Connect with us

Penyakit Umum

Infeksi Jamur

Infeksi Jamur

Penyakit.co.id – Pernahkah Anda mendengar tentang infeksi jamur? Atau bahkan pernah mengalaminya sendiri? Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa infeksi jamur adalah sebuah penyakit yang timbul karena organisme primitif, yaitu jamur. Meski jenis jamur di dunia ini ada banyak, namun hanya sebagian kecil saja yang berbahaya. Penelitian mengungkapkan 300 dari 1,5 juta spesies jamur dapat membuat seseorang sakit.

Jamur dapat berkembang dengan baik di dalam tubuh dan merusak organ jika sistem kekebalan tubuh melemah atau sedang dalam pengobatan menggunakan antibiotik. Penyakit ini dapat menyebabkan dampak yang kecil maupun besar. Dari yang kecil, misalnya kulit akan menjadi gatal-gatal. Akan tetapi, dalam beberapa kasus hal ini juga dapat membahayakan nyawa, sebut saja infeksi pada aliran darah dan meningitis jamur.

Cacing gelang, candidiasis, albicans, onychomycosis, jock itch, penyakit kaki atlet, dan infeksi pada vagina adalah jenis infeksi jamur yang paling umum terjadi. Ada beberapa jenis infeksi jamur yang lebih sulit diobati dibanding beberapa jenis lainnya. Salah satunya yaitu onychomicosis. Infeksi jamur jenis ini menyerang pada bagian dasar atau bawah kuku. Karena perawatan yang sulit dilakukan, maka jenis infeksi ini lebih sulit untuk diatasi.

Gejala Infeksi Jamur

Gejala penyakit umum ini bergantung dari jenis dan infeksinya. Ciri-ciri yang sering dianggap sebagai gejala infeksi jamur adalah sebagai berikut:

  1. Penyakit kaki atlet

Gejala yang muncul pada penyakit jenis ini yakni mengelupasnya kulit serta retak pada bagian kaki. Selain itu juga muncul kulit yang memerah dan melepuh serta adanya rasa gatal yang membakar.

  1. Jock itch

Jock itch merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan rasa gatal pada bagian lipatan kulit. Lipatan kulit yang terkena jock itch biasanya pada bagian selangkangan, alat kelamin, dan bokong. Warna kulit yang terkena penyakit ini juga akan memerah.

  1. Cacing gelang

Pada jenis ini, kulit akan terasa sakit dan menjadi bersisik ketika terserang infeksi ini. Hal yang dapat dilihat adalah terbentuknya lingkaran merah pada bagian kulit. Meski cacing gelar merupakan hal yang dapat menular, namun tidak akan terlalu parah.

  1. Infeksi ragi

Infeksi jenis ini dapat muncul pada bagian tubuh mana saja. Akan tetapi, infeksi ragi lebih mudah muncul di area yang lembab dan hangat. Tidak jauh berbeda dengan cacing gelang, infeksi ragi biasa muncul pada daerah lipatan seperti selangkangan dan ketiak. Dampak dari infeksi ini adalah kulit akan menjadi gatal dan memerah.

Baca juga: Infeksi Ginjal

Penyebab Infeksi Jamur

 Faktanya, infeksi jamur dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Namun, seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang baiklah yang lebih mudah terserang penyakit ini. Lemahnya sistem kekebalan tubuh dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kanker, transplantasi organ, sedang dalam masa perawatan di rumah sakit, HIV/AIDS, terapi sel induk, dan pengobatan lainnya yang memiliki dampak melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Bukan hanya karena lemahnya sistem kekebalan tubuh, ada faktor lain yang memungkinkan seseorang terserang infeksi jamur adalah lingkungan hidup. Seperti yang diketahui bahwa jamur sangat menyukai lingkungan yang hangat dan lembab. Contohnya seperti pusat kebugaran, ruang bilas (shower), dan ruang ganti.

Selain itu, buruknya sirkulasi darah juga dapat menjadi pemicu mudahnya seseorang terserang infeksi jamur. Organ tubuh akan kesulitas melawan infeksi jamur jika darah tidak mengalir dengan baik dalam tubuh. Jamur dapat menembus pertahanan kulit dan menyerang lapisan jaringan kulit yang lebih dalam saat sirkulasi darah buruk.

Cara Mengobati Infeksi Jamur

Beberapa jenis infeksi jamur tidak dapat dilihat, terlebih yang sudah mempengaruhi organ dalam atau aliran darah. Akan tetapi saat ada infeksi jamur yang terlihat pada satu area tubuh, bukan serta merta area lainnya tidak akan terinfeksi juga.

Masalah ini tentu dapat diobati. Akan tetapi hanya dokter yang dapat mendiagnosa tingkat kerusakannya. Segera hubungi dokter ketika terdapat gejala infeksi jamur. Dokter kemungkinan akan bertanya perihal kapan awalnya infeksi terjadi, di mana area yang terkena, dan gejala lainnya. Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mendiagnosa, bisa dengan uji lapisan gusi, menggunakan kikisan kulit, atau pengujian menggunakan sinar ultraviolet guna menentukan jenis jamur yang telah menginfeksi tubuh. Setelah itu, barulah dokter dapat menentukan langkah perawatan yang akan diambil.

Untuk infeksi jamur yang dapat terlihat dari luar/ yang tampak pada lapisan kulit paling atas, dapat diobati dengan krim anti jamur, obat tetes, atau salep. Akan tetapi, infeksi yang menyerang lapisan kulit di bawah kuku harus diobati dengan suntikan atau obat luar. Jenis infeksi ini dapat hilang dalam beberapa bulan.

Selain dengan obat-obatan, infeksi jamur juga dapat diatasi dengan yang alami, seperti banyak mengonsumsi vitamin C dan bawang putih. Dengan mengonsumsi vitamin C, sistem kekebalan tubuh akan meningkat sehingga jamur tidak mudah menyerang organ tubuh. Asam lemak dan obat probiotik juga dapat dipertimbangkan bagi penderita, salah satunya seperti Lactobacillus acidophilus. Probiotik merupakan bakteri baik yang berguna untuk melawan infeksi jamur.

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top