Connect with us

Penyakit Kronis

Infeksi Ginjal

Infeksi Ginjal

Penyakit.co.id – Infeksi ginjal atau dalam bahasa medis disebut pielonefritis merupakan penyakit yang menyerang salah satu atau kedua ginjal seseorang. Infeksi ini terjadi karena bakteri yang berada di dalam kandung kemih berpindah ke ginjal. Apabila penyakit ini tidak segera diobati, maka dapat memperburuk kondisi penderita dan dapat memicu terjadinya kerusakan ginjal permanen.

Infeksi ginjal lebih rentan terjadi pada perempuan karena perempuan memiliki uretra yang lebih pendek dari pada laki-laki. Oleh sebab itu, bakteri lebih mudah masuk ke ginjal. Infeksi ginjal juga dapat menyerang anak-anak yang mengalami kelainan saluran kemih sejak lahir atau anak yang mengidap refluks vesicoureteral, yaitu kondisi dimana terjadinya arus balik urin dari kandung kemih ke ginjal.

Gejala Infeksi Ginjal

Penyakit infeksi ginjal ini tentu memberikan rasa sakit serta tidak nyaman pada tubuh. Adapun gejala yang muncul akibat terjadinya infeksi ginjal antara lain: merasa sakit dan nyeri pada panggul, demam, diare, mual, muntah, sering merasa kelelahan, sering merasa ingin buang air kecil, merasakan nyeri saat buang air kecil, dan bau air kencing tidak seperti biasanya. Pada kondisi yang lebih parah seseorang dapat kehilangan kesadaran akibat sepsis dan shock. Hal ini dikarenakan adanya bakteri yang masuk ke dalam darah. Apabila anda merasakan gejala tersebut segera periksakan diri ke dokter.

Apabila infeksi ginjal menyerang anak-anak, biasanya akan muncul gejala seperti rewel, anak menjadi susah makan bahkan muntah, badan menjadi lemas, mengalami sakit perut, anak mengalami pertumbuhan yang tidak normal, sering ngompol, terdapat darah dalam urin, bau urin tidak wajar, dan mengalami sakit kuning.

Baca juga: Batu Ginjal 

Penyebab Infeksi Ginjal

Adapun penyebab seseorang dapat menderita penyakit kronis ini yaitu diakibatkan oleh bakteri yang berasal dari luar masuk ke dalam saluran kencing. Bakteri kemudian masuk ke dalam kandung kemih lalu menyebabkan infeksi kandung kemih. Apabila infeksi ini tidak segera diobati, maka bakteri akan naik dan sampai ke ginjal sehingga menyebabkan infeksi ginjal. Bakteri yang biasanya menyebabkan penyakit ini adalah bakteri E. Coli yang terdapat pada kotoran manusia.

Penyakit ini juga dapat disebabkan karena infeksi pada kulit yang menyebar melalui darah kemudian masuk ke dalam ginjal. Kondisi ini biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko anda terkena masalah ini, faktor faktor tersebut antara lain:

  1. Jenis kelamin, perlu anda ketahui bahwa seorang perempuan biasanya lebih rentan terkena infeksi ginjal karena memiliki saluran uretra lebih pendek daripada laki-laki
  2. Kondisi sistem kekebalan tubuh yang lemah
  3. Menjangkit Diabetes
  4. Kelainan yang terjadi pada sistem urin
  5. Terjadi sumbatan pada saluran kemi
  6. Wanita yang sangat aktif dalam berhubungan seksual
  7. Obstruksi saluran kemih, yaitu kondisi tertentu seperti adanya pembengkakan pada kelenjar protat dan batu ginjal
  8. Seseorang yang sering melakukan seks anal, karena bakteri jauh lebih mudah masuk ke dalam saluran kemih yang selanjutnya dapat masuk ke dalam kandung kemih.

Cara Mengobati Infeksi Ginjal

Apabila seseorang telah menderita penyakit ini, maka langkah pengobatan yang diperlukan adalah pemberian obat antibiotik kepada penderita. Antibiotik harus diminum secara rutin hingga seseorang merasa pulih, biasanya dalam kurun waktu 1-2 minggu. Selain antibiotik, obat anti nyeri juga diperlukan untuk meredakan rasa nyeri akibat infeksi, obat ini juga berfungsi untuk menurunkan demam yang muncul akibat infeksi.

