Connect with us

Penyakit Umum

Imunisasi

Imunisasi

Penyakit.co.id – Imunisasi merupakan suatu program yang dirancang untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena kata yang berasal dari imun yang memiliki arti kebal atau resisten. Kekebalan tubuh dapat berguna mencegah terjadinya penularan penyakit. Hal ini dikarenakan program tersebut berupa pemberian vaksin, vaksin sendiri mengandung bakteri atau virus jenis tertentu. Bakteri atau virus tersebut telah dimodifikasi atau dilemahkan agar terjadi rangsangan terhadap sistem imun sehingga terbentuk suatu antibodi di dalam tubuh. Antibodi nantinya dapat melindungi tubuh terhadap berbagai serangan bakteri maupun virus.

Vaksin dapat diberikan dengan berbagai cara, seperti melalui suntikkan atau dapat dimasukkan melalui mulut maupun hidung. Pemberian vaksin dapat dilakukan sekali seumur hidup atau dapat pula secara rutin terus menerus supaya terbentuk kekebalan tubuh yang sempurna. Umumnya program ini dimulai ketika masih dalam usia bayi dan berakhir ketika telah memasuki usia sekolah. Antibodi sebetulnya telah dimiliki bayi baru lahir yang berasal dari ibunya, tetapi antibodi tersebut tidak bertahan lama kurang lebih hanya berberapa minggu atau beberapa bulan saja.

Efek Samping Imunisasi

Imunisasi memiliki efek samping, tetapi umumnya efek samping ini termasuk ringan seperti:

  1. Akan muncul bekas suntikan berwarna kemerahan dan rasa nyeri.
  2. Mengalami demam setelah pemberian vaksin.
  3. Dapat juga terjadi mual-mual.
  4. Kepala menjadi pusing.
  5. Atau tidak berselera makan.

Terkadang ada pula yang mengalami efek samping yang cukup parah seperti kejang-kejang dan muncul alergi, tetapi efek samping ini sangat jarang terjadi. Perlu dipertimbangkan pula bahwa resiko terkena efek samping dari pemberian vaksin ini lebih baik dan sangat memberikan manfaat untuk sepanjang hidup, dibandingkan terjangkit penyakit menular yang berbahaya nantinya.

Baca juga: Atresia Ani

Jenis-Jenis Imunisasi

Ada beberapa jenis vaksin untuk program imunisasi yang sangat direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) . Adapun jenis-jenis tersebut adalah sebagai berikut:

  • Hepatitis B yaitu penyakit yang timbul akibat dari virus yang menginfeksi hati melalui darah dan cairan pada tubuh. Vaksin pertama hepatitis B ini sebaiknya diberikan saat baru lahir, usia 1 bulan, dan sekitar 3 hingga 6 bulan.
  • Polio yaitu penyakit yang terjadi kelumpuhan, sesak napas, bahkan kematian. Vaksin polio sebaiknya diberikan ketika baru lahir, usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 1,5 tahun, dan usia 5 tahun.
  • BCG yaitu penyakit tuberkulosis atau biasanya dikenal dengan penyakit TBC. Penyakit yang tergolong serius tersebut dapat ditularkan dari orang terdekat yang ada disekitarnya atau yang hidup serumah. Vaksin BCG diberikan 1 kali pada rentang usia baru lahir hingga usia 2 bulan.
  • DTP merupakan singkatan dari penyakit difteri, tetanus, dan pertusis. Difteri yaitu penyakit yang menyebabkan sesak napas, hingga kematian. Tetanus yaitu juga penyakit mematikan dengan gejala kejang dan otot kaku. Pertusis atau batuk rejan yaitu sama mematikannya dengan difteri dan tetanus biasanya mengalami radang paru-paru bahkan kerusakan pada otak. Vaksin diberikan pada usia 2, 4, 6 bulan, 1,5 tahun, dan 5 tahun.
  • Campak merupakan penyakit dari virus yang mengakibatkan demam, batuk pilek, tenggorokan sakit, radang mata, dan ruam kulit. Vaksin diberikan pada anak usia 9 bulan, 2, dan 6 tahun.
  • Hib merupakan salah satu penyakit mematikan akibat dari bakteri haemophilus influenza tipe B. Vaksin sebaiknya  diberikan pada usia 2, 4, 6, dan 18 bulan.
  • PCV merupakan singkatan penyakit pneumonia, meningitis dan juga septikemia. Vaksin ini diberikan pada anak usia 2, 4, 6 bulan, dan terakhir pada rentang usia 12-15 bulan.
  • Rotavirus yaitu salah satu penyakit yang menyebabkan diare. Vaksin diberikan pada anak usia 10 minggu dan 6 minggu atau usia maksimal 6 bulan.
  • Influenza merupakan salah satu penyakit akibat dari virus influenza. Vaksin sebaiknya diberikan mulai usia 6 bulan setiap 1 tahun sekali.
  • MMR merupakan gabungan dari campak, gondong, dan campak jerman. Vaksin pada penyakit ini akan dikombinasikan yang merupakan alternatif dari vaksin campak. Vaksin diberikan pada usia 1 tahun 3 bulan dan usia 15-18 bulan dengan jarak minimal 6 bulan setelah dilakukan pemberian vaksin campak.
  • Tifus merupakan penyakit akibat dari bakteri salmonella typhi. Vaksin diberikan pada usia 2 tahun dan diberikan lagi 3 tahun sekali.
  • Hepatitis A merupakan salah satu penyakit yang berasal dari virus. Vaksin diberikan pada anak usia 2 tahun dan vaksin kedua diberikan dengan selang setelah 6 bulan atau 12 bulan.
  • Varisela merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan cacar air. Vaksin diberikan pada usia 1 tahun ke atas dengan pemberian 2 kali. Jika anak telah berusia 13 tahun maka rentang waktu pemberian vaksin 4-8 minggu.
  • HPV merupakan salah satu penyakit pada remaja perempuan berupa kanker serviks atau kanker leher rahim. Vaksin diberikan pada usia 10-26 tahun.

Manfaat Imunisasi

Salah satu manfaat imunisasi yaitu agar penderita penyakit yang berbahaya dan bahkan yang menimbulkan kematian akan berkurang. Hal ini juga dikarenakan penyakit yang berbahaya tersebut dapat menular atau mewabah pada orang yang ada disekitar.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top