Connect with us

Inkontinensia Tinja

Penyakit Umum

Inkontinensia Tinja

Inkontinensia Tinja

Penyakit.co.id – Salah satu resiko dari gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat adalah mudah terserang penyakit. Meskipun, tidak semua penyakit berawal dari hal tersebut. akan tetapi, dengan menjaga kesehatan setidaknya dapat mengurangi resiko terkena penyakit. Ada beberapa penyakit yang menyerang bagian organ dalam manusia, misalnya usus atau saluran pencernaan pada manusia.

Inkontinensia tinja atau yang lazim orang menyebutnya dengan inkontinensia feses adalah suatu keadaan dimana terjadi gangguan pada usus sehingga proses keluarnya limbah hasil dari pencernaan yang lewat dubur menjadi tidak terkendali. Dengan kata lain, kotoran dari dalam tubuh seperti tinja cair atau padat, kentut, dan lendir keluar dengan sendirinya tanpa disengaja. Penyakit seperti ini sering kali terjadi pada wanita dan seseorang yang telah lanjut usia.

Gejala Inkontinensia Tinja

Untuk mendiagnosa penyakit jenis ini, anda dapat menandai dari gejala-gejala yang muncul ketika terjadi penyakit ini pada seseorang. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Seseorang yang mengalami inkontinensia feses ini akan kesulitan mengendalikan keluarnya tinja baik itu berupa padat ataupun cair dari dalam tubuhnya. Sehingga tinja keluar dengan sendirinya.
  2. Perut sering terasa kembung.
  3. Adakalanya penyakit ini terjadi setiap hari pada seseorang. Walaupun ada pula munculnya penyakit ini pada saat-saat tertentu.
  4. Ketika seseorang sering mengalami diare, tak jarang penyakit ini juga menyerang padanya.

Baca juga : Infeksi Jamur

Penyebab Inkontinensia Tinja

Beberapa penyebab dari penyakit umum ini yang dapat anda jadikan referensi untuk antisipasi diantaranya adalah:

  1. Terjadinya gangguan di bagian saraf pada wanita sebagai akibat dari proses ketika persalinan.
  2. Saat buang air besar bagian dubur mengalami perenggangan yang berlebihan.
  3. Anal Sphincter atau otot yang terletak di lubang anus mengalami kerusakan. Biasanya kerusakan ini disebabkan kesalahan prosedur saat membedah vagina wanita ketika melahirkan.
  4. Rectal Prolapse. Yaitu bagian rektum yang turun sampai anus.
  5. Penyakit ini juga sering terjadi pada seseorang yang sedang menderita Alzheimer dan Dementia.
  6. Seseorang yang memiliki cedera pada rektal juga memiliki resiko besar terkena penyakit ini.
  7. Adakalanya sembelit ini banyak orang yang meremehkannya. Padahal jika sembelitnya sudah kronis, tinja menjadi menumpuk dan mengeras sehingga keluarnya menjadi sulit. Akibatnya adalah otot rektum menjadi renggang.

Cara Mengobati Inkontinensia Tinja

Sebelum pada tahap pengobatan, alangkah baiknya anda perlu mengetahui cara-cara untuk mendiagnosa penyakit ini, langkah awal biasanya dimulai dengan memeriksa kondisi fisik secara langsung. Yaitu dengan memeriksa anus menggunakan tangan atau alat lain yang fungsinya untuk mengetahui respon dari anus. Biasanya jika memang terkena penyakit inkontinensia, bagian anal sphincter akan mengalami kontraksi.

Selain itu anda juga dapat melakukan proses proktografi, yaitu perekaman video x-ray ketika buang air besar yang tujuannya untuk mengetahui volume tinja yang keluar dari tubuh.

Setelah mengetahui bahwa penyebab dari penyakit ini juga bermacam-macam, tentunya upaya dan cara pengobatannya pun tergantung dari apa penyebab timbulnya penyakit tersebut. Ada beberapa metode pengobatan untuk mengatasi penyakit ini, misalnya dengan konsumsi obat-obatan, operasi, menjaga pola makan dan pembiasaan terapi pada penderitanya.

