Connect with us

Infeksi Kandung Kemih

Penyakit Umum

Infeksi Kandung Kemih

Infeksi Kandung Kemih

Penyakit.co.id –  Setiap manusia tentunya pernah bersinggungan dengan bermacam-macam penyakit. Kebanyakan jika gejala yang timbul biasa-biasa saja, seseorang suka meremehkannya. Sehingga resiko yang lebih besar pun tak jarang sering terjadi. Termasuk pada penyakit infeksi yang menyerang bagian kandung kemih. Memang gejala awalnya nampak ringan, akan tetapi efek yang ditimbulkan jika tidak segera ditangani akan merembet pada penyakit ginjal.

Infeksi kandung kemih yang dalam bahasa ilmiahnya disebut sistitis adalah peradangan atau infeksi yang terletak pada bagian kandung kemih sehingga menimbulkan rasa nyeri pada kandung kemih. Secara umum, yang menyebabkan terjadinya infeksi ini adalah karena adanya bakteri Escherichia Coli yang biasanya ada pada tinja manusia.

Infeksi ini lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria. Mengapa wanita lebih sering rentan terkena infeksi pada kandung kemih ini? Hal ini dikarenakan ukuran uretra yaitu saluran yang menjadi jalan keluarnya urine dari kandung kemih menuju keluar lebih pendek dari pada pria. Selain itu posisi pintu uretra lebih dekat dengan posisi anus. Sehingga resiko masuknya bakteri lebih besar.

Akan tetapi resiko ini juga perlu diwaspadai bagi pria. Karena ketika infeksi ini terjadi pada pria, adakalanya resikonya lebih besar dari pada wanita. Misalnya saja ketika seorang pria memiliki tumor yang bisa menyumbat saluran kandung kemih, atau pria yang mengalami infeksi prostat, infeksi kandung kemih dapat terjadi padanya.

Gejala infeksi kandung kemih

Untuk mendiagnosa apakah seseorang mengalami infeksi ini atau tidak, dapat anda amati dari gejala-gejala yang muncul. Jika infeksi ini terjadi pada orang dewasa, biasanya yang gejala yang muncul adalah:

  1. Sering buang air kecil meskipun urine yang dikeluarkan hanya sedikit.
  2. Ketika buang air kecil muncul rasa nyeri yang menyengat.
  3. Warna urine menjadi pekat dan terkadang bercampur dengan darah (hematuria).
  4. Pada perut bagian bawah mulai terasa nyeri, kondisi tubuh menjadi lemah dan sering mengalami demam.
  5. Muncul rasa nyeri pada bagian pinggang.
  6. Sering muntah-muntah dan berkurangnya nafsu makan.

Ketika infeksi ini terjadi pada anak-anak, biasanya gejala yang sering terjadi adalah anak menjadi sering tidak sengaja mengompol pada siang hari.

Baca juga: Batu Kandung Kemih

Penyebab infeksi kandung kemih

Banyak sekali penyakit pada tubuh manusia yang munculnya disebabkan oleh bakteri. Pada penyakit umum ini sering kali kasusnya seperti itu. Bakteri dari luar yang masuk lewat uretra dan berkembang biak pada kandung kemih mengakibatkan adanya infeksi pada kandung kemih.

Penyebabnya bermacam-macam. Misalnya urine yang tersisa di kadung kemih ketika buang air kecil karena saluran uretra yang terhambat dapat juga mengakibatkan berkembang biaknya bakteri.

Beberapa bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi adalah Escherichia Coli, Klebsiella Species, Enterococcus Faecalis, Enterobacteriaceae. Pada sebagian wanita yang terkena infeksi ini, biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus Saprophyticus.

Pengobatan infeksi kandung kemih

Ada beberapa metode pengobatan untuk menangani infeksi kandung kemih ini. Dengan pengobatan yang dilakukan sendiri ataupun dengan pengobatan medis modern.

Jika infeksi yang terjadi pada kandung kemih seseorang masih pada tingkat ringan, sebaiknya jangan dulu diberi antibiotik. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya bakteri yang semakin beradaptasi dengan antibiotik dan menjadi tidak mempan. Karena biasanya infeksi ringan ini dapat hilang dengan sendirinya, maka anda cukup melakukan beberapa cara untuk proses pencegahannya. Misalnya:

  1. Mengurangi atau menghindari intensitas berhubungan badan, karena jika sudah infeksi dikhawatirkan menjadi lebih parah.
  2. Dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti paracetamol, sodium bikarbonat untuk meredakan rasa sakit ketika buang air kecil.
  3. Menghindari konsumsi minum-minuman yang berakohol.
  4. Tidak membiasakan menunda ketika ingin buang air kecil karena dapat menjadikan kandung kemih menjadi tegang dan mudah terkena infeksi.
  5. Jangan sering-sering memakai pakaian yang terlalu ketat.

Selain itu ada juga beberapa tumbuh-tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat penyakit infeksi kandung kemih. Diantaranya adalah:

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak khasiat. Salah satunya yakni bisa digunakan sebagai pengobatan. Dengan kandungan gingerolnya, jahe dapat dijadikan sebagai anti bakteri untuk mencegah perkembangbiakan bakteri pada kandung kemih. Untuk terapi ini, anda dapat meminum air rebusan jahe dengan teratur.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya yakni untuk mengobati infeksi . Dengan mencampurkan cuka sari apel dengan madu, dapat pula untuk mengobati infeksi yang ada pada kandung kemih.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang bewarna kuning serta memiliki khasiat. Tumbuhan ini juga memiliki fungsi anti bakteri.

  1. Lidah buaya

Fungsi dari tumbuhan ini adalah untuk mengeluarkan dan membersihkan racun dari dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsinya dengan membuat jus lidah buaya.

Untuk infeksi pada kandung kemih yang sudah pada tingkat parah, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik pada pasiennya. Jika ada seseorang yang sudah pada tingkat ini, dianjurkan untuk mengkonsumsi antibiotik yang telah diberikan oleh dokter secara rutin sampai infeksi kandung kemih membaik dan pulih kembali.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top