Connect with us

Hypoalbuminemia

Penyakit Umum

Hypoalbuminemia

Hypoalbuminemia

Penyakit.co.id – Hypoalbuminemia, merupakan istilah medis untuk mengidentifikasi adanya gangguan kekurangan protein albumin. Adanya albumin sendiri membuat cairan tubuh terikat dan menghindari adanya kebocoran protein. Apabila cairan tubuh bocor, tubuh akan mengalami pembengkakan. Gangguan ini termasuk dalam kategori hipoproteinemia. Obat-obatan, hormon dan banyak zat lainnya terikat pada albumin di dalam aliran darah. Albumin dengan tekanan kapiler darah saling berhubungan, dimana tekanan kapiler tersebut dalam tubuh bertugas menyaring darah dari zat-zat yang tak diperlukan tubuh. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut:

Hypoalbuminemia adalah gangguan yang terjadi pada tubuh apabila tubuh kekurangan protein, namun protein yang dimaksud adalah albumin. Produksi protein ini pada tubuh sangatlah banyak kuantitasnya sehingga bila tubuh tak memproduksi protein tersebut dengan baik dan sesuai normalnya, maka yang terjadi gangguan ini akan muncul. Albumin sendiri sangat dibutuhkan tubuh guna membentuk plasma darah dan hanya diproduksi oleh organ dalam yaitu hati.

Hati yang sehat akan memproduksi albumin sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh, sementara bila hati sendiri justru mengalami gangguan bisa jadi kadar albumin yang dibutuhkan tubuh tak terpenuhi dengan maksimal. Kondisi ini terjadi pada penderita yang memiliki kondisi kesehatan tingkatan akut bahkan pada kasus penyakit yang lebih parah atau kronis. Jenis protein albumin ini berfungsi mengalirkan zat tertentu ke seluruh tubuh, misalnya asam lemak, mineral, ion dan lain-lain.

Gejala Hypoalbuminemia

Gejala penyakit umum yang terjadi pada tubuh akibat gangguan ini dapat menjadi pertanda bahwa ada gangguan pada organ hati seperti hepatitis kronis dan kerusakan organ hati atau disebut sirosis. Gejala yang timbul oleh adanya gangguan ini, seperti:

  1. Bengkak pada bagian tubuh tertentu, misalnya pada wajah, kelenjar parotis, lidah membesar, jantung
  2. Otot khususnya pada tangan akan mengecil, pada testis pun demikian.
  3. Mengalami tekanan darah rendah
  4. Air seni mengandung protein
  5. Keringnya kulit akibat dari tubuh kehilangan lapisan lemah di bawah kulit.
  6. Kulit menguning di seluruh tubuh
  7. Terlihatnya pembuluh darah di bawah kulit
  8. Memerahnya telapak tangan
  9. Adanya pembengkakan pada kedua kaki atau bagian tepi tubuh lainnya
  10. Jika penderita gangguan ini mengalami luka pada area kulitnya, akan mengalami kesulitan dalam penyembuhannya
  11. Kasus yang lebih parah terjadi adalah kerusakan pada otak
  12. Jika yang mengalami adalah masih berusia anak-anak, anak tersebut akan mengalami pertumbuhan yang lambat.

Baca juga: Hipotermia

Penyebab Hypoalbuminemia

Penyebab utama dari hypoalbuminemia adalah jumlah produksi protein albumin yang mengalami gangguan, terhambat atau berkurang dalam tubuh. Kuantitas albumin yang ada dalam tubuh dapat berkurang disebabkan:

  1. Kurangnya protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal demikian yang membuat ambumin menjadi abnormal dan tidak terpenuhi bagi tubuh seorang penderita.
  2. Adanya kerusakan pada hati akan memperlambat produksi albumin serta pengaliran albumin di tubuh menjadi buruk.
  3. Jaringan tubuh yang kehilangan protein. Biasanya terjadi kebocoran pada protein sehingga mengalir keluar melalui urine yang dikeluarkan. Selain urine dapat mengeluarkan urine, luka bakar pun demikian.
  4. Volume darah mengalami pengenceran. Kondisi ini dinamakan hemodilusi.
  5. Adanya peradangan pada tubuh yang sifatnya kronis maupun akut.

Cara mengobati Hypoalbuminemia

Pengobatan yang dilakukan misalnya dapat berupa pemberian infus guna memasukkan albumin pada tubuh pasien. Namun cara ini dirasa kurang efektif karena langkah utama yang harus dilakukan tim medis harus menangani penyebab dari kondisi ini sehingga mengapa bisa terjadi pada tubuh pasien.

Sebelum pengobatan dilakukan, dokter perlu melakukan diagnosis. Tindakan dokter yang dapat dilakukan, seperti:

  1. tes darah pada pasien
  2. uji pencitraan misalnya dilakukan uji ultrasound
  3. meneliti sampel yang telah diambil dan dilakukan di laboratorium, sampel terdiri dari sampel jaringan pada hati ataupun ginjal. Tindakan ini disebut dengan biopsi.

Barulah setelah tindakan-tindakan di atas dilaksanakan, pasien dapat melakukan pengobatan yang tepat.

Pengobatan dapat berjalan dengan baik apabila pasien mau memperbaiki pola makan, dari yang sebelumnya gemar makan makanan yang kurang sehat, sebaiknya dihindari dan diganti dengan makanan organik, bergizi dengan tinggi kalori, protein dan serat. Kemudian, pasien dapat mengonsumsi protein yang bisa langsung dimasukkan ke tubuh melalui selang makanan. Selanjutnya, hindari kegiatan yang membuat pasien mudah mengalami kelelahan atau menyesuaikan kondisi parah atau tidaknya penderita.

Selain penerapan gaya hidup yang teratur dan sehat, pengobatan lain yang dapat dilakukan seperti tindakan prosedur operasi. Tim medis atau dokter akan terus memantau kondisi tubuh dan khususnya pada kadar albumin yang tersedia pada tubuh penderita. Tingkatan parah tidaknya, tergantung pada albumin yang dihasilkan tubuh. Saat albumin sangat rendah, kemungkinan yang terjadi penyakit dalam tahap yang lebih parah.

Mungkin hanya itu yang dapat disampaikan mengenai gangguan hypoalbuminemia ini. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Melakukan pola hidup sehat lebih utama dibandingkan harus menunggu sakit datang dulu lalu berobat.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top