutil. Virus ini memiliki jenis sekitar 100 jenis yang dapat berkembang pada tubuh. Dari 100 jenis tersebut ada 60 jenis yang biasanya tumbuh di bagian tangan dan kaki penderitanya. Sementara sisanya merupakan kutil yang terdapat pada kelamin atau disebut kutil kelamin. Penyakit ini tergolong pada penyakit yang menular. Orang lain dapat terinfeksi virus ini, salah satunya karena orang tersebut telah menyentuh kulit dari penderita. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab utama timbulnya kanker leher rahim pada wanita.

Gejala HPV

Setiap penyakit pasti datang tidak dengan tanpa sebab dan akibat. Untuk mengetahui seseorang menderita penyakit ini adalah ada gejala-gejala yang muncul, seperti berikut ini:

  1. Akan tumbuh kutil pada bagian tubuh tertentu, diantaranya tangan, kaki bahkan kelamin
  2. Kutil yang tumbuh tak hanya satu macam, ada beberapa macam kutil seperti kutil biasa, kutil kelamin, kutil pipih dan kutil pada kaki yang biasa dikenal dengan mata ikan
  3. Kulit akan terasa kasar dan terlihat benjolan bila ditumbuhi kutil
  4. Akan terasa gatal pada jenis kutil kelamin
  5. Kaki akan terasa kesakitan bila melakukan aktivitas berjalan. Hal inilah yang disebabkan oleh mata kaki.

Baca juga: HIV dan AIDS

Penyebab HPV

Selain bersentuhan dengan penderita dapat menular diri sendiri, banyak faktor penyebab lainnya yang membuat virus HPV ini menjangkiti tubuh calon penderitanya, yaitu diantaranya:

  1. Memegang benda atau sesuatu yang telah disentuh oleh orang yang menderita penyakit ini dapat berdampak menular pada tubuh. Virus dapat mudah mengontaminasi dan akan berpindah pada orang tersebut.
  2. Melakukan hubungan intim juga berdampak pada penyebaran virus pada kelamin, apalagi bila hubungan tersebut dengan bergonta ganti pasangan.
  3. Ibu yang memiliki penyakit ini dapat menularkan pada anak yang dilahirkannya, meskipun pada kasus yang kecil dan hanya beberapa kasus yang terjadi.
  4. Dari jumlah 100 jenis virus tersebut, ada beberapa jenis yang dapat mengakibatkan penderitanya terkena masalah yang lebih serius seperti kanker. Kanker yang biasa terjadi, seperti kanker serviks yaitu kanker yang paling mudah menyerang seorang wanita, selain itu kanker pada daerah anus.

Menurut data dari World Health organisation atau biasa disingkat WHO, menunjukkan bahwa sekitar 99 persen kasus penderita kanker serviks atau leher rahim diakibatkan oleh virus ini.

Cara mengobati HPV

Untuk penanganan awal mungkin tidak perlu dilakukan pengobatan khusus karena pada kondisi tersebut sistem kekebalan yang kuat akan melawan penyebaran virus tersebut sehingga tidak terjadi gejala.

Namun jika ada gejala yang terjadi dan berlanjut, seperti kesakitan, kasar, timbul rasa gatal pada tubuh yang ditumbuhi kutil, maka segera periksakan pada tenaga medis agar tak berlanjut lebih parah. Pemeriksaan yang cepat sangatlah efektif sehingga pihak medis pun bisa menanganinya dengan segera sesuai diagnosa yang didapat. Pemeriksaan dilakukan pada kutil, tes pap smear dan larutan asam asetat. Sementara pengobatannya dapat berupa obat maupun operasi.

Pencegahan yang bisa dilakukan guna menghindari penyakit umum ini dengan vaksinasi, kemudian melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, kegiatan yang positif akan menghindarkan anda untuk melakukan hal-hal yang dirasa kurang pantas dan sebaiknya memang tidak dilakukan. Kemudian, jika anda memang mempunyai barang pribadi anda sendiri, mengapa tidak anda pakai sendri tanpa perlu meminjamnya pada orang lain seperti handuk, sapu tangan dan lainnya karena anda tidak pernah tahu orang seperti apa yang anda temui. Lalu, kepedulian pada diri sendiri sangatlah penting, misal pakailah sandal ketika berada pada toilet umum.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top