  1. Konsumsi obat-obatan

Ada beberapa obat-obatan yang dapat dikonsumsi bagi seseorang yang menderita penyakit ini, misalnya obat diare seperti atropine sulfat, diphenoxylate. Sedangkan jika inkontinensianya karena konstipasi kronik dapat juga dengan mengkonsumsi obat-obatnya yang mengandung methylcellulose.

  1. Media terapi

Beberapa terapi fisik berfungsi untuk memulihkan kembali otot-otot yang rusak pada dubur. Sehingga tingkat kewaspadaan otot dubur ketika ingin buang air besar berfungsi normal. Diantara terapi yang dapat dilakukan jika seseorang menderita inkontinensia tinja adalah:

  1. Balon vaginal. Ini adalah alat yang berbentuk pompa yang diletakkan didalam vagina. Fungsi dari alat ini adalah membantu tekanan rektum sehingga dapat mengurangi terjadinya buang air besar yang berulang kali.
  2. Membiasakan konsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran secara teratur dan sesuai takaran.
  3. Membiasakan lebih banyak minum air putih.
  4. Menjaga pola makan. Menghindari makanan berlemak, pedas, makanan bersantan dan makanan yang berbahan dasar susu perlu anda lakukan.
  5. Menjaga kebersihan tubuh, khususnya pada bagian anus agar tidak sampai terjadi iritasi. Usahakan kondisi anus selalu pada keadaan tidak lembap.

Efek psikologis dari seseorang yang menderita inkontinensia tinja adalah menjadi kesulitan dan tidak tenang saat diluar rumah, karena tidak bisa berlama-lama jauh dari toilet. Solusinya adalah dengan beberapa cara dibawah ini:

  1. Jika akan keluar rumah atau perjalanan jauh, usahakan buang air besar terlebih dahulu. Bila diperlukan, bisa dengan memakai pembalut untuk berjaga-jaga saat tiba-tiba keluar tinja dan kesulitan mencari toilet.
  2. Mengkonsumsi obat penghilang aroma dari tinja. Sebagai antisipasi tinja keluar tidak disengaja ketika berada di tempat umum.

Inilah ulasan mengenai segala hal yang berkaitan dengan inkontinensia tinja yang mungkin bermanfaat bagi anda.

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Penyakit Umum

  • Fibromyalgia Fibromyalgia

    Penyakit Umum

    Fibromyalgia

    By

    Penyakit.co.id –Fibromyalgia merupakan gangguan yang mempengaruhi otak dalam menangkap rasa sakit pada tubuh. Biasanya fibromyalgia ditandai...

  • Filariasis Filariasis

    Penyakit Umum

    Filariasis

    By

    Penyakit.co.id –Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia....

  • Glomerulonefritis Glomerulonefritis

    Penyakit Umum

    Glomerulonefritis

    By

    Penyakit.co.id – Glomerulonefritis merupakan salah satu jenis penyakit pada ginjal yang berupa kerusakan yang terjadi pada...

  • Gondongan Gondongan

    Penyakit Umum

    Gondongan

    By

    Penyakit.co.id – Gondongan adalah merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kelenjar parotid akan mengalami pembengkakan oleh...

  • pendengaran pendengaran

    Penyakit Umum

    Gangguan Pendengaran

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan pendengaran merupakan sebuah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan karena faktor usia atau seringnya...

  • gangguan tidur gangguan tidur

    Penyakit Umum

    Gangguan Tidur

    By

    Penyakit.co.id – Gangguan tidur merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada pola tidur seseorang, hal...

  • Gastroenteritis Gastroenteritis

    Penyakit Umum

    Gastroenteritis

    By

    Penyakit.co.id – Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis...

  • hamil anggur hamil anggur

    Penyakit Umum

    Hamil Anggur

    By

    Penyakit.co.id – Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam...

  • Hemangioma Hemangioma

    Penyakit Umum

    Hemangioma

    By

    Penyakit.co.id – Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang...

  • Hepatitis A Hepatitis A

    Penyakit Umum

    Hepatitis A

    By

    Penyakit.co.id – Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti...

To Top