Selain pemberian obat-obatan diatas, seseorang yang menderita infeksi ginjal juga harus memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini berguna untuk membuang bakteri yang terdapat dalam ginjal sekaligus untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Penderita juga memerlukan penangan dari rumah sakit apabila mengalami kondisi seperti mengalami dehidrasi parah, sulit menelan obat maupun cairan, sistem kekebalan tubuh semakin melemah, terdapat penyumbatan pada saluran kemih, seseorang yang hamil dan mengalami demam, seseorang menderita diabetes, menderita ginjal kronis , dan juga ginjal polikistik.

Selain melalui pengobatan medis, terdapat beberapa langkah pengobatan yang dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami seperti:

  1. Apel

Bahan alami yang pertama yakni apel. Dengan mengonsumsi apel secara rutin dapat membantu mengobati infeksi ginjal, karena apel bersifat anti inflamasi dan mengandung serat dan vitamin sehingga dapat mencegah sembelit, menurunkan kolesterol dan juga dapat menjaga ginjal agar tetap sehat.

  1. Paprika merah

Bahan alami yang kedua yakni paprika merah. Buah ini juga mengandung banyak asam folat, serat, dan vitamin A, C, B6, sehingga dapat membantu mengobati infeksi ginjal.

  1. Yogurt

Bahan alami yang ketiga yakni Yogurt. Kandungan antibiotin dan probiotik yang trdapat dalam yogurt dapat mmbantu mengobati infeksi ginjal, selain itu dapat mencegah kembalinya infeksi dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Ikan

Bahan alami yang keempat yakni ikan. Kandungan asam lemak dan antioksidan yang terdapat dalam ikan dapat membantu mengobati infeksi ginjal. Dengan mengonsumsi ikan tiga kali dalam satu minggu mampu menurunakn kolesterol dan mengurangi peradangan.

  1. Cranberry

Bahan alami yang terakhir yakni Cranberry. Buah ini mampu meningkatkan asam urin sehingga mampu mencegah bakteri. Dengan mengosumsi buah cranberry, dapat membantu mengobati infeksi ginjal.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Kronis

  • Penyakit Kronis

    HIV dan AIDS

    By

    Penyakit.co.id – HIV dan AIDS merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. HIV (Human Immunodeficiency...

  • Penanganan Masalah Penyakit gastritis Penanganan Masalah Penyakit gastritis

    Penyakit Kronis

    Gastritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastritis adalah suatu penyakit yang berpusat pada peradangan dinding lambung di dalam tubuh. Ini bukanlah...

  • Gonore Gonore

    Penyakit Kronis

    Gonore

    By

    Penyakit.co.id – Gonore adalah salah satu penyakit menular akibat berhubungan badan yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria...

  • flu singapore flu singapore

    Penyakit Kronis

    Flu Singapura

    By

    Penyakit.co.id – Flu singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyebabkan luka seperti sariawan dan...

  • Cara Pengobatan Gagal Ginjal Akut Cara Pengobatan Gagal Ginjal Akut

    Penyakit Kronis

    Gagal Ginjal Akut

    By

    Penyakit.co.id – Sebelum membahas Gagal ginjal akut (GGA) terlebih dahulu anda harus memahami fungsi ginjal. Ginjal...

  • Penanganan Gagal Ginjal Kronis Penanganan Gagal Ginjal Kronis

    Penyakit Kronis

    Gagal Ginjal Kronis

    By

    Penyakit.co.id – Gagal Ginjal Kronis (GGK) adalah suatu sindrom klinis yang disebabkan oleh menurunnya kemampuan ginjal untuk...

  • Penanganan Dini Serangan Jantung Penanganan Dini Serangan Jantung

    Penyakit Kronis

    Gagal Jantung

    By

    Penyakit.co.id – Gagal jantung adalah suatu kondisi dimana dalam fungsinya jantung tidak dapat memompa darah dengan maksimal....

  • Penyakit Kronis

    Herpes Genital

    By

    Penyakit.co.id – Herpes genital atau herpes simplex merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV)....

  • gangrene gangrene

    Penyakit Kronis

    Gangrene

    By

    Penyakit.co.id –  gangrene adalah kondisi dimana jaringan tubuh mati. Kondisi seperti ini pada umumnya berawal dari...

  • Gejala Penderita Hernia Inguinalis Gejala Penderita Hernia Inguinalis

    Penyakit Kronis

    Hernia Inguinalis

    By

    Penyakit.co.id – Hernia inguinalis merupakan penyakit yang paling umum terjadi dimana keluarnya sebagian usus melaui celah lubang...

To Top